Comscore Tracker

Setiap Tahunnya Warga Belawan Berlebaran Dihantui Banjir Rob

Warga berharap pemerintah segera mengatasi

Medan, IDN Times- Warga Belawan kembali harus merayakan Idul Fitri di tengah banjir rob. Banjir akibat pasang air laut merendam ratusan rumah di Kecamatan Medan Belawan, Senin (2/5/2022). Salah satunya di Jalan Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Belawan Lama, Medan Belawan. 

Akibatnya aktivitas warga untuk berkunjung ke rumah sanak saudara terganggu.

1. Air juga menggenangi jalan raya

Setiap Tahunnya Warga Belawan Berlebaran Dihantui Banjir RobIlustrasi banjir (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sudah tiga hari banjir terjadi dan merendam rumah warga. Air juga menggenangi jalan raya. Tepatnya sejak Sabtu (30/4/2022). Taufik, salah seorang warga mengatakan jika bukan kali ini saja banjir rob terjadi.

"Setiap tahun seperti ini. Ya, beginilah suasana Idul Fitrinya," kata Taufik.

Baca Juga: Hujan dan Angin Kencang saat Lebaran, Puluhan Rumah Warga Binjai Rusak

2. Warga berharap solusi dari pemerintah

Setiap Tahunnya Warga Belawan Berlebaran Dihantui Banjir RobBanjir rob di Kecamatan Belawan (Dok.Istimewa)

Warga pun harus menaikkan sepeda motornya ke tempat yang lebih tinggi. Khawatir rusak terkena air asin. Banjir datang di siang hari dan biasanya surut dalam tiga hari.

Sementara itu warga Belawan lainnya, Bukhari (38) mengatakan, banjir rob terjadi setiap lebaran. Bahkan selama 10 tahun terakhir tela semakin meluas.

“Kami berharap solusi dari pemerintah untuk mengatasi banjir rob ini. Aktivitas kami terganggu, seperti kerja dan sekolah," kata Bukhari.

 

3. Bobby berencana membangun tembok laut

Setiap Tahunnya Warga Belawan Berlebaran Dihantui Banjir RobSeorang massa aksi melakukan aksi mengguyur diri dengan air asin, sebagai bentuk protes terhadap banjir rob di Belawan, Kota Medan, Senin (18/10/2021). (Istimewa)

Warga Belawan juga sudah beberapa kali melakukan unjuk rasa ke Pemerintah Kota Medan. Mereka berharap ada solusi konkrit dari pemerintah untuk menangani permasalahan bankir ini.

Sebelumnya Wali Kota Medan,Bobby Nasution berjanji mengatasi permasalahan ini. Pemko Medan berencana membangun tembok laut. Pemko Medan akan menyelaraskan program bersama Pemprov Sumatera Utara dan Kementerian Perumahan dan Permukiman Rakyat.

"Kita akan menyelaraskan program dan butuh waktu. Kami mohon dukungan dan doa dari seluruh masyarakat. Insya Allah tahun ini akan kita bangun tembok laut mengatasi banjir rob," kata Bobby pada awal April 2022 lalu.

Baca Juga: Hujan dan Angin Kencang saat Lebaran, Puluhan Rumah Warga Binjai Rusak

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya