Diserbu Pembeli, Set Top Box di Sejumlah Toko Elektronik Medan Ludes

Pembeli seperti mengantre sembako, harganya juga naik

Medan, IDN Times - Antusias masyarakat di Kota Medan cukup tinggi untuk membeli Set Top Box (STB). Hal ini terpantau di sejumlah toko elektronik Kita Medan. Salah satunya yang berada di Jalan Setia Budi Medan.

Tingginya minat pembeli STB ini saat adanya peralihan siaran TV analog atau Analog Switch Off (ASO) ke TV digital yang dilakukan di wilayah Sumatra Utara 1, Minggu (30 Juli 2023) pukul 24.00 WIB.

1. Sudah seratusan STB dijual dalam sehari

Diserbu Pembeli, Set Top Box di Sejumlah Toko Elektronik Medan LudesPedagang melayani pembeli set top box (STB) TV Digital di pusat elektronik Blok AA Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Rabu (30/3/2022). ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Edi sebagai pekerja salah satu toko elektronik yang berada di Jalan Setia Budi, Tanjung Rejo, Medan Sunggal mengatakan bahwa antusias pembeli produk STB cukup tinggi.

"Dari semalam sampai hari ini udah kayak emas aja. Karena semua yang datang pasti beli,” katanya.

Ada sekitar 4 kotak telah habis. Dalam rinciannya isi 1 kotak berkisar 30-an pcs. Jadi, yang telah laku dalam sehari bertotal 120-an pcs STB ludes tanpa tersisa stok.

“Untuk hari ini yang nanyak banyak. Kami pulang tadi malam sampai jam 10 malam, biasanya kami jam 7 sudah tutup tokonya,” kata Edi.

Baca Juga: Perangkat Multimedia Terbaik untuk Rumah, STB atau Android TV?

2. Pekerja toko elektronik menyebut pembeli STB mendadak antre seperti menunggu sembako

Diserbu Pembeli, Set Top Box di Sejumlah Toko Elektronik Medan LudesSala satu toko elektronik di Medan menjual STB (IDN Times/Indah Permata Sari)

Harga STB dijual bervariasi mulai dari yang murah harga Rp170 ribu sampai yang mahal Rp350 ribu.

Untuk kenaikan harga, dikatakannya belum ada dan saat ini masih dalam pemesanan dari pusat belum diketahui datang jam berapa.

“Ramainya semalam dari mulai kita buka jam 9 sudah antri didepan toko seperti nunggu sembako. Sampai gak ada berhenti capek masangnya,” tuturnya.

Ada banyak variasi jenis merek yang dijual dari 4 kotak tersebut.

3. Harga STB diakui masih tergolong mahal untuk para pembeli

Diserbu Pembeli, Set Top Box di Sejumlah Toko Elektronik Medan LudesSeorang pedagang memperlihatkan set top box (STB) merek Pioline yang dijual seharga Rp180 ribu. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Hal yang sama dirasakan oleh salah satu pemilik toko elektronik tidak jauh dari lokasi sebelumnya, masih berada di jalan Setia Budi Medan. Ia mengakui bahwa STB ini sudah banyak pembeli.

“Tadi pagi saja sudah habis 40 pcs kita disini,” ucapnya.

Harga STB ini diakui masih tergolong mahal untuk dijual. Meskipun begitu, tak berdampak pada pembeli.

“Untuk harga segini bisa diatas Rp300 ribu per pcs, kemaren sampai Rp350 ribu hingga Rp400 ribu. Jadi, kalau mau beli cepat,” pungkasnya.

Baca Juga: Tutorial Cara Menggunakan HP Sebagai Pengganti STB

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya