1.998 Mendaftar di SMAN 1 Matauli, 429 Siswa Diterima 

Peminat SMAN 1 Matauli terus bertambah

Tapanuli Tengah, IDN Times- Peminat di SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatra Utara terus bertambah. Tahun ini pendaftar mencapai 1.998 calon siswa.

Namun hanya 429 yang diterima. Mereka baru dikukuhkan menjadi siswa baru oleh Danrem 023/KS, Kol Inf Lukman Hakim, Sabtu (5/8/2023).

Pantauan, selain dihadiri oleh sejumlah orangtua dari siswa baru dari berbagai daerah, acara pengukuhan juga tampak dihadiri oleh pembina Yayasan Matauli, Akbar Tandjung yang didampingi Ketua Yayasan Matauli Fitri Krisnawati Tandjung, Kapolres Tapteng dan sejumlah Ikatan Alumni SMA Matauli (IKAMA).

Berbagai rangkaian acara ditampilkan dari sejumlah siswa SMA Matauli. Salah satunya kegiatan barisan defile dan tarian tradisional. Para siswa juga unjuk kemampuan melalui atraksi bela diri dan marching band.

1. Pesan Danrem kepada siswa yang dilantik

1.998 Mendaftar di SMAN 1 Matauli, 429 Siswa Diterima SMAN 1 Matauli Pandan, Tapanuli Tengah dikukuhkan (Dok.Istimewa)

Danrem berpesan, SMA Matauli Pandan saat ini sudah banyak melahirkan generasi penerus bangsa. Generasi yang memiliki Intelektual, moralitas, mentalitas.

"Siswa baru yang dilantik harus bisa menjadi leadership bagi diri sendiri agar tidak mudah terpengaruh oleh arus globalisasi," kata Danrem dalam sambutannya, Sabtu (5/8/2023).

Dikatakan Danrem, melihat kemajuan teknologi saat ini, generasi muda dikhawatirkan terpengaruh hal hal yang negatif. 

Diharapkan, siswa yang baru dikukuhkan merupakan generasi bangsa harus bijak dalam mengikuti perkembangan teknologi saat ini. 

"Jangan mudah terpengaruh dengan yang bertentangan akidah berbangsa dan bernegara," tegas Danrem.

Menurut Danrem, slogan-slogan yang didengungkan budaya barat saat ini sangatlah bertentangan dengan falsafah Pancasila. 

"Siswa dan siswi Matauli Pandan jangan pernah terpengaruh dengan isu-isu yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia," kata Danrem.

Baca Juga: 2 Orang Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Perbankan Rp2,9 M di Sibolga

2. Berbagai fasilitas di SMAN 1 Matauli

1.998 Mendaftar di SMAN 1 Matauli, 429 Siswa Diterima Pengukuhan siswa SMAN 1 Matauli Tapanuli Tengah (Dok.Istimewa)

Danrem menambahkan, saat ini mutu pendidikan di Matauli tidak perlu diragukan. Saat ini, sekolah binaan Akbar Tandjung, kata Danrem telah banyak menghasilkan generasi yang berhasil dalam berbagai bidang.

Untuk itu, kata Danrem, para siswa harus bersyukur dan bangga berada di sekolah yang sangat baik. Jika dibandingkan dengan sekolah lain, SMA Matauli sudah dilengkapi berbagai fasilitas lengkap.

"SMA Matauli mempunyai fasilitas sekolah yang lengkap, program pendidikan yang berstandar nasional," jelas Danrem.

4. Dari 429 siswa baru, terbagi menjadi unggulan A dan B dan C

1.998 Mendaftar di SMAN 1 Matauli, 429 Siswa Diterima Pengukuhan siswa SMAN 1 Matauli Tapanuli Tengah (Dok.Istimewa)

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Deden Rachmawan, menyampaikan, saat ini jumlah peminat untuk calon siswa SMAN 1 Matauli sebanyak 2.111 orang. Sementara yang dinyatakan lulus ujian sebanyak 429 siswa.

Jumlah itu merupakan angkatan ke XXX (30) untuk tahun ajaran 2023/2024.  "Untuk yang mendaftar sebanyak 1.998 calon siswa," jelas Deden.

Dalam laporan itu, Deden juga mengungkapkan formasi dari 429 siswa baru. Yakni, untuk unggulan A sebanyak 15 siswa, unggulan B sebanyak 24 siswa.

"Melalui jalur talent scounting beasiswa dari Yayasan Matauli sebanyak 10 siswa, dan Unggulan C sebanyak 380 siswa," jelasnya.

Baca Juga: Kunjungi SMAN 1 Matauli, Wapres: Sekolah Seperti Ini Harus Diperbanyak

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya