Begini Cara Mendaftar AHM Best Student, Total Hadiah Rp106 Juta

Pendaftaran dibuka mulai 11 Mei hingga 31 Juli 2022

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menghadirkan AHM Best Student (AHMBS) dengan tajuk “Berkreasi Menebar Inspirasi” yang ditujukan bagi seluruh siswa setingkat SMA di seluruh Indonesia. Pendaftaran dibuka selama periode 11 Mei – 31 Juli 2022 dengan mengangkat kepedulian siswa setingkat SMA multitalenta dalam berpikir kritis, kreatif dan terstruktur menjawab isu global yang tercermin dalam Sustainable Development Goals (SDG’s).

AHMBS 2022 terbuka bagi seluruh siswa di SMU/SMK/MAN yang memiliki nilai rapor minimal 7.0 dan capaian ekstrakurikuler bidang lain yang digeluti seperti seni, olahraga, hingga sosial. Peserta dapat memilih 2 kategori pada AHMBS 2022, yakni kategori Ide dan kategori Invensi.

Siswa akan melalui berbagai tahapan menantang, diawali dengan penulisan makalah, dilanjutkan dengan presentasi, serta membuat video produk menarik yang ditujukan khusus untuk kategori Invensi. Proses penilaian dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat regional hingga nasional pada Juli hingga September mendatang.

1. Cikal bakal SDM unggul dan peduli pada sekitar

Begini Cara Mendaftar AHM Best Student, Total Hadiah Rp106 JutaAHM Best Student (Dok. AHM)

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan AHMBS merupakan salah satu program pencarian dan pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi di Tanah Air.

Program yang memasuki dua dekade penyelenggaraan ini bersinergi dengan stakeholder terkait seperti dinas pendidikan dan kebudayaan, sekolah, akademisi hingga praktisi dan para pakar untuk menyaring potensi pelajar SMA melalui beragam tema kompetisi yang disuguhkan setiap tahunnya. Kekuatan literasi dan kepedulian sosial juga merupakan kunci untuk mengikuti menjadi siswa terbaik versi AHMBS.

Sementara itu Gunarko Hartoyo, Corporate Communication and Sales Manager PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan, sangat menyambut baik digelarnya AHM Best Student di tahun ini.

Menurutnya, kegiatan ini telah menemukan banyak talenta melaui karya dalam bentuk ide maupun invensi yang segar, adaptif dan memberikan dampak nyata bagi kelompok di setiap wilayah siswa. Kearifan lokal dari berbagai daerah di Indonesia pun turut mewarnai perjalanan dua dasawarsa AHMBS. Cikal bakal SDM unggul dan peduli pada sekitar banyak ditemukan di ajang AHMBS ini.

2. Karya yang masih berada dalam tahapan konsep diwujudkan dalam bentuk purwarupa produk atau sampel

Begini Cara Mendaftar AHM Best Student, Total Hadiah Rp106 JutaSiswa Terbaik AHM Best Student 2020 (Dok. IDN Times)

Gelaran AHMBS merupakan kontribusi sosial perusahaan di pilar pendidikan yang dilakukan sejak 2003 dan telah menghasilkan lebih dari 1.200 orang alumni yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sejumlah alumni AHMBS tercatat telah mewarnai sejumlah profesi dengan berbagai prestasi yang menginspirasi generasi muda untuk mencanangkan cita-cita untuk masa depan yang lebih baik. Di bidang entrepreneur salah satunya yaitu Rizal Alansyah merupakan pemuda asal Jawa Tengah yang merupakan alumni sekaligus juara 1 AHMBS tahun 2019 kini berhasil menjalankan usaha sebagai Produsen Terasi SERASI Berteknologi Osmosis dan mampu membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Pada profesi berbeda Gracia Paramitha yang juga merupakan alumni AHMBS tahun 2006 kini berpartisipasi menjadi salah satu Analyst pada forum G20 yang merupakan suatu forum kerjasama multilateral yang diikuti oleh berbagai Negara maju dan berkembang di Indonesia pada tahun 2022.

Sementara itu, mengusung karakter Creative, Care & Confident, AHMBS tahun ini melanjutkan konsistensinya untuk menjadi mewadahi kreativitas siswa dan sekolah terbaik di negeri ini.

Siswa di tingkat SMA dapat mengikuti lomba ini secara mudah, sederhana dan tanpa biaya dengan mengakses Instagram @Sahabat1Hati atau https://bit.ly/AHMBS2022 untuk melihat panduan yang telah dikemas secara kekinian. Selain itu calon peserta dapat juga menghubungi jaringan sepeda motor Honda yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Pada kategori Ide di AHMBS 2022, karya yang masih berada dalam tahapan konsep diwujudkan dalam bentuk purwarupa produk atau sampel kegiatan yang dituangkan dalam maksimal dalam 8 halaman.

Sementara itu, pada kategori Invensi, kegiatan dijelaskan maksimal 10 halaman. Karya siswa diharapkan sudah dimanfaatkan secara nyata oleh masyarakat atau lingkungan sekitar dan minimal telah dilakukan pengujian oleh pihak yang berkompeten.

3. Total hadiah beasiswa senilai lebih dari Rp106 juta

Begini Cara Mendaftar AHM Best Student, Total Hadiah Rp106 JutaAHM Best Student (Dok. AHM)

Pada AHMBS tahun ini, peserta terbaik dapat membawa pulang total hadiah beasiswa senilai lebih dari Rp106 juta, dukungan pengembangan pendidikan untuk 3 sekolah terbaik senilai 25juta, hingga beragam hadiah dan merchandise menarik. Penganugerahan AHMBS pada September akan ditutup dengan seminar inspirasi yang mengangkat generasi muda berprestasi dengan integritas tinggi.

AHM Best Student 2022 didukung secara penuholeh Yayasan Astra Honda Motor, anak perusahaan yaitu PT Hitachi Astemo Bekasi Manufacturing, PT Musashi Autoparts Indonesia, PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, serta 27 Main Dealer jaringan sepeda motor Honda, bersinergi pula dengan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek, dan PPM School of Management.

Baca Juga: Pasti Gak Nyangka, Ini Empat Manfaat Memasak Sendiri di Rumah

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya