TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Demo Minta Dipindahkan, Imigran: Kami Gak Bisa Hidup Begini Terus

Para imigran unjuk rasa di depan UNHCR Medan

IDN Times/Fadli Syahputra

Medan, IDN Times -  Puluhan warga imigran dari beberapa negara berunjuk rasa di depan gedung United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) perwakilan Medan di Jalan Listrik Medan, Sumatera Utara, Kamis (22/8). Mereka menuntut untuk segera dipindahkan ke negara lain.

Baca Juga: Mau Nyabu di Tempat Penampungan, 2 Imigran asal Myanmar Diciduk

1. UNHCR didesak untuk segera memproses kepindahan para imigran

IDN Times/Fadli Syahputra

Begitu tiba di lokasi, mereka berbaris tepat di pintu gerbang dengan membentang spanduk berisikan tuntutan. Salah satu spanduk ada bertuliskan 'Terima Kasih dari Pemerintah Indonesia, Komunitas Indonesia, Masyarakat Indonesia dan Semua yang Mendukung Kami'.

Secara bergantian perwakilan melakukan orasi berbahasa Inggris menyampaikan tuntutan menggunakan pengeras suara. Mereka meminta pemerintah mendesak UNHCR untuk segera memproses perpindahan mereka ke negara lain

2. Warga Iran Farhat Aslani sebut hanya dapat bantuan dari masjid dan tetangga

IDN Times/Fadli Syahputra

Perwakilan warga imigran dari Iran, Farhat Aslani mengatakan, dia dan beberapa teman-temannya sejak 2012 sudah ada di Indonesia. Sebabnya, di negaranya sedang ada bahaya sehingga mereka lari dari sana.

Namun, lanjutnya, organisasi di sini memaksa mereka tetap tinggal dan tidak mau membuat izin pindah ke negara lain.

"Mereka bilang harus tunggu di sini. Kalau gak balik, bagaimana kami bisa balik, gak bisa kami, mana adilnya? Kami ada masalah, gaji kami dari Iran putus, bagaimana keluarga kami kalau proses kami ditutup," kata Farhat kepada wartawan di lokasi aksi.

"Kami hanya dapat bantuan dari masjid dan tetangga yang kasihan kepada kami. Kami tidak bisa terus hidup kalau begini," tambahnya.

Baca Juga: Demonstrasi, 1.504 Guru Honorer Simalungun Belum Terima Gaji 12 Bulan

Berita Terkini Lainnya