Comscore Tracker

Orang Indonesia Rata-rata Main Medsos 3 Jam Per Hari

Kehidupan kita tidak bisa lepas dari digital

Operating Manager PT. Mega Laras Lestari  Asrul Sani, S.T, M.Kom, M.T mengatakan berdasarkan hasil survei, orang Indonesia rata-rata menggunakan internet atau handphone hampir 9 jam per hari. Dari 9 jam tersebut, 3 jam di antaranya digunakan untuk bermain media sosial.

“Kalau kita menggunakan media sosial dengan baik tentunya kita bisa bersilaturahmi dan mendapatkan banyak informasi. Sebaiknya kita memposting konten-konten yang baik dan benar. Walaupun media sosial memberikan kebebasan namun tetap saja kita harus tetap mempunyai aturan dalam menggunakan media sosial,” ujarnya saat menjadi pembicara Webinar Literasi Digital di Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara dengan tema “Bijak Bermedia Sosial: Jangan Asal Sebar di Internet”.

Baca Juga: Perjuangan Panut Hadisiswoyo, 20 Tahun Menjaga Ekosistem Hutan

1. Kehidupan kita tidak bisa lepas dari digital

Orang Indonesia Rata-rata Main Medsos 3 Jam Per Haripixabay

Dosen dan Praktisi, Indra Samsie menyampaikan banyak persoalan terjadi ketika kita berinteraksi dengan orang lain karena kita tidak memahami budaya mereka, kedua vidcall menjadi budaya sara, karena kita tidak paham terhadap konsep multikulturural terhadap lingkungan sekitar kita. Manusia adalah makhluk sosial. Maka mereka senang berinteraksi dalam dunia nyata maupun maya.

Ketua STAI-Nias, Muhammad Abdi Lubis, menjelaskan kehidupan kita tidak bisa lepas dari digital, hari ini sangat mustahil orang tidak punya digital. Bayangkan budaya kita ada sekitar 1.300 lebih dan 400 bahasa dan akan disatukan oleh media. Etika dalam bermedia kita harus bedakan media public (tv, radio) dan media sosial.

Media public hanya mengarah pada satu arah saja tetapi media sosial mencakup publik yang beragam Bahasa. Jika tidak ada etika, maka akan sering terjadi kriminal dan lain sebagainya, seluruh kegiatan kita di media sosial juga harus diseimbangkan dengan regulasi.

“Maka sangat rawan jika kita berhubungan dengan media sosial jika kita tidak punya etika dalam digital,” jelasnya.

2. Perkembangan media sosial dalam 2014 sudah 82 juta orang pengguna internet

Orang Indonesia Rata-rata Main Medsos 3 Jam Per Haripixabay/FirmBee

Kepala Kemenag Gunungsitoli, Saripuddin Daulay menuturkan media sosial sudah menjadi kebutuhan masyarakat di dunia. Kita lihat bahwa perkembangan media sosial dalam 2014 sudah 82 juta orang pengguna internet.

Sebagian besar hampir 90 persen menggunakan media sosial. Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

3. Hati-hati dengan jejak digital di dunia maya

Orang Indonesia Rata-rata Main Medsos 3 Jam Per Haripexels.com/Andrea Piacquadio

Menurutnya adanya budaya medsos ini yang memang dua tarikan yang tidak bisa dipisahkan yaitu tarikan positif dan negative. Dalam medsos ini dua tarikan ini adalah suatu kepastian, karena ketika ada positif pasti ada negatif.

“Ada langkah-langkah yang harus kita lakukan, yang pertama dalam dunia pendidikan seperti pem-bully-an yaitu dengan harus mendidik anak kita, kedua sebagai orang tua kita juga harus cerdas menggunakan bagaimana cara menggunakan medsos,” ungkapnya.

Ghina Amalia selaku Key Opinion Leader menyampaikan hati-hati dengan jejak digital di dunia maya tidak mudah hilang, maka saring sebelum sharing atau think before posting, dan lihat dulu sumbernya atau referensi yang terpercaya.

Baca Juga: Donald Sihombing Tak Masuk Daftar Orang Terkaya Lagi, Ini Penyebabnya

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya