Comscore Tracker

Sudah Tarik Uang, Calon Haji 2020 Lalu Tetap Diprioritaskan Berangkat

Syaratnya melunasi sebelum 20 Mei 2022

Medan, IDN Times- Setelah dua tahun tak memberangkatkan jemaah haji ke Makkah, Arab Saudi, tahun ini kesempatan yang dinanti tiba. Termasuk jemaah haji asal Medan. 

Rencananya jemaah haji asal Kota Medan dijadwalkan akan masuk Asrama Haji Medan mulai 3 Juni 2022.

1. Kakanwil Kemenag Sumut sebut kuota haji Sumut diperkirakan hanya 10 kloter

Sudah Tarik Uang, Calon Haji 2020 Lalu Tetap Diprioritaskan BerangkatSuasana di Kota Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Dilansir dari ANTARA, Kepala Bidang Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, Muslim Lubis mengatakan untuk Sumut diberangkatkan 3.777 orang. Jumlah itu sekitar 45 persen dari rata-rata kuota jemaah haji sebelum pandemi.

Biasanya Sumut bisa meliputi 22 kelompok terbang (kloter). Namun untuk pemberangkatan haji pertama di masa pandemik ini diperkirakan 10 kloter saja.

Baca Juga: 3.777 Jemaah asal Sumut Berangkat Ibadah Haji Tahun Ini

2. Jemaah haji yang sudah tarik duit tetap diprioritaskan dengan syarat lunasi biaya haji

Sudah Tarik Uang, Calon Haji 2020 Lalu Tetap Diprioritaskan BerangkatMasjidil Haram di Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara untuk para calon haji yang seharusnya berangkat tahun 2020 namun batal karena pandemik akan diperioritaskan. Meskipun dia menarik kembali uang mereka. Tenggat pelunasannya menurut Muslim adalah 20 Mei 2022.

"Syaratnya tentu mereka kembali melunasi ongkos naik haji yang telah ditetapkan oleh pemerintah," kata Muslim.

3. Dijadwalkan kloter pertama terbang 6 Juni

Sudah Tarik Uang, Calon Haji 2020 Lalu Tetap Diprioritaskan BerangkatBandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sebelumnya Koordinator Haji Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Syahrial mengatakan, kloter pertama dari  Sumut akan diberangkatkan pada 6 Juni 2022. Para jemaah akan berangkat dari Bandara Kualanamu langsung ke Makkah.

"Jadi, setiap kloter itu 393 jemaah yang berangkat.Tanggal 6 Juni berangkat dari Bandara Kualanamu Ke Makkah," pungkasnya.

Baca Juga: Deretan Fasilitas Jemaah Haji yang Berangkat ke Tanah Suci Tahun Ini

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya