Comscore Tracker

Tiba di Bandara FL Tobing Tapteng, 2 WNA Langsung Berstatus ODP 

Kedua WNA itu rencananya akan menjalani isolasi

Tapanuli Tengah, IDNTimes- Dua Warga Negara Asing (WNA) hari ini tiba di Bandara DR FL Tobing Pinangsori, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Kedua WNA itupun dikabarkan langsung berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Saat ini sudah ditindaklanjuti dan dibawa ke puskesmas dan ditetapkan sebagai ODP," kata Kepala Puskesmas Pinang Sori, Murni Hariani Harefa, Selasa (24/3).

1. Dua WNA itu sudah menjalani pemeriksaan suhu tubuh

Tiba di Bandara FL Tobing Tapteng, 2 WNA Langsung Berstatus ODP Ilustrasi cek suhu badan di gedung DPRD Kota Jambi/IDN Times/Dok Sekretariat DPRD Kota Jambi

Kepada wartawan, Murni menyebut dua WNA itu merupakan warga bernegara Australia. Dan saat ini, katanya keduanya sudah menjalani pengukuran suhu tubuh. "Kondisinya sehat dan tidak menunjukkan gejala," katanya

Dikatakan Murni, 2 WNA itu diketahui sedang melakukan kunjungan kerja selama dua minggu di Kecamatan Pinangsori. Dan kedua WNA juga akan menjalani isolasi mandiri.

"Isolasi akan dilakukan di rumah dimana petugas kesehatan akan melakukan pemantauan secara rutin," jelasnya.

Baca Juga: Seorang PDP COVID-19 Dirawat di RS Swasta Siantar, Wali Kota Masuk ODP

2. Pernah berkunjung ke Jakarta

Tiba di Bandara FL Tobing Tapteng, 2 WNA Langsung Berstatus ODP Dua WNA saat menjalani pemeriksaan suhu tubuh (Istimewa/Dok IDN Times)

Menurut Murni, dalam catatan yang diperoleh dari WNA tersebut, keduanya sudah berada di Jakarta selama 3 bulan. 

Sejak November 2019 lalu, dua WNA itu diketahui berkunjung ke Australia dan kembali ke Indonesia pada Januari 2020.

"Walaupun sudah di Jakarta dua bulan, kan Jakarta juga jadi daerah yang sudah terjangkit, makanya langsung kita tetapkan sebagai ODP," kata Murni.

3. Saat ini di Tapanuli Tengah ada 31 yang berstatus ODP

Tiba di Bandara FL Tobing Tapteng, 2 WNA Langsung Berstatus ODP (Ilustrasi) Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor menunjukkan hasil tes cepat (rapid test) pendektesian COVID-19 kepada orang dalam pengawasan (ODP) di Bogor, Jawa Barat, Minggu (22/3/2020). Tes tersebut diperuntukan bagi peserta Seminar Anti Riba yang berlangsung di Babakan Madang Kabupaten Bogor pada 25-28 Februari 2020, dimana dua orang peserta seminar tersebut meninggal dunia di Solo Jawa Tengah akibat COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Diketahui, saat ini pemerintah Tapanuli Tengah telah menetapkan 29 warga berstatus ODP. 

Dengan bertambahnya 2 WNA berstatus ODP tersebut, berarti jumlah ODP di Tapanuli Tengah bertambah menjadi 31 orang.

Baca Juga: Pulang dari Luar Negeri, 29 Warga Tapteng Masuk ODP Virus Corona

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya