Comscore Tracker

Unik! Ada Rumah Berbentuk Sepatu di Medan, Terinspirasi dari India

Milik Jusuf yang pernah keliling dunia naik sepeda

Medan, IDN Times - Berlokasi di Jalan SMA 2, Kelurahan Karang Sari, Kecamatan Polonia, Kota Medan, berdiri sebuah bangunan yang memiliki bentuk tak biasa, yaitu seperti bentuk sepatu. Karena bentuknya yang seperti sepatu, masyarakat menyebutnya sebagai rumah sepatu.

Bangunan ini tampak mencolok karena berdiri di sebuah lahan yang cukup luas dan terletak di pinggir jalan. Muhammad Jusuf Sokartara (76), tak lain merupakan pemilik dari rumah sepatu ini. Rumah sepatu ini merupakan impian Jusuf sejak lama dan akhirnya bisa terwujud. Berikut konsep rumah sepatu yang ada di Medan.

1. Terinspirasi dari Rumah Sepatu di Mumbai, India

Unik! Ada Rumah Berbentuk Sepatu di Medan, Terinspirasi dari IndiaRumah Sepatu milik Jusuf Sokartara (Dok pribadi)

Pembangunan rumah sepatu ini terinspirasi dari bangunan serupa di Kota Mumbai, India.  Pada awalnya Jusuf melihat bangunan ini melalui majalah tahun 1953. Sehingga pada akhirnya membuat pria yang lama menetap di Belanda ini ingin melihat langsung rumah tersebut.

Keinginannya akhirnya tercapai saat ia mengelilingi dunia dengan bersepeda dan berkesempatan melihat rumah yang ada di Mumbai India itu.

2. Bertuliskan Angka 13

Unik! Ada Rumah Berbentuk Sepatu di Medan, Terinspirasi dari IndiaDok pribadi

Rumah dengan ukuran panjang 9 meter dan tinggi 13 meter ini dibangun menyerupai sepatu lars lengkap dengan rangkaian besi yang dibentuk menyerupai tali sepatu. Rumah ini terdiri dari tiga lantai dengan satu kamar dan satu jendela di setiap lantainya.

Selain bentuknya yang tak biasa, terdapat tulisan angka 13 di bagian dindingnya yang cukup menarik perhatian. Ternyata angka 13 merupakan angka favorit Jusuf dan memiliki makna mendalam baginya, yakni merupakan tanggal pernikahan. Selain itu bangunan ini dibangun pada tanggal 13 Februari 2015.

Baca Juga: Easy Eats Kitchen, Resto dengan Sajian Kekinian Tanpa Meja dan Kursi

3. Keseluruhan Berwarna Putih

Unik! Ada Rumah Berbentuk Sepatu di Medan, Terinspirasi dari IndiaDok peribadi

Rumah sepatu memiliki warna putih di seluruh bangunannya. Ternyata pemilihan warna ini memiliki arti, yakni warna putih dipercaya Jusuf dapat membuat kesan besar pada bangunan yang tampak kecil dari luar ini. Selain itu warna putih juga merupakan warna kesukaan Jusuf.

4. Biaya membangunnya Rp1 miliar, Jusuf sempat kehabisan uang

Unik! Ada Rumah Berbentuk Sepatu di Medan, Terinspirasi dari IndiaDok pribadi

Dengan kesulitan pembangunannya, rumah ini baru rampung setelah 6 bulan pengerjaan.  Pembangunannya ternyata tidak selalu berjalan mulus, sebab Jusuf sempat kehabisan dana dan harus kembali ke Belanda untuk mengumpulkan dananya.

Dana yang dibutuhkan untuk membangun rumah ini secara bertahap disebut mencapai Rp 1 miliar.

5. Bernazar tak akan mencukur janggut

Unik! Ada Rumah Berbentuk Sepatu di Medan, Terinspirasi dari IndiaDok pribadi

Jusuf memiliki nazar tak akan mencukur janggut sampai pengerjaan rumah sepatu ini selesai. Sehingga Jusuf sampai memiliki janggut yang panjang, karena sedang menepati nazarnya. Orang yang melihat tak menyangka penampilan Jusuf dengan janggut panjangnya.

Baca Juga: 5 Sepatu Slip On Pria dari Brand Lokal, Gak Kalah Keren!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya