Comscore Tracker

Ternyata Ini yang Terjadi pada Otakmu saat Tiba-tiba Ketemu Mantan

Ada penjelasan ilmiahnya Lho

Saat kamu sedang jalan-jalan atau hang out tiba-tiba ketemu mantan pacar, pasti bertingkah aneh. 

Reaksi pada masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang salah tingkah, jantung berdegup kencang dan saking tidak nyamannya, bahkan ada yang sengaja menghindar dan tidak mau menyapa sang mantan.

Kalau kamu mengira perasaan yang bermuara pada hatimu adalah biang keroknya, ternyata hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah lho.

1. Adanya faktor keterkaitan secara neurologis dengan pasangan

Ternyata Ini yang Terjadi pada Otakmu saat Tiba-tiba Ketemu Mantanpexels.com

Para ahli menyatakan, adanya keterkaitan secara neurologis saat kita terlibat hubungan asmara dengan seseorang. Hal ini berbeda dengan keterkaitan antara ibu dan anak. Hormon sepetri vasopressin dan oksitosin adalah kunci yang menciptakan kedekatan dalam suatu hubungan asmara dan memainkan peran yang penting.

Jika seseorang itu adalah orang pertama yang paling berbekas di hatimu, 'jejaknya' akan sulit dihapuskan.

Baca Juga: Trik Mudah Move On dari Mantan dalam 3 Bulan, Berani Coba?

2. Dopamine, si 'pemicu' segala romansa dalam hidupmu

Ternyata Ini yang Terjadi pada Otakmu saat Tiba-tiba Ketemu Mantanpexels.com

Berdasarkan studi di tahun 2010 yang dipublikasikan di The Journal of Neurophysiology, keromantisan cinta yang dialami akan memicu sistem dopamine otak. Dopamine adalah penyebab kita ketagihan mengulang hal-hal yang menyenangkan dan nikmat. Secara alami, otak akan mengumpulkan pengalaman tersebut dan oksitosin lah yang berperan sebagai 'perekat' yang memberikan rasa kedekatan kita dengan pasangan.

3. Inilah yang bikin kita ketagihan untuk terus ngepoin mantan

Ternyata Ini yang Terjadi pada Otakmu saat Tiba-tiba Ketemu Mantanbaapokkaab.in
Saat berhubungan kembali artinya memberikan kesempatan "cinta lama belum kelar" (dan gak bakal kelar). Secara ilmiah, di atas sudah dijelaskan bahwa sistem otak kita turut berperan terhadap perasaan kita saat bertemu lagi dengan mantan. Maka, kecuali kamu dan dia masih sama-sama single, sebaiknya memang hindari untuk kepoin mantanmu, sekalipun itu lewat sosial media.

Psikolog Nancy Kalish dari California State University menyatakan, menjalin hubungan kembali, sesedikitnya dalam pikiran saja, dapat membangkitkan kenangan dalam perasaan maupun dalam otak. Melihat sosok mantanmu, meski hanya lewat foto, akan mengaktifkan kembali jaringan-jaringan dan sandi-sandi yang mengendap dalam otak. 'Sirkuit' otakmu pun seolah kembali menyala dan membara seperti kembang api.

Hmm, jadi gimana, sudah siap ngepoin dan ketemu mantan lagi kalau faktanya seperti ini?

Baca Juga: Galau Soal Mantan? Ini 7 Pengingat Biar Kamu Gak Tergoda Hubungi Dia

Topic:

  • Arifin Al Alamudi
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya