Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Organisasi Kampus

Ada juga yang dapat jodoh saat masuk organisasi kampus

Mungkin saat ini kamu sedang bingung memikirkan apa manfaatnya ikut organisasi di kampus semasa kuliah. Lebih banyak dampak negatif atau positifnya?

Organisasi merupakan salah satu wadah untuk mencari hal-hal baru yang mungkin belum pernah kamu dapatkan di kehidupan sekitarmu. Bagi kamu mahasiswa baru, mengikuti sebuah organisasi atau ormawa merupakan salah satu cara agar kamu bisa lebih aktif selama menjalani statusmu sebagai mahasiswa.

Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa ikut dalam organisasi mahasiswa merupakan hal yang membuang-buang waktu. Padatnya kegiatan organisasi kerap kali dianggap sebagian orang sebagai hal yang tidak berguna. Mulai dari kegiatan pemilihan anggota, kegiatan penerimaan, hingga kegiatan-kegiatan yang lain membuat beberapa mahasiswa yang tergabung dalam organisasi menjadi lebih sibuk dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan apapun atau kuliah langsung pulang.

Organisasi mahasiswa merupakan organisasi yang beranggotakan mahasiswa untuk mewadahi bakat, minat, dan potensi yang dilaksanakan di luar jam kuliah. Di sini kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat untuk masa depanmu. Lalu apa saja manfaat organisasi bagi mahasiswa? Berikut 5 alasan mengapa kamu harus ikut organisasi mahasiswa.

 

1. Menambah Relasi

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Organisasi Kampuspexel.com/Fauxels

Menambah relasi merupakan hal yang penting bagi kehidupanmu. Dengan bergabung dengan organisasi mahasiswa, tentunya kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang belum pernah kamu kenal sebelumnya. Hal ini pastinya akan sangat bermanfaat. Contohnya kamu bisa berkenalan dengan anak kelas lain maupun kakak tingkatmu yang kemungkinan akan kamu butuhkan ketika kamu mengalami kesulitan.

Selain itu, relasi juga bisa kamu rasakan manfaatnya ketika kamu akan mencari kerja. Ya, tepat sekali. Orang-orang tersebut bisa saja menjadi "orang dalam" yang akan mempermudah kamu dalam melamar pekerjaan. Ketika kamu mengenal salah satu orang di perusahaan yang kamu lamar, kamu akan lebih mudah untuk diterima. Jadi manfaatkan waktu kuliahmu untuk mendapatkan relasi sebanyak-banyaknya.

2. Melatih Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Organisasi Kampuspexel.com/Andrea Piacquadio

Organisasi dapat kamu manfaatkan sebagai wadah untuk latihan sebelum terjun ke dunia kerja. Salah satu cara agar kamu bisa lebih unggul dibandingkan pesaingmu yaitu dengan mengikuti organisasi. Dengan riwayat organisasi perusahaan akan lebih memprioritaskan kamu karena dianggap bahwa kamu mempunyai daya pikir dan komunikasi yang bagus, dapat memahami orang lain, serta mampu bekerja secara tim. 

Ketika kamu mengikuti organisasi di kampus, kamu akan terbiasa dengan orang-orang sekitarmu. Dan ketika kamu melakukan kesalahan, kamu sudah tahu konsekuensi apa yang akan kamu dapatkan, dari hal inilah mental kamu telah terlatih. Mungkin ketika di organisasi kampus kamu hanya akan mendapat teguran dan diminta untuk merevisi pekerjaanmu.

Namun jika kamu sudah memasuki dunia kerja, ketika kamu melakukan kesalahan maka kamu akan cepat tanggap. Dan dari hal itulah yang membuat perusahaan akan lebih memprioritaskan kamu.

 

Baca Juga: 10 Cerita Lucu Mahasiswa di Tempat Parkir Kampus, Lupa Berujung Malu

3. Meningkatkan skill

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Organisasi Kampuspexel.com/Marek Levak

Manfaat organisasi bagi mahasiswa yang selanjutnya yaitu bisa meningkatkan skill. Salah satu skill yang akan kamu dapatkan setelah mengikuti organisasi mahasiswa yaitu meningkatkan jiwa kepemimpinan. Dalam organisasi tentunya terdapat struktur organisasi. Pastinya dalam struktur organisasi terdapat ketua. Namun dalam sebuah organisasi, semua anggota harus mempunyai jiwa kepemimpinan. 

Dalam organisasi juga banyak diadakan pelatihan terkait kepemimpinan agar semua anggota bisa bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya. Setiap selesai kegiatan biasanya diadakan evaluasi dan pengembangan yang dapat meningkatkan jiwa kepemimpinan anggotanya.

4. Menjadi Lebih Percaya diri

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Organisasi Kampuspexel.com/Jopwell

Organisasi tak akan pernah lepas dari rapat. Ibaratnya, rapat merupakan makanan sehari-hari bagi anggota organisasi. Dalam sebuah rapat kamu akan diminta untuk mempresentasikan kinerjamu dan diminta untuk berdiskusi, memberi kritik, dan berpendapat.

Semua hal tersebut secara tidak langsung akan melatih kemampuan komunikasimu. Dengan itu, kamu akan terbiasa untuk berbicara di depan banyak orang dan akan membuat kamu lebih percaya diri. Kepercayaan diri ini akan memudahkan kamu untuk beradaptasi ketika nanti mulai memasuki dunia kerja.

5. Pasangan yang sefrekuensi

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Organisasi Kampuspexel.com/Tan Danh

Dengan bertemunya dengan banyak orang baru, tentunya akan membuat kamu semakin banyak teman. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi yang kamu ikuti, kamu akan semakin sering bertemu dengan teman satu organisasimu. Banyaknya intensitas pertemuan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan menyukai salah satu dari mereka.

Karena sering bertemu, maka kamu akan semakin tahu mengenai dia. Kegiatan kalian juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk PDKT. Disela-sela kegiatan kamu bisa gunakan kesempatan itu untuk "modus" seperti mengajaknya ngobrol, makan, atau mengantar dia pulang. Dari hal tersebut kamu akan semakin merasa cocok dan sefrekuensi dengannya.

Jika kamu mempunyai pasangan yang sama-sama ikut organisasi, kamu tidak perlu pusing untuk mengatur pertemuan kalian. Kamu dan pasanganmu justru akan semakin sering bertemu di kampus maupun luar kampus. Selain itu, kamu juga tidak akan tertekan karena kamu dan pasanganmu sama-sama tahu kesibukan yang kalian jalani. Berbeda jika kamu mempunyai pasangan yang tidak mengikuti organisasi, kebanyakan pasangan akan mudah untuk bertengkar karena masalah waktu dan intensitas bertemu.

Baca Juga: 5 Manfaat Bersepeda saat ke Kampus, Lebih Sehat!

Nur Hanifah Photo Community Writer Nur Hanifah

tetap hidup meski hidupmu tak berguna

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya