3 Calon PJ Gubernur Sumut Diketok DPRD, Dikirim ke Kemendagri Hari Ini

Tidak ada nama mantan Kapolda Sumut Panca Putra

Medan, IDN Times  - DPRD Sumatra Utara sudah menentukan usulan nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Sumut. Pj Gubernur Sumut akan bertugas setelah masa jabatan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakilnya Musa Rajekshah berakhir pada 5 September. 

Penentuan usulan nama itu dilakukan di dalam rapat pimpinan DPRD Sumut pada Kamis (4/8/2023). Ada tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Sumut. 

1. Tidak ada nama Irjen Panca Putra di dalam usulan

3 Calon PJ Gubernur Sumut Diketok DPRD, Dikirim ke Kemendagri Hari IniKapolda Sumut Irjen Panca Putra Panjaitan memusnahkan barang bukti sabu-sabu hasil pengungkapan anak buahnya, Selasa (16/8/2022). (Dok Polda Sumut)

Ketiga calon nama Pj Gubernur Sumut itu, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Sumut, Arief Sudarto Trinugroho, Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Safrizal, dan Deputi Penetapan dan perlindungan Kawasan Amerika dan Pasifik BP2MI, Lasro Simbolon. Tidak ada nama mantan Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak di dalam usulan itu. Meski pun Panca sempat digadang-digadang akan diusulkan. 

"Saya selaku Ketua DPRD Sumut, sudah mengadakan rapat dengan pimpinan dewan sekaligus pimpinan fraksi masing-masing untuk memberikan nama-nama yang diusulkan," ucap Baskami.

Baca Juga: Pj Gubernur Sumut, Nama Panca Putra dan Sekda Arief Mencuat

2. Gerindra absen dalam pengusulan nama-nama Pj

3 Calon PJ Gubernur Sumut Diketok DPRD, Dikirim ke Kemendagri Hari IniPartai Gerindra (gerindra.id)

Dari seluruh fraksi yang ada di DPRD Sumut, hanya Gerindra yang absen mengikuti rapat. Mereka juga belum mengusulkan nama Pj Gubernur hasil penggodokan dari fraksi. 

Baskami mengaku sudah menghubungi Ketua Fraksi Gerindra Ari Wibowo. Namun tidak ada respon. Dia juga menghubungi Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Sumut, Gusmiyadi. Namun Gusmiyadi menyatakan belum mendapatkan petunjuk atau keputusan dari DPD Gerindra Sumut.

"Seharusnya, kami tunggu sampai jam 2 siang. Sampai jam 4 sore, dia tidak hadir. Kami telpon Ketua tidak aktif, kami telpon sekretaris, bilang belum ada petunjuk dari DPD. Ini rapat tidak bisa ditunda, harus kami putuskan, Gerindra yang belum masuk namanya," ujarnya. 

3. Nama-nama akan diusulkan ke Kemendagri hari ini

3 Calon PJ Gubernur Sumut Diketok DPRD, Dikirim ke Kemendagri Hari IniIlustrasi kepala daerah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Baskami sudah meneken usulan dari fraksi. Tiga nama itu akan diusulkan ke Kemendagri hari ini, Jumat (4/8/2023).

Baca Juga: Panpel Sudah Kantongi Izin Stadion Teladan untuk Edy Rahmayadi Cup

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya