Comscore Tracker

Hore, Ada Pasar Murah di Kota Medan, Berikut Daftar Harga Sembako

Ringankan beban warga jelang natal dan tahun baru

Medan, IDN Times - Pemerintah Kota Medan menggelar Pasar Murah mulai tanggal 10-20 Desember 2018.

Pasar murah ini di gelar di 53 titik di 21 kecamatan seluruh Kota Medan. Jadi masyarakat tidak perlu jauh-jauh mencarinya.

Biasanya Pasar Murah ini dibuka di kantor kecamatan atau kantor lurah.

Pembukaan pasar murah ini dilakukan oleh Wali Kota Medan T. Dzulmi Eldin di Lapangan Hoki Jalan Candi Borubudur kemarin.

“Program yang setiap tahunnya selalu diadakan ini diharapkan mampu membantu saudara-saudara kita umat Kristiani, terutama  yang kurang mampu untuk menyambut sekaligus merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 2019," kata Eldin. 

1. Harus diawasi agar tepat sasaran

Hore, Ada Pasar Murah di Kota Medan, Berikut Daftar Harga SembakoDok Pemko Medan

Eldin juga menghimbau kepada seluruh OPD yang terlibat khususnya kepada Dinas Perdagangan untuk memastikan pasokan setiap bahan-bahan pokok yang menjadi kebutuhan umat kristiani nantinya dapat terpenuhi dan tidak kurang jumlahnya.

Ia menjelaskan pengadaan pasar murah ini juga merupakan salah satu upaya Pemko Medan dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk menjalankan salah satu tugas pemerintah yakni menjaga stabilitas harga, terutama 9 bahan kebutuhan pokok sehingga terjangkau sesuai dengan daya beli masyarakat.

"Saya ingatkan panitia penyelenggara dan pihak terkait, khususnya camat, lurah serta kepala lingkungan agar benar-benar berperan aktif dalam mengawasi dan menyukseskan pelaksanaan pasar murah tersebut. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan pasar murah ini tepat sasaran dengan harga yang telah ditentukan," ungkapnya.

“Jaga amanah yang diberikan dan lakukan pengawasan dengan ketat. Saya ingatkan agar tidak mencoba bermain-main dengan pihak-pihak tertentu demi mendapatkan keuntungan yang sebasa-besarnya dari pasar murah. Untuk itu saya minta kepada masyarakat segera melaporkan apabila menemukan ada kecurangan dalam pelaksanaan pasar murah, saya langsung tindak," tegasnya.

Baca Juga: Alamak, PSMS Medan Kalah Adu Penalti dari Tim Liga 3

2. Ringankan beban warga jelang Natal dan Tahun Baru

Hore, Ada Pasar Murah di Kota Medan, Berikut Daftar Harga SembakoANTARA FOTO/Ampelsa

Menurut Eldin, semua pihak selayaknya menjaga tujuan pasar murah ini tepat sasaran yakni meringankan beban warga yang tingkat ekonominya menengah ke bawah. Terutama dalam memenuhi bahan pokok yang berkualitas guna menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2019.

3. Pemko gelontorkan uang Rp 900 juta

Hore, Ada Pasar Murah di Kota Medan, Berikut Daftar Harga SembakoANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Kadis Perdagangan Kota Medan Syarif Armansyah Lu­bis menjelaskan, menjelang hari be­sar keagamaan seperti Natal dan Ta­hun Baru, harga kebutuhan pokok cenderung melonjak naik sehingga perlu dilakukann antisipasi sekaligus menekan laju inflasi.

"Tahun ini ada 53 titik pasar murah yang digelar mulai 11 sampai 20 Desember. Pasar murah digelar di kawasan yang mayoritas penduduk­nya kelompok prasejahtera dan beragama Nasrani. Lokasinya juga jauh dari pasar tradisionil sehingga ke­ber­a­daannya benar-benar sangat membantu warga," jelas Armansyah.

Selanjutnya, beber Armansyah, pihaknya tahun ini menganggarkan dana Rp.910.661.750 untuk me­nyub­sidi aneka kebutuhan pokok se­hingga harga jual di pasar murah ja­uh relatif lebih murah dibanding harga pasaran. 

4. Berikut daftar harga sembako di pasar murah

Hore, Ada Pasar Murah di Kota Medan, Berikut Daftar Harga SembakoANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Dalam pasar murah ini dijual berbagai macam kebutuhan pokok dengan harga di bawah harga pasar. Beberapa produk yang dijual antara lain:

- Beras IR - 64 Rp8.950/kg

- Gula pasir Rp8000/kg

- Tepung terigu Rp7.050/kg

- Telur Rp1.025/butir

- Kacang Kupas Super Rp22.800/kg

- Blue band 200 gr Rp5.900/sachet

- Minyak Sania 1 Liter Rp10.700/pcs

- Minyak Fortune 1 Liter Rp10.500/pcs

- Minyak Palmanco 1 Liter Rp9.500/pcs

- Sirup Kurnia Rp 15.340 per botol

- Pohon Pinang Super Rp 18.000 per botol

- Pohon Pinang Fresh Juice Rp 14.000 per botol

- Pohon Pinang Sirup Melon Rp 14.000 per botol

- Pohon Pinang Sirup Lychee Rp 14.000 per botol. 

- Sirup Syukur Raspberry Rp 13.500 per botol

- Sarang Tawon Lychee Rp 13.500 per botol

- Sarang Tawon Melon Rp 13.500 per botol

- Sarang Tawon Orange Rp 11.500 per botol

- Sarang Tawon Platinum Rp 11.500 per botol

- Sarang Tawon Raspberry Rp 14.500 per botol.

Baca Juga: Daftar Nama 21 Kepala Daerah yang Terjaring OTT KPK Selama 2018

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya