Begini Cara dan Syarat Gabung di BBPLK Medan, Gampang Lho!

Semoga beruntung untuk pendaftaran di tahun 2022

Medan, IDN Times - Pandemi COVID-19 masih melanda terkhusus Kota Medan, meskipun Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun ke level 2. Selama pandemik banyak yang kehilangan pekerjaan atau belum mendapat lowongan.

Nah, saat ini Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan pelatihan kerja bagi masyarakat melalui Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) yang berada di Jalan Gatot Subroto Km 7,8 Medan, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Sumatra Utara.

Bagi kamu yang tertarik, berikut cara dan syarat bergabung dalam Kementrian Ketenagakerjaan di BBPLK Medan beserta jadwal pelaksanaan pendaftaraannya.

1. Salah satu syaratnya, berbadan sehat dan usia produktif

Begini Cara dan Syarat Gabung di BBPLK Medan, Gampang Lho!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Syarat khususnya berbadan sehat diusia produktif, dapat membaca juga menulis, dan tidak mengikuti pendidikan formal kuliah.

Selain itu, ternyata ada persyaratan peserta seperti melengkapi data diri yakni fotokopi KTP, ijazah terakhir, pas foto ukuran 3x4 backgroundnya merah 3 lembar. Persyaratan ini merupakan persyaratan umum.

Baca Juga: Sertifikat Kompetensi Kerja Menjamin Kualitas Lulusan Pelatihan Vokasi

2. Melalui situs website peserta dapat mendaftar secara online

Begini Cara dan Syarat Gabung di BBPLK Medan, Gampang Lho!Ilustrasi Membuka situs online pada layar laptop (IDN Times / kompas.com)

Untuk teknis pendaftaran peserta, nantinya akan dipandu ke salah satu website khusus Kementerian Ketenagakerjaan, yang dengan Sisnaker (sistem informasi ketenagakerjaan).

Setelah itu, calon peserta yang mendaftar akan diarahkan untuk membuat akun secara online, dan selanjutnya akan mengetahui pelajaran dan kejuruannya.

3. Jadwal pendaftaran bagi peserta BBPLK di Kota Medan

Begini Cara dan Syarat Gabung di BBPLK Medan, Gampang Lho!Ilustrasi Pendaftaran online (IDN Times / Republika.co.id)

Untuk informasi, bulan November telah ditutup pendaftaran dan akan dibuka pada 2022. Dan saat ini berlangsung pelatihan peserta BBPLK Medan dan berakhir 18 November.

Peserta yang telah bergabung bertujuan untuk mengasah keterampilan, bergabung dengan dunia industri.

Sehingga dilakukan langsung praktik yang diselenggarakan oleh BBPLK Medan.

Baca Juga: 5 Pilihan Pelatihan Kartu Prakerja yang Paling Diminati Masyarakat

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya