Bawaslu Sibolga Ajak Milenial Awasi Pemilu 2019

Pemilih milenial capai 57 persen

Sibolga, IDN Times- Bawaslu Kota Sibolga, Sumatera Utara menggelar acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Pemilihan Umum tahun 2019 yang bertempat Aula Topaz Hotel Wisata Indah Sibolga, Selasa (9/4). Acara yang didominasi dari kaum pemilih pemula atau pemilih milenial ini bertujuan untuk mengajak kaum milenial bersama-sama mengawasi pemilu 2019 di Kota Sibolga.

"Kita juga mengajak para kaum milineal untuk lebih mengerti terkait UU Pemilu dan gimana cara memilih yang benar," kata Ketua Bawaslu Kota Sibolga, Zulkifli Sigalingging.

Peserta pemilih pemula yang hadir berasal dari siswa/siswi SMA dan SMK Negeri Kota Sibolga, mahasiswa, tokoh pemuda, unsur pramuka dan KPU Kota Sibolga.

1. Jumlah pemilih milenial di Sibolga capai 57%

Bawaslu Sibolga Ajak Milenial Awasi Pemilu 2019IDN Times/Hendra Simanjuntak

Pemilih mengatakan, saat ini jumlah pemilih pemula dan generasi milenial di Indonesia presentasenya mencapai 17%. Sementara untuk pemilih milenial mencapai 57%. "Untuk pemilih pemula di kota Sibolga yang berusia 17 sampai 40 tahun keseluruhan total hampir 61%," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Zulkifli juga memaparkan dan menjelaskan detail tahapan pemilu mulai dari landasan hukum hingga tahapan pelaksanaan dan pelanggaran-pelanggaran yang harus di awasi hingga pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Saat ini kita juga menggelar latihan saksi di sejumlah TPS yang ada di Kota Sibolga," katanya.

Baca Juga: Jelang Tutup Pendaftaran, KPU Medan Digeruduk Massa Pindah Memilih

2. Zulkifli imbau pemilih milenial gunakan hak suara

Bawaslu Sibolga Ajak Milenial Awasi Pemilu 2019IDN Times/Hendra Simanjuntak

Selain itu, Zulkifli juga mengimbau agar pemilih milineal tidak mudah terpengaruh dalam money politik (politik uang).

"Pemilih muda ini sangat rentan dipolitisasi dan dijadikan komoditas untuk mendongkrak popularitas, elektabilitas kontestan pemilu. Pemilu muda juga rawan dimobilisasi, dipengaruhi dan dikelompokkan," jelasnya.

"Jadi adik-adik jangan ada yang golput ya datang ke TPS gunakan hak suaranya, inilah cinta pertama kalian pada demokrasi, untuk itu gunakanlah hak suara dengan baik," ajaknya.

3. Jangan takut laporkan kejadian

Bawaslu Sibolga Ajak Milenial Awasi Pemilu 2019IDN Times/Hendra Simanjuntak

Zulkifli juga berharap warga yang menemukan pelanggaran pemilu dapat membuat pelaporan asal memiliki syarat formil dab syarat materilnya terpenuhi. "Jangan takut melapor, bila menemukan pelanggaran pemilu silahkan untuk membuat laporan kepada kita,"ujar Zul.

"Kalau mau pemilu kita ini bersih, bila menemukan pelanggaran silahkan laporkan kepada kita. Kalo sudah terpenuhi semua itu, maka dituangkan di formulir B2," katanya.

Dijelaskannya, bagi pelapor yang menemukan pelanggaran dapat langsung membawa saksi-saksi ke Bawaslu. "Nanti melapor di divisi pelanggaran, tapi bukti-buktinya harus jelas ya, jangan nanti beda-beda," ucapnya.

4. Tujuh hari waktu untuk pelaporan

Bawaslu Sibolga Ajak Milenial Awasi Pemilu 2019IDN Times/Jabar

Bila nantinya warga yang melakukan pelaporan ke pihak Bawaslu tidak memenuhi syarat formil dan materil maka kasus tersebut akan diberhentikan. "Apabila tidak memiliki syarat formil dan materil maka akan kita hentikan kasusnya," tuturnya.

Kendati, Zul juga mengingatkan bagi warga yang ingin melakukan pelaporan atas ditemukannya pelanggaran pemilu, pelapor hanya memiliki 7 hari waktu untuk melakukan pelaporan. "Laporan pelanggaran pemilu dapat dilapor paling lama 7 setelah kejadian," tegasnya.

5. Pada kesempatan itu, Bawaslu Sibolga rayakan HUT ke-11

Bawaslu Sibolga Ajak Milenial Awasi Pemilu 2019IDN Times/Hendra Simanjuntak

Di akhir acara sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pada pemilu 2019, peserta dan komisioner Bawaslu juga merayakan hari ulang tahun Bawaslu Kota Sibolga yang 11 tahun. Pada acara itu, Zulkifli berharap di pemilu 2019 bawaslu Kota Sibolga bisa menjalankan tiga peran bawaslu sebagai pengawas pemilu.

"Saya berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman pengawasan pemilu sehingga dapat menyebar ke seluruh elemen masyarakat. Dan kami juga sangat mengharapkan agar semua peserta sosialisasi dapat mengajak masyarakat untuk memastikan pada pemilu 2019 berjalan dengan baik serta jujur dan adil," pungkasnya.

Baca Juga: Bangunan Roboh di Ringroad Medan, Berikut Kronologi dan Foto-fotonya 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya