Comscore Tracker

Resep Dadar Gulung Jasuke, Manis dan Gurih di Setiap Gigitan

Rasanya juara!

Siapa yang tidak tahu dadar gulung? Salah satu makanan tradisional Indonesia dengan rasa yang manis. Dadar gulung original biasanya berisi kelapa yang telah dicampur dengan gula merah. Tak lupa warna hijau dan wangi yang khas berasal dari pewarna daun pandan atau pasta pandan.

Seiring berjalannya waktu, dadar gulung sudah memiliki berbagai jenis isian, salah satunya jasuke atau jagung susu keju. Penasaran seperti apa rasanya? Langsung saja simak resep dadar gulung jasuke di bawah ini!

1. Siapkan bahan-bahan

Resep Dadar Gulung Jasuke, Manis dan Gurih di Setiap Gigitanilustrasi jagung (pixabay.com/ulleo)

Bahan-bahan untuk membuat kulit dadar:

  • 300 ml susu cair⁣⁣ 
  • 175 gr tepung terigu⁣⁣
  • 50 gr gula halus⁣⁣
  • 2 butir telur
  • 1 sdm pasta pandan⁣⁣
  • 1 sdt baking powder⁣⁣
  • 1/4 sdt vanili bubuk⁣⁣

Bahan-bahan untuk membuat isiannya:

  • 3 buah jagung
  • 200 gr keju
  • 250 ml susu cair⁣⁣
  • 30 gr gula⁣⁣
  • 1 sdm custard powder⁣⁣

Baca Juga: Resep Membuat Nasi Goreng Teri Medan, Dijamin Bikin Ketagihan!

2. Buat cream custard

Resep Dadar Gulung Jasuke, Manis dan Gurih di Setiap Gigitanilustrasi cream custard dicampur jagung (youtube.com/MasakTV)

Pertama-tama, kukus biji dari 3 buah jagung sampai matang dan empuk. Anda bisa buat cream custard sembari menunggu jagungnya matang. Siapkan panci, lalu masukkan 250 ml susu cair, 30 gr gula pasir, 1 sdm custard powder, dan 1/4 sdt vanili bubuk, lalu aduk hingga merata. Setelah itu nyalakan kompor dan masak sampai mengental. 

Setelah mengental dan meletup-letup, anda bisa masukkan jagung yang telah dikukus. Matikan kompor, lalu aduk sampai rata. Kemudian sisihkan cream custard hingga tidak panas. Setelah itu, anda bisa masukkan ke dalam kulkas beberapa saat.

3. Buat adonan kulit dadar

Resep Dadar Gulung Jasuke, Manis dan Gurih di Setiap Gigitanilustrasi adonan kulit dadar (youtube.com/MasakTV)

Siapkan wadah, lalu masukkan 50 gr gula halus, 175 gr tepung terigu, dan 1 sdt baking powder. Kemudian aduk hingga tercampur rata. Selanjutnya masukkan lagi 2 butir telur dan 300 ml susu cair. Aduk kembali sampai benar-benar rata dan tidak ada gumpalan. Setelah itu, masukkan 1 sdm pasta pandan untuk menambahkan warna hijau pada kulit dadar.

4. Cetak dan masak adonan kulit dadar

Resep Dadar Gulung Jasuke, Manis dan Gurih di Setiap Gigitanilustrasi kulit dadar (youtube.com/MasakTV)

Untuk mencetaknya, gunakan bagian bawah wajan khusus untuk membuat kulit dadar, lumpia, risol, dan lain-lain. Namun jika tidak ada, pakai teflon anti lengket juga bisa.

Selanjutnya oleskan mentega atau minyak goreng secukupnya. Panaskan wajan atau teflon terlebih dahulu, setelah itu masukkan adonannya. Pastikan kulit dadar berbentuk bulat sempurna dan tidak ada bagian yang bocor. Lakukan berulang kali sampai adonannya habis. Setelah itu, sisihkan hingga dingin. 

5. Masukkan isiannya lalu gulung. Siap disajikan

Resep Dadar Gulung Jasuke, Manis dan Gurih di Setiap Gigitanilustrasi dadar gulung jasuke (youtube.com/MasakTV)

Untuk mulai menggulung, pertama-tama siapkan 1 lembar kulit dadar. Kemudian di bagian atasnya tambahkan campuran custard cream dan jagung, serta parutan keju yang melimpah. Setelah itu, lipat dengan rapi di bagian sisi belakang, kanan, dan kiri, lalu gulung ke depan.

Pastikan isian dari dadar gulungnya benar-benar padat dan tidak longgar. Lakukan hingga semua cream custard dan kulit dadarnya habis. Akhirnya dadar gulung jasuke (jagung susu keju) siap untuk disajikan.

Itulah resep dadar gulung jasuke yang bisa dibuat dengan mudah. Rasa manis dan gurih, serta tekstur yang creamy dijamin bikin ketagihan. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Resep Pizza Teflon Empuk dan Lembut, Gak Pakai Ragi!

EL Photo Community Writer EL

Thanks for coming hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya