Comscore Tracker

Vaksinasi Massal di Langkat Targetkan 1.200 Orang per Hari

Langkat termasuk daerah yang rendah persentase vaksinasinya

Langkat, IDN Times - Beberapa cara terus dilakukan Satuan Tugas (Satgas), percepatan penanggulangan dan penanganan COVID-19 di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Apalagi vaksinasi di Langkat termasuk masih di bawah target dari data yang diungkap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat berkunjung ke Medan, Jumat (17/9/2021).

"Berbagai upaya terus kita lakukan secara intens. Harapan kita, penyebaran virus corona di Negeri Bertuah dapat segera teratasi," kata Kabag Ren Polres Langkat Kompol Mahyu Danil di halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Langkat, Sumatra Utara, Senin (20/9/2021).

1. Vaksinasi massal dan penyekatan masih dilakukan di Langkat

Vaksinasi Massal di Langkat Targetkan 1.200 Orang per HariHimbauan yang dilakukan tim satgas COVID-19 Langkat, kepada masyarakat dan dilokasi titik keramaian (IDN Times/ istimewa)

Salah satu upaya yang hingga kini masih dilakukan yakni menggelar vaksinasi massal baik kepada masyarakat dan pelajar. "Ini merupakan program nasional, mari sama-sama kita sukseskan vaksinasi masal ini," ajak dia.

Tim juga terus melakukan himbau kepada masyarakat untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes), saat keluar rumah. "Patroli penertiban jam operasional buka rumah makan, coffee shop dan cafe. Juga rekayasa lalu lintas jalur penyekatan perbatasan," jelasnya.

Baca Juga: Ke Deli Serdang, Jokowi Minta Percepat Vaksinasi di Sumut 

2. Utamakan sikap humanis dalam penertiban PPKM

Vaksinasi Massal di Langkat Targetkan 1.200 Orang per HariHimbauan yang dilakukan tim satgas COVID-19 Langkat, kepada masyarakat dan dilokasi titik keramaian (IDN Times/ istimewa)

Pada apel yang digelar itu, dirinya juga berpesan kepada seluruh personel agar senantiasa mengutamakan kesehatan pribadi. Bagi petugas penyekatan, harus tegas melakukan pemeriksaan sehingga pelaksanaan tugas dilapangan benar-benar terlaksana.

"Utamakan sikap humanis dan persuasif kepada masyarakat dalam menjalankan tugas di lapangan. Bagi masyarakat yang memiliki urusan mendesak untuk keluar/masuk ke Langkat, agar diberi akses," ungkap dia.

3. Vaksinasi massal merdeka ditargetkan 1.200 dosis per hari

Vaksinasi Massal di Langkat Targetkan 1.200 Orang per HariVaksinasi masal merdeka yang dilaksanakan Pemkab Langkat (IDN Times/ istimewa)

Untuk di Kabupaten Langkat, patroli dan imbau dilakukan setiap Sabtu dan Minggu. Pelaksanaan titik lokasi penyekatan dilakukan di Terminal Lama Pasar X Hinai, Pos Sei Karang, Simpang Bupati Stabat dan Tugu Keris Kwala Bingai. Selain itu imbau dan patroli  jam buka rumah makan, coffee shop dan cafe di seputaran Kota Stabat.

Seperti yang dilakukan di beberapa lokasi Rumah Makan Cabe Hijau, Rumah Makan Bakso 21, Coffee Rumah Orang Tua, TST Stabat City, Resto & Coffee Sirip Biru, Rumah Makan Ayam Geprek, Coffee Uncel Six. Penertiban ini dilakukan secara mediasi kepada pemilik/penanggung jawab rumah makan, coffee shop dan cafe yang masih buka saat penutupan jam operasional, agar segera menutup tempat usahanya. 

"Sasaran vaksin masal merdeka ditargetkan 1.200 dosis perhari, untuk pelajar dan masyarakat umum. Hari pertama Kamis 16 September 2021 sasaran vaksinasi hanya terpenuhi 630 dosis. Hari kedua Jum'at 17 September 2021 melebihi target, pelajar 1.130 dan masyarakat 680, jumlah  total 1.810 peserta. Hari ketiga juga mampu melebihi target, pelajar 830 dan masyarakat 550, jumlah total 1.380 peserta," tegasnya.

Baca Juga: Panglima TNI: Vaksinasi 23 Daerah Sumut Masih di Bawah Target

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya