Pj Gubernur Sumut, Nama Panca Putra dan Sekda Arief Mencuat

9 Agustus paling lama disetor ke Mendagri

Medan, IDN Times - Edy Rahmayadi dan Wakilnya Musa Rajekshah, akan mengakhiri masa masa jabatan sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumatra Utara pada 5 September mendatang. Setelahnya, kekosongan jabatan akan diisi penjabat Gubernur Sumut. 

Saat ini, DPRD Sumut tengah menggodok usulan nama dari fraksi. Hal itu, diungkapkan oleh Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting kepada wartawan di Kantor Gubernur Sumut, Selasa 1 Agustus 2023. Dia mengatakan pihaknya, sudah menerima petunjuk pelaksanaan (Juklak) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengenai Pj pengganti Gubernur Sumut.

"Itu surat (Juklak) dari Mendagri sudah kita terima (DPRD), memerintahkan agar segera mengirim tiga nama, minimal satu nama," kata Baskami, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Ada Diskotek di Kebun Sawit Langkat, Gubernur Edy Minta Segera Ditutup

1. Usulan Pj akan diserahkan ke Mendagri paling lama 9 Agustus

Pj Gubernur Sumut, Nama Panca Putra dan Sekda Arief MencuatTwitter @RahmayadiEdy

Baskami mengatakan, pihaknya akan menggodok nama usulan fraksi di rapat pimpinan DPRD Sumut. Nantinya, nama-nama yang diputuskan akan diserahkan ke Mendagri. 

"Paling lambat tanggal 9 Agustus sudah dikirim ke Jakarta," jelas politisi senior PDI Perjuangan itu.

2. Nama Sekda Arief Sudarto mencuat

Pj Gubernur Sumut, Nama Panca Putra dan Sekda Arief MencuatIlustrasi kepala daerah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Baskami mengatakan, saat ini sosok yang memenuhi syarat sebagai Pj adalah Sekretaris Daerah Arief Sudarto Trinugroho. Namun dia belum bisa memastikannya.

"Kalau sampai saat ini yang eselon I masih pak sekda. Kita nanti liat dulu, namanya muncul gak. Jadi saya belum bisa sampaikan orang-orangnya karena, hari ini saya tunggu surat dari fraksi," ungkapnya. 

3. Nama mantan Kapolda Sumut Panca Putra juga mencuat

Pj Gubernur Sumut, Nama Panca Putra dan Sekda Arief MencuatKapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak. (Dok Polda Sumut)

Selain Arief, nama mantan Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak juga mencuat akan ditunjuk sebagai Pj Gubernur. Baskami juga meresponnya. 

"Boleh boleh saja, dia (Irjen Paca) sekarang sudah ke Jakarta, kalau nanti dia ditunjuk kementerian. Kalau dia sudah eselon I, namanya muncul, itukan hak dari presiden, kami hanya mengusulkan," sebutnya.  

Namun, lanjut Baskami, siapapun yang akan jadi Pj Gubernur Sumut nantinya, diharapkan menjalankan program yang tertuang dalam APBD 2024 yang sudah disahkan. Secara khusunya adalah proyek Rp.2,7 triliun yang targetkan rampung akhir Desember 2023. 

"Inikan APBD sudah diketok, yang 2024, mohon kiranya yang sesuai APBD programnya. Secara khusunya kita selesaikan proyek 2,7 T itu paling lambat Desember itu sudah selesai semua 100 persen," jelas Baskami.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya