Festival Museum Sumut 2023, Hadirkan Koleksi Khas Berbagai Daerah

Ada 13 museum yang berpartisipasi

Medan, IDN Times - Sebanyak 13 museum yang berasal dari Kabupaten atau Kota di Sumatra Utara memamerkan koleksinya pada gelaran Festival Museum Sumatra Utara 2023 yang diselenggarakan di Museum Negeri Sumatera Utara, Kamis (2/3/2023). Acara yang digelar Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara ini berlangsung selama empat hari mulai Kamis (2/3/2023) hingga Minggu (5/3/2023).

Festival Museum Sumatera Utara 2023 dibuka Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah.

"Tidak hanya menjadikan tempat edukasi, kita harapkan museum di Sumatera Utara ini dengan tempat yang nyaman, layak dan baik, dapat menjadi tempat destinasi wisata, baik itu wisata asing dan nasional akan datang," ucap Musa Rajekshah.

1. Adapun 13 museum yang hadir di antaranya yakni Museum Perkebunan hingga Museum Pusaka Karo

Festival Museum Sumut 2023, Hadirkan Koleksi Khas Berbagai DaerahSejumlah koleksi yang dipamerkan di Festival Museum Sumatra Utara 2023 (IDN Times/Indah Permata Sari)

13 museum di Sumut yang memeriahkan Festival Museum tersebut adalah Museum Negeri Sumut, Museum Perkebunan, Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Museum Pusaka Karo.

Kemudian, Museum Daerah Kabupaten Langkat, Trans Museum, Museum Perjuangan TNI, Museum Daerah Deli Serdang, Museum GPKP, Kebudayaan Serdang Bedagai, Pahlawan Nasional, Letjen Jamin Ginting, Meseum Tebing Tinggi dan Meseum Batubara.

Ijeck mengatakan pihaknya juga menyiapkan rencana renovasi dengan membangun lahan yang lebih luas lagi untuk museum.

"Tetapi lahan yang saat ini tetap kita maksimalkan, seperti melakukan penataan untuk penambahan ruangan dan renovasinya, mudah-mudahan kedepannya semakin lebih baik lagi," jelas pria yang akrab disapa Ijeck ini.

Baca Juga: Wisata Museum Sejarah Al-Qur'an Sumut, Ada Koleksi Berbentuk Koin

2. Museum pamerkan koleksi-koleksi ciri khas dari asalnya

Festival Museum Sumut 2023, Hadirkan Koleksi Khas Berbagai DaerahSejumlah koleksi yang dipamerkan di Festival Museum Sumatra Utara 2023 (IDN Times/Indah Permata Sari)

Ijeck mengatakan museum diharapkan bisa juga jadi tempat kawula muda untuk datang dan nongkrong.

"Kita juga sudah buat bagaimana mengunjungi museum dengan cara virtual, kemudian memang konsep museum atau apapun itu tidak hanya sebatas orang datang lalu melihat tetapi kita buat tempat mereka nongkrong, cafe dan lainnya, kita juga mesti membuat acara seperti ini agar masyarakat datang dan lebih dikenal, dan yang paling terpenting adalah promosi," beber Ijeck.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Utara, Zumri Sulthony pada kata sambutannya mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah agar sejumlah museum yang ada di Sumut dapat mendekatkan diri dengan masyarakat.

Artinya, dari masing-masing museum dapat memamerkan berbagai koleksi-koleksi dari ciri khas asalnya.

"Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk dijadikan ajang bagi museum-museum yang ada di Sumatera Utara mendekatkan diri kepada masyarakat serta mengomunikasikan koleksi-koleksinya secara luas," kata Zumri, Kamis (2/3/2023).

3. Selain pameran museum diadakan juga berbagai perlombaan

Festival Museum Sumut 2023, Hadirkan Koleksi Khas Berbagai DaerahSejumlah koleksi yang dipamerkan di Festival Museum Sumatra Utara 2023 (IDN Times/Indah Permata Sari)

Selain pameran benda sejarah dari 13 museum di Sumatra Utara, acara ini juga menghadirkan sejumlah kegiatan lainnya seperti perlombaan melukis, lomba baca puisi, lomba Aksara Batak, lomba permainan nasional, dan lomba treasure museum.

"Festival Museum Sumatera Utara tahun 2023 merupakan sebuah kegiatan yang memiliki beberapa agenda di antaranya sejumlah perlombaan mulai dari tingkat SMP hingga SMA dan puncaknya adalah pameran bersama," pungkasnya.

Baca Juga: Kiat Sukses Tembus Beasiswa Fulbright di Amerika Serikat

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya