Saat Petugas Upacara Melawan Arus Sungai Deli Demi Kibarkan Bendera

Upacara digelar warga Kampung Aur di Sungai Deli

Medan, IDN Times - Masyarakat Kampung Aur di Jalan Brigjen Katamso, Medan Sumatera Utara, yang tinggal di bantaran sungai Deli menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati HUT KE-74 RI, Sabtu (17/8).

Uniknya, upacara yang dihadiri puluhan warga dan komunitas peduli sungai itu dilakukan di dalam aliran Sungai Deli. Tak cuma upacara, beragam perlombaan akan diselenggarakan di sana.

1. Petugas pengibar bendera membawa sang saka menyeberangi sungai

Saat Petugas Upacara Melawan Arus Sungai Deli Demi Kibarkan BenderaDok.IDN Times/istimewa

Saat upacara berlangsung, warga setempat yang terdiri dari kaum bapak, ibu dan pemuda serta mahasiswa dari Lingkungan III dan IV, Kelurahan Aur, Medan Maimon, ini masuk ke dalam aliran sungai. Meski berbasah-basahan, upacara peringatan detik-detik proklamasi berjalan dengan lancar dan hikmad.

Seorang pemuda yang bertugas membawa sang saka merah putih harus menyeberang sungai untuk menyerahkannya kepada tim pengibar bendera. Pemuda itu menyeberang dibantu dengan tali.

Baca Juga: Tangis Haru Paskibraka Sumut Usai Naikkan Bendera di HUT ke74 RI

2. Kegiatan rutin digelar setiap tahun

Saat Petugas Upacara Melawan Arus Sungai Deli Demi Kibarkan BenderaDok.IDN Times/istimewa

Bendera merah putih nantinya akan dikibarkan di tiang bendera yang dipasang di pinggir sungai. Sementara peserta upacara berbaris di sembarang menghadap ke tiang bendera dan Inspektur Upacara. Meski harus melawan derasnya arus sungai, namun semua sesi upacara berlangsung dengan lancar. Tak kalah dengan upacara yang dilakukan di daratan.

Pemimpin upacara Ivan mengatakan, kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ini menjadi kegiatan rutin setiap tahun. Melalui kegiatan ini, masyarakat berharap kepada pemerintah untuk bisa mendukung dalam hal menjaga dan melestarikan sungai. "Sungai adalah sumber kehidupan," kata Ivan.

3. Masyarakat harus ikut melestarikan Sungai Deli dengan tidak membuang sampah sembarangan

Saat Petugas Upacara Melawan Arus Sungai Deli Demi Kibarkan BenderaDok.IDN Times/istimewa

Di lokasi yang sama, Ketua Komunitas Peduli Sungai, Lukman Nur Hakim juga meminta masyarakat agar ikut melestarikan kebersihan Sungai Deli dengan cara tidak lagi membuang sampah ke sungai.

"Kegiatan upacara ini sebagai wujud kecintaan masyarakat terhadap bangsa Indonesia," jelas Lukman.

Usai upacara bendera dilaksanakan, warga tampak bersuka cita. Mereka langsung berenang di sungai dan bermain air. Bahkan mereka tampak tidak sabar untuk mengikuti perlombaan yang akan digelar diantaranya lomba panjat pinang, dan makan kerupuk.

Baca Juga: HUT ke-74 RI, Bendera Selebar 50 Meter Dibentangkan di Air Danau Toba

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya