Resmi Jadi Ketua BMI Sumut, Franky Partogi Minta Pemuda Jangan Apatis

BMI Sumut ingin dorong millennial agar melek politik

Medan, IDN Times - Franky Partogi Wijaya Sirait BSc resmi ditetapkan sebagai Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Sumatera Utara. Ia didampingi oleh Maruli Manogang Purba sebagai sekretaris  dan Ivan Winarta Ginting sebagai Bendahara.

Franky mengatakan target utama dirinya sebagai ketua organisasi sayap partai PDI Perjuangan adalah untuk memenangkan pertarungan pada Pemilu 2024. "Kita targetkan PDI Perjuangan Sumut menjadi hattrick atau menang pemilu tiga kali berturut-turut," ujarnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut Franky dan jajaran pengurus lainnya sudah menyiapkan program strategis dan program taktis untuk bisa mendongkrak suara PDIP pada pemilu mendatang. Salah satu target potensial menurut Franky adalah anak muda atau kaum millennial.

Baca Juga: Hutan Lindung di Samosir Terbakar Lagi, Kadishut: Pusing Saya

1. Banyak tokoh muda di Sumut yang jadi kepala daerah, DPRD, dan terjun ke dunia entrepreneur

Resmi Jadi Ketua BMI Sumut, Franky Partogi Minta Pemuda Jangan ApatisFranky Partogi Wijaya Sirait BSc resmi ditetapkan sebagai Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Sumatera Utara. (Dok. Istimewa)

Franky melihat fenomena gerakan pemuda di Sumatera Utara sangat luar biasa. Bisa dilihat saat ini sejumlah kepala daerah di Sumut diisi oleh anak muda. Seperti Bobby Nasution yang menjabat Wali Kota Medan dan kepala daerah di kabupaten kota lain yang diisi oleh pemuda.

Selain itu, tambahnya, pengisi kursi wakil rakyat di lembaga DPRD kabupaten kota hingga tingkat provinsi juga banyak diisi oleh anak muda.

“Banyak juga pemuda yang sukses di bidang entrepreneurship, bahkan sudah ke level nasional. Seperti di Kota Pematang Siantar ada tokoh pengusaha muda Petrus Sirait yang sangat luar biasa. Kiranya para pemuda-pemuda ini bisa memberikan kontribusinya atau menginspirasi kepada pemuda lain untuk bisa bangkit bersama,” ungkap pria kelahiran 14 April 1989 ini.

2. Dorong millennial agar melek politik dan tidak apatis

Resmi Jadi Ketua BMI Sumut, Franky Partogi Minta Pemuda Jangan ApatisFranky Partogi Wijaya Sirait BSc resmi ditetapkan sebagai Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Sumatera Utara. (Dok. Istimewa)

Namun ia menyadari saat ini masih banyak anak muda yang masih apatis atau tidak peduli terhadap politik dan pemilu. Menurutnya ini perspektif yang salah. Karena, menurut ayah dua anak ini, seluruh kebijakan publik di Indonesia ini lahir karena pengaruh atau dorongan dari politik.

“Harapannya anak-anak muda saat ini, khususnya yang sudah sukses seperti yang saya bilang tadi dapat memberikan dorongan-dorongan juga, terutama kepada millennial yang apatis agar mereka bisa melek politik. Apalagi dalam pemilu nanti, adalah tugas kita memberikan rangsangan kepada pemuda-pemuda, khususnya pemilih pemula untuk memberikan rangsangan dalam pemikiran agar mereka mau peduli pada pemilu yang akan datang,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Gerakan Muda Pembaharuan (Gempar) Sumut ini.

3. Fokus menyusun formatur kepengurusan

Resmi Jadi Ketua BMI Sumut, Franky Partogi Minta Pemuda Jangan ApatisFranky Partogi Wijaya Sirait BSc resmi ditetapkan sebagai Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Sumatera Utara. (Dok. Istimewa)

Khusus untuk internal Banteng Muda Indonesia (BMI) Sumut saat ini, Franky mengaku saat ini masih fokus menyusun formatur kepengurusan. Ia menargetkan BMI bisa mendongkrak kapasitas kader untuk mencapai level tertentu. Sehingga bisa memengaruhi dan mengajak millennial lain untuk lebih melek politik.

Sebagai informasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Sumut resmi memberikan amanah kepada Franky Partogi Wijaya Sirait B.Sc resmi sebagai Ketua Banteng Muda Indonesia Sumut. Penetapan ini tertuang dalam surat tugas bernomor 349/ST/DPD.29.D/VIII/2022.

Amanat yang langsung diserahkan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut,  Drs. Rapidin Simbolon, MM, Rabu (3/8/2022) juga menyertakan dua nama lainnya, yakni Maruli Manogang Purba sebagai Sekretaris dan Ivan Winarta Ginting, S.Sos, M.Ap sebagai Bendahara.

Baca Juga: Pungli Masuk ke Sidebuk-debuk Viral, 3 Pelaku Ditangkap

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya