Comscore Tracker

Melarikan Diri ke Karo, Pembunuh Sartini Ditembak Polisi

Ternyata pembunuhnya tetangga sendiri

Langkat, IDN Times - Setelah melakukan penyelidikan lebih dari sepekan. Petugas kepolisian Polres Langkat dibantu tim gabungan Jatanras Polda Sumut dan Polres Tanah Karo, berhasil mengamankan dan mengungkap kasus pembunuhan Sartini, warga Dusun Sei Ruan, Desa Beruam, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu (23/1/2021). Wanita berusia 56 tahun itu diketahui tewas bersimbah darah pada tanggal 11 Januari 2021 lalu dalam kediamanya.

Saat ditemukan tewas, pisau masih menancap di perut bagian bawah. Lalu apa sebenarnya motif dan siapa pelaku?

1. Ini identitas pelaku yang diamankan di Kabupaten Karo

Melarikan Diri ke Karo, Pembunuh Sartini Ditembak PolisiPelaku pembunuh Sartini, yang dihadiahi timah panas petugas kepolisian (IDN Times/ istimewa)

Kasat Reskrim Polres Langkat Iptu Muhammad Said Husen saat dihubungi via pesan WhatsApp membenarkan kalau pelaku telah diamankan. Diakui dia, yakni Liadi alias Yoyok alias Sugiono (35) warga Dusun Pasar IV, Desa Sido Makmur, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

"Untuk hubungan tali persaudaraan antara pelaku dan korban tidak ada. Tapi mereka merupakan tetangga dan masih tinggal di satu lingkungan," kata Said, melalui pesan singkatnya.

2. Dendam dan faktor ekonomi dorong pelaku habisi nyawa korban

Melarikan Diri ke Karo, Pembunuh Sartini Ditembak PolisiPolìsi yang melakukan olah TKP dikediaman Sartini (IDN Times/ istimewa)

Karena saling kenal di satu lingkungan, jelas Kasat, pelaku yang diketahui kerja serabutan (mocok-mocok) sempat sakit hati karena pernah dihina korban melalui ucapan. Pelaku yang menaruh dendam itu mencari-cari waktu yang tepat untuk melampiaskan dendamnya itu.

Tepat pada malam kejadian, korban yang diketahui pelaku tinggal sendiri dalam rumah tidak menyia-yiakan kesempatan. Pelaku langsung merangsek ke dalam rumah di keheningan malam itu. Memang diketahui rumah korban jauh dari kediaman warga lain.

"Selain bermotif sakit hati karena pernah dihina oleh korban, pelaku juga terdesak atau mengalami kesulitan ekonomi, jadi kesempatan itu juga diambil pelaku untuk menguasai barang berharga korban," sebut Said.

Baca Juga: Misteri Kematian Sartini, Diduga Dendam Bukan Perampokan

3. Habis membunuh, pelaku melarikan diri dan berusaha hilangkan barang bukti

Melarikan Diri ke Karo, Pembunuh Sartini Ditembak PolisiPihak kepolisian yang melakukan olah TKP dilokasi korban pembunuhan Sartini (IDN Times/ istimewa)

Usai menghabisi nyawa korban (Sartini), papar dia, pelaku berusaha menghilangkan segala barang bukti dan sporing (kabur). Paginya, warga dihebohkan dengan penemuan jenazah korban yang sudah bersimbah darah dalam kediamannya. Berdasarkan bukti awal dari lokasi kejadian dan keterangan saksi-saksi.

Petugas langsung melakukan penyelidikan guna mengungkap kasus pembunuhan itu. Hingga akhirnya pelaku diketahui merupakan tetangga korban yakni Liadi alias Yoyok alias Sugiono. Petugas pun memburu dan mencari tahu keberadaan pelaku.

"Kita berhasil mengamankan pelaku di Kabupaten Tanah Karo, Sumatra Utara. Kita berhasil mengamankan pelaku dengan mengecek keberadaannya dibantu tim gabungan Jatanras Poldasu dan Polres Tanah Karo. Pelaku diamankan di perladangan milik saudara Nasken Suranta Bukit di Dusun Sugihen, Kel, Ujung Sampun, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo," beber Said.

4. Coba melawan dan melarikan diri, pelaku 'dihadiahi' polisi dengan timah panas

Melarikan Diri ke Karo, Pembunuh Sartini Ditembak PolisiBarang bukti pisau yang diamankan dari tangan pelaku (IDN Times/ istimewa)

Saat proses penangkapan itulah, pelaku yang secara sadis membunuh korban dengan menancapkan sebilah pisau di perut dekat kemaluannya mencoba kabur. Tidak ingin burunya kabur meski, petugas lalu memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak tiga kali.

Namun tembakan peringatan tidak digubris oleh pelaku yang terus berontak berusaha kabur. Hingga akhirnya petugas menghadiahi pelaku dengan tembakan tepat dan terukur pada bagian kedua kakinya. Seketika pelaku tidak bisa bergerak lagi dan petugas langsung mengamankan pelaku.

"Pelaku sudah kita amankan di Polres Langkat untuk selanjutnya diperiksa dan diobati serta dipenjarakan," tegas Said.

Baca Juga: Sartini Ditemukan Tewas di Rumahnya dengan Penuh Luka, Diduga Dibunuh

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya