Comscore Tracker

Dapat Perawatan di RSUP Adam Malik, Balita Asal Langkat Positif Corona

Hasil rapid test keluarga negatif

Langkat, IDN Times - Seorang Bayi Dibawah Lima Tahun (Balita) berinisial SS, warga Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, dinyatakan terjangkit virus corona (COVID-19). Hal ini sempat diutarakan juru bicara (jubir) Satgas Covid 19 Langkat, Dr. M. Arifin Sinaga.

"Balita ini sudah menjalani perawatan dan diisolasi di Rumah Sakit Adam Malik Medan. Mari sama-sama kita berdoa yang terbaik buatnya dan kita semua," kata dia.

1. Hasil Rapid Test dan PCR balita positif terpapar COVID-19

Dapat Perawatan di RSUP Adam Malik, Balita Asal Langkat Positif CoronaPosko COVID-19 Kabupaten Langkat (IDN Times/ dokumen)

Dikatakan dia, terpaparnya balita ini oleh virus corona sesaat pasien menjalani serangakai tes yang dilakukan oleh tim medis dan hasilnya cukup mencengangkan. "Hari ini SS dinyatakan positif COVID-19, setelah menjalani pemeriksaan PCR (Polymerase Chain Reaction) dan Rapid Test," sebut dia.

Sebelum dinyatakan positif terpapar COVID-19, diterangkan dia, balita berusia 3 tahun ini berstatus Pasien Dalam Pantauan (PDP) sejak 29 April 2020 lalu. Dimana, pasien ini menderita penyakit leukemia sejak bulan November 2019 lalu. "Karena penyakit yang dideritanya, balita ini kerap rutin berobat di RS Adam Malik selama 6 bulan," terang dia.

Baca Juga: [UPDATE] Pasien Positif COVID-19 di Sumut Bertambah 17 Orang

2. Keluarga sudah jalani rapid test dan diisolasi secara mandiri

Dapat Perawatan di RSUP Adam Malik, Balita Asal Langkat Positif CoronaJubir pencegahan dan penanganan COVID-19 dr Arifin Sinaga (IDN Times/ istimewa)

Namun dirinya belum bisa memastikan dari mana balita ini terpapar COVID-19. Sejuah ini, tim satgas percepatan pemberantasan COVID-19 sudah melakukan Rapid Test, terhadap seluruh keluarga. Demikian juga mengisolasi secara mandiri kepada seluruh keluarga balita.

"Saat ini tempat tinggal SS sudah disemprot disinfektan dan orang tua serta keluarga SS juga telah di Rapid Test, hasilnya negatif. Sekarang sedang menjalani karantina mandiri," ungkap dia.

3. Pasien ODP dan PDP terus mengalami penurunan

Dapat Perawatan di RSUP Adam Malik, Balita Asal Langkat Positif Coronailustrasi swab test (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Pada kesempatan itu, Arifin juga menyampaikan perkembangan COVID-19. Menurut dia, sejauh ini penanganan terhadap para pasien baik PDP dan ODP, terus dilakukan. Hasilnya cukup signifikan dan terus mengalami peningkatan yang cukup baik.

"Untuk di Kabupaten Langkat, sejauh ini baru satu pasien yang positif terpapar COVID-19. Sementara 1 ODP dan 4 PDP, terus dalam pantauan. Jumlah ini terus menurun yang sebelumnya mencapai ratusan," jelas dia.

"Pihak tim satgas juga terus berupaya membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. Tim terus mendistribusikan bahan pangan kepada mereka yang membutuhkan," tegas dia.

Baca Juga: [BREAKING] Kapal Tanker Terbakar di Belawan, 12 Orang Disebut Terluka

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya