Comscore Tracker

Diduga Korupsi Rp399 Juta, Mantan Pejabat Siantar Jadi Tersangka

Polres Pematangsiantar sebut dana bersumber dari KUBE 2013

Pematangsiantar, IDN Times - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Heribertus Ompusunggu menetapkan salah seorang mantan pejabat Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pindana korupsi.

Tersangka adalah Palawi, dulu menjabat sebagai Kepala Bidang Kesra di Dinas Sosial.

Apa kasusnya nih?

1. Dana dikorupsi bersumber dari KUBE tahun 2013

Diduga Korupsi Rp399 Juta, Mantan Pejabat Siantar Jadi TersangkaIDN Times/Patiar Manurung

Menurur Kapolres, kasus yang ditangani berasal Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari anggaran tahun 2013. D imana ada sebanyak 20 KUBE seyogianya mendapatkan dana sebesar Rp 20 juta yang dananya bersumber dari Kementerian Sosial. Namun dalam prakteknya, dana tersebut diduga tidak diserahkan sepenuhnya kepada pengurus KUBE.

"Modus tersangka Palawi, menarik uang sekitar Rp 9 juta hingga Rp 10 juta dari masing-masing KUBE melalui Bank Sumut, Desember 2013. Transaksi dilakukan di depan Bank Sumut Jalan Merdeka dan ada juga di rumah masing-masing KUBE" ucapnya didampingi Kasat Reskrim, Demak Ompusunggu, Kamis (11/7).

Atas perbuatan tersangka, kata Kapolres, dikenakan pasal 2 atau pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah ke undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.

"Sesuai pasal 2, tersangka diancama minimal 4 tahun penjara dan paling lama 20 tahun penjara. Sedangkan pasal 3, tersangka diancam paling singkat 1 tahun dan paling lama 20 tahun dengan denda Rp 50 juta" jelasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Polisi Berompi Tipikor Diduga Geledah Kantor BPKD Siantar

2. Kerugian negara diperkirakan mencapai Rp399 juta

Diduga Korupsi Rp399 Juta, Mantan Pejabat Siantar Jadi TersangkaIDN Times/Patiar Manurung

Perbuatan tersangka diduga telah merugikan negara ditaksir mencapai Rp 399 juta dan polisi sudah mengamankan sebanyak 21 barang bukti. Untuk mengungkap kasus tipikor ini, sebelumnya polisi sudah memeriksa sekitar 94 orang saksi dan 3 orang keterangan saksi ahli.

"Sementara dari tangan tersangka diamankan uang sebanyak Rp 13 juta" kata Kapolres sembari menambahkan bahwa kasus ini terjadi saat dipimpin Baren Alijoyo Purba, selaku Kadis.

3. Tidak tertutup ada tersangka baru

Diduga Korupsi Rp399 Juta, Mantan Pejabat Siantar Jadi TersangkaIDN Times/Patiar Manurung

Baren Alijoyo Purba yang telah pensiun sekitar 6 bulan lalu, dan telah menang sebagai Calon Legislatif di Kota Pematangsiantar tidak tertutup turut menjadi tersangka. Menurut Kapolres, semua ini tidak lepas dari hasil pemeriksaan bahwa tindak pindana korupsi dilakukan lebih dari satu orang.

"Kasus ini sendiri berawal dari laporan masyarakat yang ditingkatkan ke penyedilikan hingga sidik. Ada sebanyak 20 KUBE. Tipikor ini diduga dilakukan secara bersama-sama dan tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru. Habis ini akan berkembang kepada tersangka baru" jelasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Geledah Ruang Pendapatan Retribusi, Polisi Bawa Police Line

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Just For You