Comscore Tracker

Warga Langkat Bantu Pemerintah Tekan Penyebaran Virus Corona

Water canon digunakan untuk semprot disinsfektan

Langkat, IDN Times - Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kabupaten Langkat, guna mengantisipasi mewabahnya Virus Corona atau COVID-19. Langkah inipun mendapat dukungan dari lapisan masyarakat di Negeri Bertuah. Lapisan masyarakat bahu-membahu memberantas virus mematikan ini.

Mereka tampak mendukung pemerintah khususnya tim Satgas Gugus Percepatan Pencegahan COVID-19 Kabupaten Langkat. Baik individu dan kelembagaan ikut serta tekan penyebaran virus Corona.

"Atas nama Pemkab Langkat, kami ucapkan terima kasih atas partisipasinya, teruslah semangat, ini adalah jihad kita bersama semoga menjadi amal ibadah," kata Sekda Langkat dr Indra Salahudin, di sela pelepasan tim Satgas Gugus untuk penyemprotan  disinsfektan jalur lintas Sumut, Kamis (26/3), di Mapolres Langkat.

Baca Juga: Sejumlah Masjid di Langkat dan Binjai Disemprot Disinfektan

1. Tanpa dikomandoi, masyarakat lakukan penyemprotan disinsfektan secara pribadi dan lembaga

Warga Langkat Bantu Pemerintah Tekan Penyebaran Virus CoronaPenyemprotan disinsfektan, yang dilakukan masyarakat dengan kesadaran diri sensiri (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Bukan saja tim Satgas Gugus, masyarakat maupun berbagai organisasi Langkat, semuanya ikut melakukan penyemprotan disinsfektan di berbagai tempat, dari mulai tempat ibadah sampai lokasi umum lainnya. Sejumlah partai politik di Langkat, juga ikut serta membagikan ribuan masker untuk masyarakat umum, dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona.

"Hal ini dilakukan tanpa komando, semuanya karena kepedulian bersama. Melihat ini kami sebagai pejabat Pemerintahan merasa haru. Kami tidak sendiri dalam menekan wabah ini," sebutnya.

Sekda berpesan, teruslah bersemangat dan tidak jemu untuk saling mengingatkan menjaga kebersihan dan berprilaku hidup sehat, sesuai himbauan pemerintah, agar wabah ini segera berakhir. "Jangan lupa berdoa, meminta perlindungan untuk keluarga dan bangsa ini," ujar Indra Salahudin

2. Gunakan mobil Water Canon, jalinsum disemprot disinsfektan

Warga Langkat Bantu Pemerintah Tekan Penyebaran Virus CoronaTim yang dilepas guna menyemprotkan disinfektan dijalinsum (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Pelepasan tim Satgas untuk penyemprotan disinsfektan, dilakukan oleh Sekda mewakili Bupati Langkat, Kapolres Langkat AKBP Edy Suranta Sinulingga, ketua Satgas Gugus Covid-19 Iwan Syahri, Plt Kadis Kesehatan dr. Sofyan beserta tim Satgas Gugus Covid-19 lainnya.

Penyemprotan menggunakan dua unit mobil, yakni mobil  Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab dan mobil Water Canon Polres Langkat, dimulai dari halaman Mapolres Langkat menuju kota Stabat, yakni jalan lintas Sumut, sampai ke Kecamatan Tanjung Pura.

Terpisah, Jubir Satgas Gugus Covid-19 Langkat, dr Arifin menjelaskan, pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan secara terjadwal, diberbagai lokasi yakni perkantoran, rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum lainnya. "Penyemprotan dilakukan terjadwal, dimulai dari kantor Bupati dan SPN Poldasu di Hinai, pada 16 maret 2020 lalu," ungkapnya.

3. Seluruh fasilitas umum dilakukan penyemprotan disinfektan

Warga Langkat Bantu Pemerintah Tekan Penyebaran Virus CoronaPenyemprotan disfenktan dijalur jalinsum (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sampai saat ini, sambung dr. Arifin, penyemprotan terus dilakukan, diantaranya di  Vihara Avalokitesvara Stabat, masjid Al-Ikhwan lingkungan IX Kwala Bingai Stabat, terminal bus Tanjung Bringin, LP  Tanjung Pura, LP Pangkalan Brandan, terminal Tanjung Pura, pasar Gebang, pasar Pangkalan Brandan dan lokasi lainnya. "Alhamdulillah, semua berjalan lancar," kata dia.

Dalam hal ini, diakuinya, tim Satgas Gugus Percepatan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Langkat, mengerahkan sebanyak 2,640 tenaga kesehatan yang menyebar di 5 rumah sakit isolasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona dan 32 Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Puskesmas yang tersebar di wilayah Kabupaten Langkat.

"Selain melakukan berbagai bentuk himbauan dan penyemprotan Disinfektan di perkantoran dan tempat umum, Satgas Gugus juga mengerahkan 2,640 tenaga kesehatan untuk menekan penyebaran wabah Corona di Langkat," kata juru bicara (Jubir) Satgas Gugus dr. Arifin selaku Kabid Yankes Dinkes Langkat

Mengenai wabah ini, diakuinya, Kabupaten Langkat, sejauh ini terbilang aman dari COVID-19. Pun begitu, ada beberapa orang yang masuk ODP. Kesemuanya dilatarbelakangi karena mereka baru saja bepergian ke luar negeri. "Ada sekitar 8 warga Langkat, yang masuk ODP," tegasnya.

Baca Juga: Pulang dari Yerusalem, Warga Langkat Positif Terjangkit Corona

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya