GoTo Donasikan Lebih dari 1.000 Konsentrator Oksigen untuk Faskes

30 konsentrator oksigen unit dibagikan di Sumatera Utara

Medan, IDN Times - GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, kembali mendukung Pemerintah dalam penanganan COVID-19 dengan mendonasikan lebih dari 1.000 konsentrator oksigen.

Melalui kolaborasi dan gotong royong, konsentrator oksigen akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen.

Konsentrator oksigen sendiri adalah perangkat untuk menghilangkan kandungan nitrogen yang ada di udara sehingga menghasilkan oksigen murni hingga 96 persen.

Baca Juga: Ini Fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong Pasien Isolasi COVID-19

1. 30 konsentrator oksigen unit dibagikan di Sumatera Utara

GoTo Donasikan

Lebih dari 1.000 Konsentrator Oksigen untuk FaskesGoTo Donasikan Lebih dari 1.000 Konsentrator Oksigen untuk Faskes di Indonesia (Dok. IDN Times)

GoTo, melalui organisasi nirlaba Yayasan Anak Bangsa Bisa yang didirikan Gojek untuk membangun kesejahteraan masyarakat melalui inovasi teknologi, Gojek menyerahkan 10 unit konsentrator oksigen untuk Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan secara simbolis diterima oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi pada tanggal 13 September 2021.

Sebelumnya 2 unit untuk Universitas Sumatera Utara pada hari Jumat 10 September 2021 yang diterima oleh Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si.

Selanjutnya 18 unit diberikan untuk pemerintah kota Medan. Pemprov dan Pemkot terkait akan langsung mengkoordinasikan penyaluran alat-alat tersebut ke rumah sakit dan faskes yang membutuhkan.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan konsentrator oksigen yang diberikan oleh pihak GoTo dalam penanganan pandemi COVID-19.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada pihak GoTo atas perhatiannya kepada Provinsi Sumatera Utara melalui pemberian konsentrator oksigen ni. Tentu hal ini sangat bermanfaat bagi upaya penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara. Harapannya, peran serta swasta seperti ini akan memberikan sumbangsih yang signifikan bagi percepatan penanganan pandemi dan bisa mengembalikan perputaran roda perekonomian bagi Provinsi Sumatera Utara,” ungkap Edy.

2. Meluncurkan Rumah Oksigen Gotong Royong

GoTo Donasikan

Lebih dari 1.000 Konsentrator Oksigen untuk FaskesRumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) di Pulo Gadung, Jakarta Timur resmi beroperasi. (dok. Halodoc)

Chief Public Policy and Government Relations, GoTo, Shinto Nugroho menyampaikan, “Penanganan COVID-19 membutuhkan semangat gotong royong yang telah menjadi jati diri bangsa Indonesia. Kami berharap dukungan kami dapat meringankan upaya Pemerintah dalam menanggulangi COVID-19. Donasi  konsentrator oksigen ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami sejak awal pandemi terhadap kesiapan dalam penanganan COVID-19 melalui pendekatan yang sistematis dalam mendukung Pemerintah, tenaga medis, mitra, dan karyawan.”

Shinto menambahkan, “Konsentrator oksigen merupakan salah satu dukungan kami dalam aspek perawatan (treatment), setelah sebelumnya kami telah meluncurkan Rumah Oksigen Gotong Royong” yang menyuplai oksigen bagi warga terpapar COVID-19 dengan gejala ringan.”

3. Rumah Oksigen Gotong Royong memiliki 500 tempat tidur perawatan

GoTo Donasikan

Lebih dari 1.000 Konsentrator Oksigen untuk FaskesRumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) di Pulo Gadung, Jakarta Timur resmi beroperasi. (dok. Halodoc)

Upaya gotong royong GoTo lainnya dalam gerakan #BangkitBersama adalah mendirikan Rumah Oksigen Gotong Royong pertama dibangun di Pulogadung, Jakarta Timur, yang merupakan inisiasi dari GoTo, KADIN Indonesia, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Grup), Master Steel, dan didukung oleh Tripatra Engineers and Constructors, Halodoc dan Yayasan Anak Bangsa Bisa.

Fasilitas ini memiliki 500 tempat tidur perawatan, dan masing-masing tempat tidur perawatan mendapat akses oksigen lewat pipanisasi yang langsung disuplai dari pabrik gas PT Aneka Gas Industri Tbk..

Presiden Joko Widodo pada tanggal 24 Juli meninjau langsung Rumah Oksigen Gotong Royong dan menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan gotong royong pelaku usaha dalam menghadirkan fasilitas ini guna mendukung penanganan COVID-19.

Baca Juga: 4 Putra Sumut yang Masuk Daftar 100 Orang Terkaya di Indonesia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya