Lewat Pekan Kuliner Halal, Pemko Medan Bagi 2.300 Sertifikat Halal

Perhelatan ini terlaksana atas bantuan melalui dana hibah

Medan, IDN Times - Wali Kota Medan Bobby Nasution menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan Pekan Khas. Menurutnya, perhelatan ini perlu dilakukan karena masih ada stigma banyak makanan non halal di Medan.

Bobby Nasution mengatakan beberapa tamu yang baru pertama datang ke Medan, selalu bertanya di mana saja lokasi tempat makanan yang halal.

“Karena ada stigma ketika di Medan, kebanyakan, mayoritas, makanannya non halal. Padahal itu salah. Di sini kita masih mayoritas muslim dan makanan non halal tempatnya sudah ada, bukan sporadis. Kegiatan ini membawa pesan stigma tersebut salah,” ungkapnya.

1. Ada pembagian sekitar 2.300 sertifikat halal

Lewat Pekan Kuliner Halal, Pemko Medan Bagi 2.300 Sertifikat HalalWali Kota Medan Bobby Nasution saat membuka Kuliner Halal (Dok. Istimewa)

Menurut Bobby, kegiatan Pekan Khas ini juga kesinambungan dari pembagian sekitar 2.300 sertifikat halal yang dilakukan Pemko Medan bersama MUI, Baznas, dan BI beberapa waktu lalu.

“Artinya, bukan hanya membagikan sertifikat halal, bukan pula hanya mengadakan Pekan Kuliner Halal, tapi mudah-mudahan dari hulu sampai hilirnya kegiatan di kota ini bisa dilakukan secara kolaborasi,” ungkapnya.

Baca Juga: Pemko Medan Segera Keluarkan Izin Bangunan Menara Masjid Agung

2. Perhelatan ini terlaksana atas bantuan melalui dana hibah

Lewat Pekan Kuliner Halal, Pemko Medan Bagi 2.300 Sertifikat HalalWali Kota Medan Bobby Nasution saat membuka Kuliner Halal (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, Ketua MUI Medan, Dr. H. Hasan Matsum, mengungkapkan perhelatan ini terlaksana atas bantuan melalui dana hibah.

Hasan juga menyatakan perangkat-perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan juga aktif mendukung perhelatan ini.

Disebutkannya, selain memeriahkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, Pekan Khas ini juga menggalakkan penganan halal di Medan.

Kegiatan yang berlangsung mulai 1 sampai 5 Agustus ini diramaikan 80 stand yang menjajakan berbagai kuliner. “Semua produk yang ada di sini telah bersertifikat halal,” sebutnya.

3. Ada stand konsultasi pengurusan sertifikasi halal dan pendaftaran NIB

Lewat Pekan Kuliner Halal, Pemko Medan Bagi 2.300 Sertifikat HalalWali Kota Medan Bobby Nasution saat membuka Kuliner Halal (Dok. Istimewa)

Selain stand kuliner halal, perhelatan ini juga disemarakkan dengan berbagai lomba, talkshow dan konsultasi gratis sertifikasi halal.

Dalam ajang ini, ada stand konsultasi pengurusan sertifikasi halal dan penerimaan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Medan.

Sedangkan untuk talkshow sertifikasi halal akan dilakukan oleh DP MUI dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) serta Asbisindo.

Baca Juga: Banjir Rob, Masyarakat Belawan Bahari Tagih Tanggul dan Rumah Pompa

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya