Comscore Tracker

Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing dan Laut Aceh Kedalaman 7 Meter

Semangat pemuda di Aceh pada Dirgahayu Republik Indonesia

Banda Aceh, IDN Times - Mahasiswa di Aceh melakukan sejumlah aksi pengibaran Bendera Merah Putih dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 tahun, pada Rabu (17/8/2022).

IDN Times merangkum, ada dua kegiatan upacara yang dilakukan mahasiswa dalam memperingati hari kemerdekaan, yaitu pengibaran bendera di tebing serta di dasar laut di Aceh 

1. Mengibarkan bendera raksasa di tebing bebatuan

Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing dan Laut Aceh Kedalaman 7 MeterBendera Merah Putih raksasa di Pantai Tebing, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Aksi pengibaran bendera Merah Putih salah satunya dilakukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (PA-LH) Gerakan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Pecinta Alam (Gainpala).

Mereka mengibarkan Sang Saka Merah Putih di bahu tebing bebatuan setinggi 24 meter yang terletak di Pantai Tebing, kawasan Gampong Meunasah Balee, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

“Ukuran bendera sekitaran 15 meter dan lebarannya empat meter,” kata Ketua UKM PA-LH Gainpala, Citra Hanapi Bonta, pada Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Upacara di Air, Warga Aur Minta Pemerintah Peduli Sungai Deli

2. Empat penderek bendera, dua di antaranya atlet climbing

Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing dan Laut Aceh Kedalaman 7 MeterBendera Merah Putih raksasa di Pantai Tebing, Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. (IDN Times/Muhammad Saifullah)

Pengibaran Bendera Merah Putih turut diikuti sejumlah peserta, mulai dari mahasiswa, anggota TNI, serta masyarakat baik orang dewasa maupun anak-anak. Kegiatan pengibaran bendera di tebing, merupakan aksi kedua yang dilakukan UKM tersebut.

Sehubungan dengan itu, Hanapi menyampaikan, bendera diderek oleh empat petugas, dua di antaranya merupakan atlet penjat tebing atau climbing, yakni Siti dan Umar. Mereka sebelumnya telah melakukan pemantauan dan berlatih sebelum melaksanakan kegiatan itu.

“Yang mengibarkan di sini ada empat orang. Tiga pria dan satu perempuan,” ujarnya.

3. Mahasiswa kelautan kibarkan bendera di dasar laut

Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing dan Laut Aceh Kedalaman 7 MeterPengibaran bendera di dasar laut kedalaman tujuh meter, di Kabupaten Aceh Besar. (Dokumentasi UKM ODC untuk IDN Times)

Aksi pengibaran bendera juga dilakukan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Ocean Diving Club (ODC) Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Syiah Kuala (USK). Bersama Pos TNI AL dan Koramil Krueng Raya, mereka mengibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut kawasan Pantai Ahmad Rhang Manyang, Kecamatan Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, pada Rabu (17/8/2022).

Dosen FKP USK, Maria Ulfah mengatakan, perayaan 17 Agustus merupakan momen tahunan yang harus dimeriahkan. Sebagai salah satu fakultas yang terbiasa berhubungan dengan kelautan, pihaknya merasa bahwa pengibaran bendera di dasar laut adalah kegiatan yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dalam diri, khususnya bagi pemuda.

“Di mana Sang Saka Merah Putih tidak berkibar hanya di darat tetapi dilaut juga,” kata Maria, dalam keterangan tertulis yang diterima, pada Rabu (17/8/2022).

4. Melibatkan lima belas untuk menyelam di kedalaman tujuh meter

Merah Putih Raksasa Berkibar di Tebing dan Laut Aceh Kedalaman 7 MeterPengibaran bendera di dasar laut kedalaman tujuh meter, di Kabupaten Aceh Besar. (Dokumentasi UKM ODC untuk IDN Times)

Ketua UKM ODC, Gilang Yuarza mengatakan, kegiatan yang membutuhkan keahlian khusus tersebut melibatkan 15 anggota untuk turun ke dalam laut. Tiga belas orang melakukan pengibaran Bendera Merah Putih dan dua lainnya sebagai pendokumentasi kegiatan.

“Mereka bergerak di kedalaman tujuh meter,” ujar Gilang.

Baca Juga: Melihat Upacara Hari Kemerdekaan ‘ala’ Pehobi Skuter Tua di Sumut

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya