Pelaku Penipuan di Mesin ATM Diringkus, Raup Rp200 Jutaan

Mengaku sudah menjalankan aksi di 16 TKP di Medan

Medan, IDN Times - Polrestabes Medan boyong pelaku yang menipu belasan korbannya saat hendak menarik uang di mesin ATM. Penipu tersebut diketahui berinisial ES alias P (usia 30) merupakan warga yang tinggal di Jalan Letda Sujono, Gang Bidan, Kecamatan Medan Tembung.

Polisi menyebutkan jika selama ini ES mencuri uang dari para korbannya sebanyak 16 kali. Jika ditotal, uang yang dicurinya mencapai ratusan juta. Saat ini ES harus mendekam di Polrestabes Medan dan dipersangkakan kasus pencurian dengan pemberatan.

1. Pria berinisial ES mencuri seluruh saldo korban dengan modus membantunya

Pelaku Penipuan di Mesin ATM Diringkus, Raup Rp200 JutaanKapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy, kepada awak media menunjukkan pelaku yang baru ditangkap oleh pihaknya. Seorang pria berinisial ES disebut Teddy merupakan pelaku pencurian dengan pemberatan dengan modus mengganjal lubang mesin ATM dengan tusuk gigi.

"Kejadiannya pada hari Sabtu, awal Juni lalu sekitar pukul 16.00 WIB di mesin ATM Indomaret Lau dendang, Percut Seituan. Mereka ini 2 orang dalam menjalankan aksinya. Seorang laki-laki kita amankan berinisial ES, dan satu lagi teman perempuannya masih buron," kata Teddy, Sabtu (29/06/2024).

Sebelum menjalankan aksinya, Teddy mengatakan jika mereka survei di beberapa titik mesin ATM yang ada di mini market dan SPBU. Setelah masuk, mereka memasukkan tusuk gigi di dalam lobang kartu itu, lalu dipatahkan.

"Setelah itu dia menunggu korban, kira-kira siapa yang mengambil uang di Indomaret. Pada saat korban coba untuk memasukkan kartunya, otomatis kartu terganjal tusuk gigi yang sebelumnya mereka masukkan," lanjut Teddy.

Pelaku kemudian menghampiri korban dan menanyakan apakah ada kendala. Dengan modus membantu, lalu dia langsung dengan cepat mengganti kartu ATM korban.

"Jadi pelaku ini memang sudah menyiapkan beberapa kartu ATM. Sudah disiapkannya, baik itu BCA, Mandiri, BRI dan lainnya. Korban disuruh memasukkan pin, setelah menghapal pinnya, pelaku langsung pergi," ujar Teddy.

2. Dalam menjalankan aksinya, pelaku mengganjal mesin ATM pakai tusuk gigi

Pelaku Penipuan di Mesin ATM Diringkus, Raup Rp200 JutaanPenipu mesin ATM ditangkap polisi, telah curi ratusan juta dari para korban (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Kartu ATM palsu yang sudah ada di tangan korban, disebut Teddy saldonya kosong. Saat aksinya telah mulus, ES pergi dengan rekan wanitanya untuk mencari ATM terdekat.

"Mereka mencari ATM terdekat untuk membuka kartu ATM curian dan ditransfernya ke rekeningnya. Sementara korban yang tadi, mendapatkan kartu merk yang sama tapi bodong, yang seolah-olah bisa, tapi tidak ada saldonya," tutur Kapolres.

ES ditangkap polisi pada Rabu, 26 Juni 2024 sekitar pukul 15.00 WIB. ES ditangkap di Jermal 16, Percut Seituan, tepatnya di rumah kontrakan miliknya.

"Nanti akan kita kembangkan darimana dia memperoleh kartu ATM ini, atau memang ada sindikat lain. Saya pikir ada sindikat lain, nanti bisa kita kembangkan karena ini pasti mendaftarnya makai data pribadi," lanjut Teddy.

3. Sudah beraksi 16 kali dan curi Rp201,8 juta dari korbannya

Pelaku Penipuan di Mesin ATM Diringkus, Raup Rp200 JutaanKapolrestabes Medan menunjukkan barang bukti kartu ATM palsu (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Dari pemeriksaan polisi, ES mengaku telah melakukan kejahatan sebanyak 16 kali di 16 TKP. Contohnya seperti di Jalan Bhayangkara, ES menggasak uang sebesar Rp48 juta. Jika ditotal di 16 TKP tersebut, ES berhasil mencuri uang korbannya sebesar Rp201,8 juta.

"Hasil pengembangan dari penyidik, pelaku merupakan residivis dengan kasus yang sama yang TKP-nya di wilayah kita. Sasarannya umum, karena dia tidak capek-capek menunggu lagi," ungkap Teddy.

Rekan pria ES berinisial N, sementara dalam proses pencarian oleh pihak polisi. ES sendiri juga terbukti positif narkoba dan polisi masih mendalami apakah dirinya terlibat pada kasus kejahatan lain.

"Kami mengimbau dalam kesempatan ini bagi masyarakat yang ingin ambil uang di mesin ATM, waspadai ciri-ciri pelaku kejahatan suami istri atau dua orang pelaku yang ingin membantu. Mungkin dengan berbagai macam kejahatan seperti cara ini atau dihipnotis. Kalau ada ATM yang tersangkut, segera laporkan ke petugas saja," pungkas Teddy.

Baca Juga: 5 Modus Penipuan QRIS yang Sering Terjadi, Waspada!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya