El Nino, Mentan Syahrul Minta Sumut Penuhi 100 Ha Lahan Pertanian

Gubernur Edy klaim sudah siapkan lahan

Medan, IDN Times - Badai El Nino membuat potensi kekeringan lahan pangan menjadi ancaman serius di Indonesia. Kementerian Pertanian meminta Sumatra Utara menyiapkan 100 ribu hektare lahan pertanian. 

Permintaan itu disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo usai menggelar rapat koordinasi di Pemprov Sumut, Jumat (4/8/2023). Kata Syahrul, Presiden Joko Widodo sudah menyiapkan langkah, untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan selama fase El Nino. Khususnya ketahanan stok beras. 

"Memenuhi perintah Bapak Presiden untuk menyiapkan seluruh langkah mengantisipasi kebutuhan pangan nasional menghadapi El Nino. Bapak Presiden berharap bahwa El Nino seperti apapun adanya, tetapi kondisi ketersediaan pangan kita, khususnya beras kita harus bisa dijamin secara nasional," kata Syahrul. 

1. Sumut jadi salah satu daerah penyedia kebutuhan lahan

El Nino, Mentan Syahrul Minta Sumut Penuhi 100 Ha Lahan PertanianIlustrasi lahan pertanian. (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Untuk mengantisipasi, pemerintah menyiapkan total 500 ribu hektar di enam provinsi. Sumut mendapat jatah 100 ribu hektare. 

"Yang pertama Sumatera Selatan, Sumatera Utara, 3 Jawa, dan Sulawesi Selatan. Kemudian provinsi-provinsi pendamping adalah mulai dari Lampung, kemudian ada NTB, Kalses, maupun Banten," ucapnya.

Enam provinsi tersebut masuk ke dalam kategori hijau. Dalam kata lain kondisi ketersediaan airnya terjamin meskipun ada El Nino. Pertanian di lahan 500 ribu hektare tersebut akan ditingkat intensitas panennya. 

Baca Juga: Ada Diskotek di Kebun Sawit Langkat, Gubernur Edy Minta Segera Ditutup

2. Ketersediaan air jadi alasan pemilihan Sumut

El Nino, Mentan Syahrul Minta Sumut Penuhi 100 Ha Lahan PertanianPetani memasang jaring di atas tanaman padinya di kawasan persawahan Desa Gegerung, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, NTB, Minggu (8/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan tersebut meyakini dari 6 provinsi tersebut, Sumut akan menjadi provinsi yang paling siap untuk melaksanakan itu. Tentunya atas kerjasama Gubsu Edy dan bupati yang daerahnya di pakai. 

"Saya percaya salah satu provinsi yang paling kuat bisa mengerjakan ini adalah Sumatera Utara, oleh karena itu tentu harapan kita Bapak Gubernur Sumatera Utara beserta Pak Bupati yang tentu yang ditunjuk Pak Gubernur bisa mempersiapkan untuk kepentingan nasional," bebernya.

3. Gubernur Edy klaim sudah bersiap mengantisipasi ketahanan pangan

El Nino, Mentan Syahrul Minta Sumut Penuhi 100 Ha Lahan PertanianMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melakukan kunjungan ke area pertanian sagu di Manokwari Papua Barat, Selasa, (25/10). (Dok. Pertanian)

Sementara itu Gubernur Edy Rahmayadi mengklaim telah menyiapkan berbagai langkah antisipasi El Nino. Pertama, Edy sedang menyediakan 2 juta tanaman hortikultura seperti cabai hingga bawang di dalam pot atau polibag untuk dibagikan ke masing-masing rumah tangga. 

“Jika nantinya pasokan melimpah, BUMD Sumut akan membeli dari masyarakat dan menjual kepada Indofood, sehingga harga di tingkat masyarakat tidak jatuh dan tidak terjadi inflasi,” kata Edy. 

Kemudian, Edy juga akan menyediakan pompa air di masing-masing kabupaten sebanyak 124 unit, membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebanyak 7 unit. Serta menyiapkan 35 waduk di 7 kabupaten dengan kapasitas 2 juta meter kubik. Waduk tersebut mampu mengairi sawah seluar 3.834 hektare. 

“Apabila El Nino terjadi di Sumatera Utara, maka akan berdampak pada menurunnya produksi pertanian, khususnya pangan yang dapat memicu inflasi dan merosotnya perekonomian Sumatera Utara, mengingat sumbangan sektor pertanian terhadap perekonomian sangat besar yakni sebesar 23,68 persen,” kata Edy. 

Pihaknya juga menyiapkan lahan di sejumlah kabupaten. “Ada kabupaten yang sudah kita siapkan, khususnya untuk padi adalah Serdang Bedagai, Deli Serdang dan Langkat, untuk jagung ada Dairi dan Karo, jadi untuk melengkapi minimal 100 ribu hektare Sumut akan segera kita lakukan,” pungkasnya.

Baca Juga: Panpel Sudah Kantongi Izin Stadion Teladan untuk Edy Rahmayadi Cup

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya