Comscore Tracker

Pilkada 2020, 3 Keluarga Jokowi Mendaftar Jadi Calon Kepala Daerah

Anak hingga menantu akan ikut kontestasi

Periode pertama Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menjabat, banyak netizen yang memuji kesederhanaan keluarganya. Terlebih anak-anaknya yang memilih jadi pengusaha kuliner dan perabot dibanding terjun ke dunia politik.

Netizen pun membanding-bandingkan anak-anak Jokowi dan presiden sebelumnya yang terjun ke parpol dan jadi wakil rakyat karena 'popularitas papi'.

Namun pada periode kedua Jokowi menjabat, hal ini seperti telah berubah. Anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka memutuskan akan ikut bertarung pada Pilkada Solo.

Tak hanya anak Jokowi, menantu dan keluarga menantunya pun dikabarkan akan bertarung di Pilkada 2020. Siapa sajakah mereka? Yuk simak profilnya.

1. Gibran resmi mendaftar ke PDIP untuk Pilkada Solo

Pilkada 2020, 3 Keluarga Jokowi Mendaftar Jadi Calon Kepala Daerahinstagram.com/Gibran_rakabuming

Putra sulung Presiden Jokow Widodo,  Gibran Rakabuming Raka akhirnya memutuskan untuk ikut bertarung pada Pilwali Solo lewat PDIP. Ia resmi mendaftarkan diri ke DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Kamis (12/12).

Tak tanggung-tanggung, ia ditemani 980 relawan pendukungnya. Mereka berpawai dengan bus ke kantor DPD PDIP Jawa Tengah di Kota Semarang, 

"Relawan masyarakat Solo yang mau mengantar Gibran mendaftarkan diri ke DPD PDIP Jateng, luar biasa, ada ribuan orang, tetapi panitia hanya membatasi sebanyak 20 armada bus untuk mengangkut mereka," kata Kuat Hernawan Santoso, koordinator relawan pendukung Gibran, dikutip dari Antara, Kamis.

Gibran berencana ke DPD PDIP Jateng mengambil formulir pendaftaran pencalonan, dan kemudian langsung mengembalikan sebagai bakal calon dalam Pilkada Solo 2020.

"Gibran juga sudah mempersiapkan persyaratan seluruhnya untuk pendaftaran ke DPD. Setelah mengambil formulir langsung mengembalikannya," kata Kuat.

Baca Juga: Disebut Maju karena Jokowi, Bobby Nasution: Dinasti Politik untuk Apa

2. Bobby Nasution mendaftar balon wali kota Medan ke PDIP dan Golkar

Pilkada 2020, 3 Keluarga Jokowi Mendaftar Jadi Calon Kepala DaerahMenantu Jokowi, Bobby Nasution berbicara soal Pilkada Medan 2020 (IDN Times/Fadly Syahputra)

Menantu Presiden Jokowi, Bobby Afif Nasution mendatangi kantor DPD PDI Perjuangan di Jalan Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan, Selasa (3/12).

Kehadiran Bobby untuk mengembalikan formulir pendaftaran sebagai bakal calon (Balon) Wali Kota untuk Pilkada Medan 2020.

Beberapa hari kemudian, Bobby juga mendatangi Sekretariat DPD Golkar Medan, Jalan Gatot Subroto, Medan, Jumat (13/12). Didampingi Sang Paman Doli Sinomba Siregar, kedatangan Bobby adalah untuk mengembalikan formulir pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Medan. Doli juga merupakan kader Golkar.

Kedatangannya ke Golkar semakin menguatkan jika Bobby memang serius untuk maju di Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Kota Medan 2020. Seakan mengikuti jejak iparnya Gibran Raka Buming Raka, putra Sulung Jokowi yang maju dalam Pilkada Solo.

3. Inge, kakak Bobby Nasution pernah diwakilkan ambil formulir ke PDIP untuk Pilkada Simalungun

Pilkada 2020, 3 Keluarga Jokowi Mendaftar Jadi Calon Kepala Daerahinstagram/ingenst

Di Pilkada Simalungun, keluarga Presiden Jokowi juga akan bertarung. Yakni Inge Amelia Nasution.

Inge adalah kakak dari Bobby Nasution, menantu Presiden Joko Widodo. Ia merupakan mantan anggota DPRD Sumut 2014-2019 dan kembali maju di Pileg 2019 dari Partai Nasdem.

Namun perjalanannya terhenti karena suara yang diraihnya untuk Dapil Sumut 10 kalah dengan calon lainnya. Ia akan mencoba bertarung menjadi wakil bupati Simalungun.

Tim penjaringan, Eddy Rusman Purba mengatakan, Inge Nasution tidak mengambil langsung formulir pendaftaran, melainkan diwakilkan oleh seseorang bernama Krisman Silalahi.

"Diambil pada hari Kamis 5 September 2019. Kalau untuk Balon Wabup itu ada dua yang tidak ngambil langsung. Inge dengan Jhon MT Saragih," katanya, di kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Simalungun beberapa waktu lalu.

Namun hingga kini Inge ataupun perwakilannya belum mengembalikan formulir tersebut ke PDIP.

Baca Juga: Bobby Nasution, Menantu Jokowi Mendaftar Balon Wali Kota Medan ke PDIP

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya