Comscore Tracker

Binjai Dapat 131 Kuota Haji, Jemaah Termuda 32 Tahun

Ada 27 orang cadangan yang disiapkan

Binjai, IDN Times - Pemerintah Arab Saudi melalui Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Penyuluhan Arab Saudi, Syaikh Dr. Abdullatif bin Abdulaziz Al-Syaikh sudah mengumumkan bahwa tahun ini kembali membuka penyelenggaraan haji. Tertunda 2 tahun sejak pandemik, jemaah haji kembali Indonesia pun siap terbang ke tanah suci Makkah. 

Tak terkecuali dari Sumatra Utara, khususnya kota Binjai. Berikut persiapannya.

1. Kementerian Agama kota Binjai siapkan kuota 131 orang

Binjai Dapat 131 Kuota Haji, Jemaah Termuda 32 TahunSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji Kementrian Agama Kota Binjai, Negara Pohan (Nepo) menjelaskan, untuk Kota Binjai ada sebanyak 131 kuota untuk jemaah haji. Ditambah 27 cadangan yang sudah melunasi Biaya Penyelenggaraa Ibadah Haji (BPIH) tahun 2020 lalu.

"Alhamdulillah calon jemaah haji Kota Binjai rampung semua pelunasan Biaya Penyelenggara Ibadah Hajinya," jelas Nepo, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: 10 Kloter Jemaah Calon Haji Asal Sumut Siap Diberangkatkan

2. Usia di atas 65 tahun tak boleh berangkat haji

Binjai Dapat 131 Kuota Haji, Jemaah Termuda 32 TahunSuasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Nepo mengatakan, 131 calon jemaah haji terdiri dari laki-laki sebanyak 51, perempuan 80 orang, dengan usia laki-laki termuda 32 tahun dan perempuan 37 tahun.

"Berdasarkan keputusan Pemerintah Arab batas usia yang diperbolehkan berangkat berusia 65 tahun per 31Juni 2022. Calon jemaah haji tertua laki-laki dan perempuan di Kota Binjai berusia 64 tahun," bebernya lagi.

3. Belum ada penentuan kloter satu Sumut

Binjai Dapat 131 Kuota Haji, Jemaah Termuda 32 TahunJemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Hingga saat ini, kata Nepo, belum ada penentuan kloter satu untuk di Sumatra Utara. Tetapi nantinya kloter satu masuk asrama dijadwalkan mulai 14 Juni 2022.

"Rencananya Kementerian Agama Kota Binjai akan melaksanakan manasik haji dalam waktu dekat ini, batasan manasik haji dilaksanakan sebelum kloter satu masuk asrama," pungkasnya.

Baca Juga: 3.777 Jemaah asal Sumut Berangkat Ibadah Haji Tahun Ini

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya