Comscore Tracker

163 Calon Jemaah Haji Simalungun Dilepas, Yang Tertua Usia 95 Tahun

2.539 orang menunggu naik haji di Simalungun

Simalungun, IDN Times - Bupati Simalungun Dr JR Saragih  SH MM memberangkatkan 163 jemaah calon haji (calhaj) asal Simalungun ke Asrama Haji Medan di Mesjid Asy-Syuhada Korem 022/PT Jalan Asahan Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Senin (22/7).

Baca Juga: 149 Calon Jemaah Haji asal Siantar akan Bertolak ke Makkah 23 Juli

1. Jemaah calon haji paling tua berusia 95 tahun

163 Calon Jemaah Haji Simalungun Dilepas, Yang Tertua Usia 95 TahunIDN Times/Patiar Manurung

Kepala Staf Haji Kabupaten Simalungun  Sakoanda Siregar dalam laporannya mengatakan bahwa jemaah calhaj yang akan berangkat haji tergabung dalam kloter XI berjumlah 163 orang terdiri dari pria 66 orang dan wanita 97 orang. Nantinya, jemaah calon haji akan berangkat dari Bandara Kualanamu menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah 23 Juli mendatang.

Ditambahkan olehnya bahwa calhaj tertua laki-laki atas nama Muhammad Mudakir (95) asal Dolok Batu Nanggar dan calhaj termuda atas nama Muliadi (44) warga Bandar. Sedangkan calhaj tertua perempuan atas nama Mijen (85) warga Gunung Malela dan termuda Maisarah Nasution (38) Warga Ujung Padang.

2. Daftar tunggu gaji di Simalungun capai 2.539 orang

163 Calon Jemaah Haji Simalungun Dilepas, Yang Tertua Usia 95 TahunIDN Times/Patiar Manurung

Dalam kesempatan itu, Sakoanda Siregar tidak luput menyampaikan ucapan syukur dan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten  (Pemkab) Simalungun karena setiap tahunnya tidak lupa memberi support dan bantuan kepada seluruh jemaah haji dan haji. "Oleh karenanya kami menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun atas bantuan yang diberikan kepada jemaah calhaj," ujarnya.

Sakoanda Siregar, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Simalungun, mengatakan saat ini jumlah daftar tunggu di Kabupaten Simalungun mencapai 2.539 orang dan bila mendaftar pada Juli 2019 maka lama waktu tunggu 17 tahun.

Rombongan dijadwalkan kembali ke tanah air dari Madina  2 September 2019 pukul 19.10 waktu setempat dan diperkirakan tiba di Indonesia 3 September 2019 pukul 07.50 WIB.

3. Pesan bupati tetap menjaga kekompakan dan taat aturan

163 Calon Jemaah Haji Simalungun Dilepas, Yang Tertua Usia 95 Tahun

Sementara itu, Bupati Simalungun Dr JR  Saragih SH MM dalam sambutannya berpesan kepada para jemaah calhaj agar selama melaksanakan ibadah tetap menjaga kesehatan dan tidak lupa untuk mendoakan Pemkab Simalungun. "Harapan dan doa kami,  para calon haji yang berangkat ke Tanah Suci Makkah, kembali dengan sehat dan selamat," ujar Bupati.

Ia berpesan kepada calon haji agar semua proses ibadah ini berjalan tanpa kendala, mereka diminta mengikuti aturan dengan penuh kesabaran, menjaga kekompakan, persaudaraan, dan kesehatan serta mendoakan Kabupaten Simalungun agar lebih baik ke depannya.

Baca Juga: Raja Habib Masih 20 Tahun, Jadi Calon Jemaah Haji Termuda Asal Medan

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You