Comscore Tracker

Ingin Jalin MoU, Prodi Perpajakan USU Kunjungi Kanwil DJP Sumut II

Ingin jalin kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Medan, IDN Times - Tim dari Program Studi Diploma III Administrasi Perpajakan FISIP Universitas Sumatera Utara (USU) melakukan kunjungan silaturahmi ke Kanwil Ditjen Pajak (DJP) Sumatera Utara (Sumut) II.

Dalam kunjungan pada Kamis (4/3/2021) tersebut, Ketua Prodi Diploma III Administrasi Perpajakan FISIP USU Rasudyn Ginting berharap dapat terjalin kerja sama antara USU dan Kanwil DJP Sumut II.

1. Ingin jalin kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi

Ingin Jalin MoU, Prodi Perpajakan USU Kunjungi Kanwil DJP Sumut IIProdi Perpajakan USU Kunjungi Kanwil DJP Sumut II (Dok. IDN Times)

Sejak berdirinya Prodi Diploma III Administrasi Perpajakan pada 1995, USU sudah menjalin kerjasama dengan Kanwil DJP Sumut I.

Padahal, selama ini, USU banyak melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di wilayah kerja Kanwil DJP Sumut II. Sebagian besar mahasiswa yang terdaftar di USU berasal dari wilayah kerja Kanwil DJP Sumut II.

“Tentu jalinan kerja sama bisa dirajut dan dibina untuk mendukung dan saling mengisi program kerja dan kegiatan di bidang perpajakan yang diselenggarakan baik oleh USU maupun Kanwil DJP Sumut II,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat (5/3/2021).

Adapun kerja sama yang diharapkan berada di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya terkait dengan pengembangan Prodi Diploma III Administrasi Perpajakan FISIP USU. Kerja sama itu tidak terkecuali juga untuk pengembangan Tax Center USU.

Baca Juga: Tinggalkan Persib Bandung, 5 Fakta Tentang Ghozali Siregar

2. Prodi Perpajakan USU sudah menjalin kerja sama dengan DJP Sumut I sejak 2008

Ingin Jalin MoU, Prodi Perpajakan USU Kunjungi Kanwil DJP Sumut IIProdi Perpajakan USU Kunjungi Kanwil DJP Sumut II (Dok. IDN Times)

Kepala Tax Centre USU Hatta Ridho mengatakan, Prodi Administrasi Perpajakan USU sudah menjalin kerja sama dengan DJP Sumut I sejak 2008. Kini pihaknya berharap bisa menjalin kerja sama dengan DJP Sumut II.

"Kami berharap bisa mencapai kesepakatan untuk melaksanakan MoU antara kedua pihak dalam hal pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya dalam bidang perpajakan. Misalnya memberikan kuliah umum, tax center, mengerahkan mahasiswa relawan pajak, program pendampingan mahasiswa terhadap wajib pajak dan juga mensosialisasikan perpajakan dan kemudian program inklusi perpajakan," jelasnya.

Selain itu, tambahnya, dalam mata kuliah dasar umum di USU akan disisipkan materi perpajakan yang buku panduannya disiapkan DJP.

"Kita juga akan melakukan joint research tentang perpajakan," ungkapnya.

3. DJP Sumut II siap berdiskusi lebih lanjut dengan USU

Ingin Jalin MoU, Prodi Perpajakan USU Kunjungi Kanwil DJP Sumut IIProdi Perpajakan USU Kunjungi Kanwil DJP Sumut II (Dok. IDN Times)

Kepala Kanwil DJP Sumut II Anggrah Warsono berharap USU sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar di luar Jawa, mampu memberi masukan positif dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak.

Oleh karena itu, otoritas siap berdiskusi lebih lanjut dengan USU untuk merumuskan konsep dan bentuk kerja sama yang akan dijalin, salah satunya dengan menuangkan kerja sama dalam bentuk nota kesepahaman (MoU). Dia berharap dengan MoU, ada simbiosis mutualisme antara kedua pihak.

“Kami membuka pintu selebar-lebarnya untuk para dosen dan mahasiswa yang ingin mengadakan riset perpajakan di wilayah kerja Kanwil DJP Sumut II, termasuk juga kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen,” katanya.

Dari penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan akan lahir masukan positif untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pajak. Hal ini mengingat perguruan tinggi adalah institusi yang masih mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.

Dalam kunjungan itu, tim dari Prodi Diploma III Administrasi Perpajakan FISIP USU terdiri atas Ketua Prodi Rasudyn Ginting, Sekretaris Prodi Kariono, Kepala Tax Center USU Hatta Ridho, staf Tax Center USU Indra Efendi Rangkuti, staf Pengajar Faisal Eriza dan Hari Mahardika Sembiring, serta staf Prodi Firman Logos Tarigan.

Rombongan disambut Kepala Kanwil DJP Sumut II Anggrah Warsono yang didampingi Kabid P2Humas Muhammad Faisal Artjan, Kasie Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen Krisman H. Purba, Kasie Bimbingan Pelayanan dan Konsultasi Anthony C. Wibowo dan Kasie Humas dan Kerjasama Suyamto.

Baca Juga: Hatta Ridho: Aspek Perpajakan Harus Jadi Perhatian dalam Dana Desa

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya