Cari Sekolah Anak, Ini 18 SMA Terbaik di Sumatra Utara

SMA Unggul Del hingga Matauli termasuk yang terbaik

Sebentar lagi masuk tahun ajaran baru nih untuk para pelajar. Orangtua pasti mulai mencari sekolah terbaik untuk anaknya.

Ada ranking atau pemeringkatan nasional sekolah untuk bahan pertimbangan orangtua.

Nah berikut IDN Times merangkum 18 sekolah terbaik di Sumatra Utara:

Cari Sekolah Anak, Ini 18 SMA Terbaik di Sumatra UtaraOSN 2016

1. SMA Unggul Del 
SMA Unggul Del merupakan salah satu SMA terbaik di Sumatra Utara. Sekolah ini didirikan di tahun 2012 oleh Yayasan Del, binaan Luhut Panjaitan. SMA ini juga menjadi sekolah unggulan dengan tingkat SMA terbaik ketiga di Indonesia, lho. 

2. SMA Sutomo 1 Medan 
SMA terbaik di Sumatra Utara selanjutnya adalah SMAS Sutomo 1 Medan. Sekolah ini merupakan sekolah yang mayoritas merupakan etnis tionghoa dan etnis batak. Sekolah ini juga menjadi sekolah dengan peringkat ke 56 nasional. 

3. SMA Methodist 3 Medan
SMA terbaik di Sumatara utara yang terakhir adalah SMAS Methodis 3 Medan. Sekolah ini memiliki peringkat 3 untuk nilai UTBK di Sumatra Utara, lho. Dari sisi peringkat, SMA ini juga menduduki peringkat 108 nasional. 

4. SMAN 2 Balige 
SMA terbaik di Sumatra Utara selanjutnya adalah SMAN 2 Balige. Sekolah ini menjadi sekolah dengan percontohan tingkat nasional. Sekolah ini memiliki peringkat 160 nasional dan menduduki peringkat ke-4 di Sumatra Utara dari rata-rata nilai UTBK. 

Cari Sekolah Anak, Ini 18 SMA Terbaik di Sumatra UtaraIlustrasi kegiatan belajar mengajar siswa-siswi SMA. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

5. SMAS Sutomo 2 Medan 
SMAS Sutomo 2 Medan merupakan salah satu SMA di Sumatra Utara yang termasuk sebagai sekolah terbaik. Sekolah ini terletak di Pulo Brayan Kota, Kec. Medan Barat, Kota Medan, Sumatra Utara. Peringkat sekolah ini yaitu peringkat 160 nasional. 

6. SMAN 3 Tarutung 
SMA terbaik di Sumatra Utara selanjutnya adalah SMAN 3 Tarutung. Sekolah ini terletak di Simamora, Kec. Tarutung, Kab. Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Sekolah ini memiliki peringkat 228 nasional dan memiliki nilai rata-rata UTBK peringkat ke-7 tertinggi di Sumatra Utara. 

7. SMAS Santo Thomas 1 Medan 
SMAS Santo Thomas 1 Medan merupakan sekolah menengah atas Katolik yang ada di Medan, Sumatra Utara. Sekolah ini menjadi favorit para calon pelajar SMA karena banyaknya prestasi yang diraih oleh sekolah ini. Sekolah ini banyak meraih kejuaraan termasuk banyak yang berhasil lolos ke perguruan tinggi nasional. 

8. SMA Budi Mulia Pematang Siantar 
Sekolah terbaik di Sumatra Utara selanjutnya adalah SMAS Budi Mulia Pematang Siantar. Sekolah ini merupakan sekolah yang didirikan oleh yayasan Budi Mulia yang berpusat di Jalan Gunung Sahari 91 Jakarta. Sekolah ini menjadi salah satu sekolah favorit yang memiliki peringkat ke-175 nasional. 

Cari Sekolah Anak, Ini 18 SMA Terbaik di Sumatra UtaraIDN Times/istimewa

9. MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan 
MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan merupakan salah satu sekolah madrasah di Sumatra Utara yang memiliki mutu terbaik dalam mendidik calon generasi pemimpin bangsa di masa depan. MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan ini memiliki peringkat ke 436 nasional dan memiliki rerata nilai UTBK yang cukup baik.

10. SMA WR Supratman 2 
SMA terbaik di Sumatra Utara selanjutnya adalah SMA WR Supratman 2. Sekolah menengah atas ini memiliki prestasi yang cukup baik baik di tingkat regional maupun nasional. Bahkan beberapa siswanya banyak meraih kejuaraan nasional dan olimpiade nasional. Sekolah ini beralamat di Jalan Asia No. 143 Medan.

11. SMA Methodist 
SMA Methodist merupakan salah satu SMA terbaik di Sumatra Utara yang bisa dijadikan referensi jika ingin mencari sekolah di jenjang SMA. Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Pendidikan Free Methodist Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Beringin Raya No. 152 E, Helvetia, Kec. Medan Helvetia, Kota Medan. 

12. SMA Negeri 1 Kabanjahe 
SMA Negeri 1 Kabanjahe menjadi SMA terbaik yang berada di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Sekolah ini dulunya dikenal sebagai SMA Rumpun Bambu. Sekolah ini pun termasuk sekolah legendaris yang memiliki gedung sekolah tempo dulu. Tepatnya didirikan sejak tahun 1962. Sekolah ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap sehingga mendukung proses belajar mengajar siswa. 

13. SMA Methodist 2 Medan 
SMA terbaik di Sumatra Utara selanjutnya adalah SMAS Methodist 2 Medan. Sekolah ini juga masih satu yayasan dengan SMAS Methodist. Sekolah ini memiliki peringkat nasional yang cukup baik, yaitu peringkat 459 nasional. Sementara peringkat UTBK yaitu peringkat ke-12 di Sumatra Utara. 

Cari Sekolah Anak, Ini 18 SMA Terbaik di Sumatra UtaraDokumen Pribadi

14. SMA Unggulan CT Foundation Deli Serdang 
SMA Unggulan CT Foundation Deli Serdang merupakan sekolah menengah atas di Sumatra Utara yang memiliki prestasi yang cukup baik. Banyak siswanya yang menjuarai olimpiade di tingkat nasional. Sekolah ini juga menjadi perwakilan perlombaan perpustakaan tingkat nasional. 

15. SMAN 2 Lintongnihuta 
Salah satu sekolah unggulan di Sumatra Utara selanjutnya adalah SMAN 2 Lintongnihuta. Sekolah menduduki peringkat ke-14 nilai rata-rata UTBK di tingkat provinsi. Sekolah ini memiliki nilai rerata di atas 500. 

16. SMAN 1 Medan 
Daftar SMA terbaik di Sumatra Utara yang pertama yaitu SMAN 1 Medan. SMA ini merupakan SMa tertua di Medan dan merupakan peleburan dari struktur institusi pendidikan kolonial Hoogere Burgerschool (HBS). Ada banyak tokoh dan pejabat ternama Indonesia yang merupakan alumni sekolah ini.  SMA ini memiliki peringkat 480 nasional. 

17. SMAN 1 Matauli Pandan 
Selanjutnya ada SMAN 1 Matauli Pandan. SMA ini didirikan pada tahun 1994 dan merupakan salah satu sekolah terbaik di Indonesia. Sekolah ini pengelolaannya bekerja sama dengan yayasan Maju Tapian Nauli (Matauli) dan memberikan beasiswa bagi siswa yang berpotensi dan berprestasi. SMA ini peringkat 660 nasional. 

18. SMAN 4 Pematang Siantar
SMAN 4 Pematang Siantar merupakan salah satu SMA terbaik di Sumatra Utara. Sekolah ini memiliki rata-rata nilai UTBK urutan ke 18 di Sumatra Utara. Untuk peringkatnya, sekolah ini peringkat 761 nasional. 

Itu tadi daftar sekolah menengah atas terbaik di Sumatra Utara. Semoga bisa membantu orangtua untuk menentukan sekolah anak ya

Baca Juga: Ini 7 Sekolah Terbaik di Medan Berdasarkan Hasil UTBK 2021

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya