Comscore Tracker

Resep Membuat Itak Gurgur, Kue Khas Batak yang Nikmat

Kue ini berbentuk kepalan tangan

Itak Gurgur adalah salah satu makanan khas yang berasal dari Sumatera Utara. Makanan dari tanah Batak ini memiliki rasa original menggunakan gula aren. Cara membuatnya sederhana. Berikut IDN Times merangkup resep Itak Gurgur dan tips membuatnya. 

1. Itak gurgur original terbuat dari tepung beras

Resep Membuat Itak Gurgur, Kue Khas Batak yang NikmatItak Poul-poul (Kemdikbud.go.id)

Itak Gurgur terbuat dari tepung beras, daun pandan, gula aren, gula pasir, dan lainnya. Bercita rasa manis dengan aroma wangi daun pandan yang khas. Kue ini berisikan gula aren yang akan lumer saat digigit. Rasanya juga gurih dan nikmat. 

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Batak ini Wajib Kamu Coba, Enaknya Bukan Main!

2. Kue ini berbentuk kepalan tangan

Resep Membuat Itak Gurgur, Kue Khas Batak yang NikmatInstagram.com/frankienapitupulu

Kue ini berbentuk sederhana seperti kepalan tangan manusia. Cara membuatnya gampang-gampang susah, sebab jika ada kesalahan dalam pengolahannya, itak gurgur tidak akan beraroma khas bahkan tak punya rasa.

Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mencampurkan tepung beras dengan kelapa parut dan gula aren atau gula pasir. Untuk menghasilkan rasa lebih gurih, tambahkan sedikit garam sesuai selera ya.

3. Itak Gurgur Gula Pasir

Resep Membuat Itak Gurgur, Kue Khas Batak yang Nikmatilustrasi itak pohul-pohul (Instagram.com/victoriasatchy)

Bagi kamu yang suka dengan Itak Gurgur tapi tidak suka dengan gula aren, bahannya bisa dengan gula pasir. Rasanya tidak jauh berbeda dengan Itak Gurgur original, varian rasa dari kue batak dengan gula pasir ini memiliki rasa manis tapi tak semanis menggunakan gula aren. 

Itak Gurgur dapat dijumpai di warung-warung makan di daerah Batak, Sumatra Utara atau di warung lainnya. Cobalah dan rasakan enaknya kue khas Batak ini. 

Baca Juga: Mengenal Dalihan Na Tolu, Filosofi Kebudayaan Masyarakat Batak

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya