Comscore Tracker

Mantan Bupati Tapteng, Raja Bonaran Situmeang Meninggal Dunia 

RBS masih berstatus tahanan Lapas Klas II Sibolga

Tapanuli Tengah, IDN Times- Mantan Bupati Tapanuli Tengah, Sumatra Utara, Raja Bonaran Situmeang meninggal dunia, Jumat (22/10/2021). Kabar duka ini pertama kali diketahui melalui dunia maya.

"Selamat Jalan Abangandaku Raja Bonaran Situmeang, tenang sudah engkau disisi Allah Bapaku," tulis Charles Pardede melalui akun facebook nya.

Baca Juga: Divonis 5 Tahun Penjara, Raja Bonaran: Kejiwaan Hakim Perlu Diperiksa

1. Sempat dirawat di RSU Pandan

Mantan Bupati Tapteng, Raja Bonaran Situmeang Meninggal Dunia ANTARA FOTO/Reno Esnir

Sebelum meninggal, Bonaran Situmeang dikabarkan sempat menjalani perawatan di RSU Pandan. Kemudian ia dipindahkan ke RSU Metta Medika di jalan Sisingamangaraja Kota Sibolga.

Diketahui, Raja Bonaran Situmeang merupakan mantan pengacara Anggodo Widjodjo. Saat ini, Bonaran juga masih berstatus penghuni di Lapas Klas IIA Sibolga.

2. Lapas Klas II A Sibolga benarkan Raja Bonaran meninggal

Mantan Bupati Tapteng, Raja Bonaran Situmeang Meninggal Dunia Raja Bonaran Situmeang (kiri) (Dok.IDN Times/istimewa)

Kepala Satuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Klas II A Sibolga, Rian Firmansyah membenarkan Bonaran Situmeang meninggal dunia.

Namun Rian belum menjelaskan lebih lanjut penyakit yang dialami Bonaran Situmeang. "Ya, info itu seperti itu, sempat dibawa ke rumah sakit" kata Rian.

3. Sebelumnya RBS divonis lima tahun penjara pada sidang di Pengadilan Negeri Sibolga, Juli 2019

Mantan Bupati Tapteng, Raja Bonaran Situmeang Meninggal Dunia IDN Times/Hendra Simanjuntak

Sebelumnya RBS divonis 5 tahun penjara dan denda R1 miliar oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Sibolga, Sumatra Utara pada Juli 2019. Ia divonis bersalah dalam kasus calo Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). RBS dinyatakan terbukti bersalah melanggar Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 Pasal 4 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Kasus itu terjadi 2014 saat masih menjabat Bupati Tapteng. 

Saat itu RBS mengaku tidak menerima putusan hakim dan akan menyatakan banding. Para pendukung juga tidak terima atas putusan hakim tersebut. Namun kemudian RBS menjalani vonis itu di Lapas Sibolga.

Raja Bonaran pertama kali menjabat Bupati Tapteng pada 1 2 Juni 2011 sampai 17 Februari 2016. Ia digantikan Sukran Jamilan Tanjung.

Baca Juga: Kisah Batu Lubang di Tapteng, Jalan Lintas dengan Gua Kembar Misterius

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya