Comscore Tracker

8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal Masyarakat

Dari legenda Putri Hijau hingga Meriam Puntung

Istana Maimun merupakan istana Kesultanan Deli yang ada di Kota Medan, Sumatera Utara. Istana ini dibangun  26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891 pada masa Sultan Ma'moen Al Rasyid. 

Konon, ada sejumlah misteri dalam istana yang dibangun arsitek dari Belanda bergaya Moghul ini. Apa saja? berikut ini ulasannya. 

Istana Maimun sendiri lokasinya di pusat kota Medan. Saat ini hanyak wisatawan mengunjungi istana. Bangunannya masih berdiri kokoh lengkap dengan desain interior unik didalamnya yang masih lestari. 

Selain konstruksinya yang menawan. Kisah d balik istana ini juga menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih bagi penikmat kisah kisah misteri.

Sejumlah misteri seperti legenda putri hijau dan meriam puntung, masih menjadi perbincangan hangat masyarakat. Berikut ulasannya. 

1. Legenda Putri Hijau

8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal MasyarakatIstana Maimun Medan (Dok. Sukagosip.com)

Misteri istana Maimun yang pertama, terdapat suatu kisah legenda Putri Hijau. Konon putri hijau ini begitu cantik dan tubuhnya pancarkan warna hijau. Dia memimpin kerajaan Timur Raya. Putri Hijau punya dua putri dan dinikahi sultan Aceh. Namun saudara putri hijau menolak pinangan sultan.

2. Mambang Khayali

8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal MasyarakatIstana Maimun ramai dikunjungi saat HUT Kemerdekaan Ke-75 RI (IDN Times/Indah Permata Sari)

Misteri Istana Maimun kedua, masih berkaitan dengan Putri hijau. Sultan Aceh yang lamaranya ditolak, marah dan mejyerang kerajaan putri hijau. Lalu, kakak putri hijau bernama Mambang Khayali merubah diri menjadi meriam setelah kerajaanya kalah, lalu menembak membabi buta pasukan Aceh.

Baca Juga: Wisata Edukasi Medan Zoo Favorit Keluarga, Ini Fasilitas dan Tarifnya

3. Mambang Yasid Istana Maimun

8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal MasyarakatSteemkr.com

Setelah menembak membabi buta pasukan aceh dan melihat kekalahan kerajaannya, Mambang Yasid atau Mambang Khayali berubah jadi ular membawa sang kakak (putri hijau) menuju sungai hingga ke selat Malaka. 

Konon, mereka jadi penghuni negeri sekitar selat dibawah laut.

4. Meriam Puntung Istana Maimun

8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal MasyarakatSuasana Istana Maimun pada hari ke-2 Idul Fitri (IDN Times/Indah Permata Sari)

Misteri Istana Maimun lainya yaitu meriam puntung atau meriam buntung, dalam bahasa Karo. Ini adalah jelmaan adik putri hijau. Meriam ini pecah dua lantaran menembak terus menerus, ditemukan di kawasan Surbakti Karo. Sedangkan bagian belaiang meriam terlembar ke labuhan Deli, lalu dibawa ke istana Maimun. 

5. Pecahan Meriam Puntung

8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal MasyarakatIstana Maimun (instagram.com/faizaldeny)

Konon, meriam yang akhirnya ditemukan di kawasan Surbakti dalam kondisi terpecah pecah. Sekaerang pecahan meriam ini disimpan di Istana Deli, di ruangan 6 x 6 tutup 'Uis Dagangen' atau kain putih. 

6. Ritual Memanggil Arwah Meriam Puntung

8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal MasyarakatSuasana bangunan Istana Maimun (IDN Times/Indah Permata Sari)

Konon, penyimpanan pecahan meriam dalam ruangan ini disebabkan karena dahulu pernah terjadi pencurian terhadap pecahan. Pencurinya adalah salah satu dukun sakti di desa tersebut. Menurut pengakuannya, pecahan meriam tersebut dapat digunakan dalam ritual memanggil arwah leluhur.

7. Gulungan Rambut Putri Istana Maimun

8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal MasyarakatIstana Maimun menjadi salah satu objek wisata favorit di Kota Medan. Istana ini merupakan bukti kebesaran Kesultanan Deli (IDN Times/Prayugo Utomo)

Misteri Istana Maimun berikutnya adalah Rambut Putri. Kabarnya masyarakat sekitar punya bukti bahwa putri hijau memang nyata adanya. Hal ini ditunjukan denyan adanya gulungan semacam 'rambut' segenggam. Jika diurai maka akan memanjang, ini dianggap sebagai rambut sang putri hijau. 

8. Kesaktian Meriam Puntung

8 Misteri di Istana Maimun yang Banyak Dikenal Masyarakatpotret kompleks Istana Maimun Medan (sumatratourandtravel.com)

Bermula dari kisah meriam putung yang konon perubahan wujud dari adik putri hijau. Rupanya sampai sekarang meriam ini masih menyimpan misteri. Yaitu bisa pindah dari posisi awal berada. Mulanya ditemukan di subgai Deli dimana pertama kali meriam ini terpental disana.

Nah itulah beberapa informasi mengenai misteri istana Maimun yang sampai saat ini menjadi hal menarik.

Baca Juga: Cerita Rakyat Batak Angkola yang Banyak Dikenal Masyarakat

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya