Comscore Tracker

Filosofi Kopi Ride Hadir di Medan, Ini Menu Andalannya

Saat ini tersedia biji kopi dari Jabar, Flores, dan Gayo

Medan, IDN Times –Tahun 2015 film Filosofi Kopi tayang perdana. Dampak filmnya luar biasa. Tidak hanya jalan ceritanya yang menarik, ternyata film ini menginspirasi banyak orang untuk mencintai kopi dan berbisnis kedai kopi.

Hingga 2020, Kedai Filosofi Kopi sudah memiliki 5 cabang di seluruh Indonesia dan mulai hari ini, 17 Februari 2021 cabang keenam resmi di-launching di Kota Medan dengan nama Filosofi Kopi Rider Medan. 

Jody Bany, COO PT. Filosofi Kopi Mandiri menjelaskan, ini merupakan Filosofi Kopi Rider kedua di Indonesia, setelah yang pertama dibuka di Cilandak, Jakarta.

"Kita memilih nama Filosofi Kopi Ride karena menyesuaikan dengan kondisi Kota Medan dan situasi pandemik saat ini. Rider ini terinspirasi dari pengalaman jalan
dengan konsep combi yang mencoba untuk menggapai banyak tempat dengan cara
berpindah-pindah," ujarnya pada launching di Jalan Samanhudi No 7 Medan, Rabu (17/2/2021).

Perbedaan Rider dan Flagship, menurut Jody adalah dalam hal menu yang disajikan. Nah menu apa aja yang jadi andalan di Filosofi Kopi Rider Medan? Yuk simak: 

1. Eeekopi jadi menu andalan Filosofi Kopi

Filosofi Kopi Ride Hadir di Medan, Ini Menu AndalannyaChicco Jerikho saat menghadiri launching Filosofi Kopi Ride Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Chicco Jerikho, Chief Learning & Development Officer PT.Filosofi Kopi Mandiri menjelaskan ada beberapa menu baru yang hadir di Filosofi Kopi Ride Medan seperti variasi terbaru dari series Eeekopi, Eeekopisang, dan Eeekopi Kukis n Krim.

"Eeekopi ini kopi susu spesial dari Filosofi Kopi, ini menu andalan dan favorit kita," ungkapnya.

Selain itu ada juga pilihan menu yang segar seperti Es Teh Joglo, Es NaSaLo dan Es Soda Segar serta menu coffee seperti Es Panlok dan Es Pukat Kopi turut serta memeriahkan daftar menu Filosofi Kopi Ride Medan.

Menurutnya Filosofi Kopi Ride Medan lebih berfokus kepada konsep to-go
namun tetap dapat menerima customer untuk dine-in dengan jumlah yang terbatas.

“Supaya yang nyeduh tenang dan yang minum senang, please kalian yang mau dine in
untuk mematuhi protokol kesehatan yang sudah kita terapkan ya” tambah Chicco.

Filosofi Kopi Ride Medan juga sudah tersedia di ojek online, lho.

Baca Juga: 5 Rumah Makan Padang Ternikmat di Medan, Bikin Ketagihan!

2. Saat ini tersedia biji kopi dari Jawa Barat, Flores, dan Gayo

Filosofi Kopi Ride Hadir di Medan, Ini Menu AndalannyaFilosofi Kopi Ride Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Filosofi Kopi, menurut Jody Bany, sangat menghargai produk kopi petani lokal dari Aceh hingga Papua. Untuk itu, di Filosofi Kopi Ride Medan menyediakan biji kopi yang berasal dari Jawa Barat, Flores dan Gayo.

"Semua kopi Indonesia akan kita hadirkan di sini, termasuk kopi-kopi kebanggaan Sumatera Utara seperti Kopi Lintong, Sipirok, dan Mandailing. Kita selalu beradaptasi,
Kita akan dekati petani-petani lokal, kita akan kaji nanti dari hulu ke hilirnya, karena kita mau semuanya sejahtera dari petani hingga penjual kopinya," jelasnya.

Ia juga membocorkan, ini bukan satu-satunya Filosofi Kopi di Medan. Kedepan, akan dibuka Filosofi Kopi Flagship di Medan.

3. Butuh waktu 7 bulan mempersiapkan Filosofi Kopi Ride Medan

Filosofi Kopi Ride Hadir di Medan, Ini Menu AndalannyaFilosofi Kopi Ride Medan (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Jody mengungkapkan, alasan terbesar Filosofi Kopi membuka kedai di Medan karena Medan merupakan tiga besar penonton terbanyak film Filosofi Kopi setelah Jakarta dan Jogja. Artinya Medan punya market yang bagus.

"Kita pernah buka polling, Banyak yang minta Filkop buka di Medan, itu salah satu alasannya," jelasnya.

Ricky, Partner Filosofi Kopi di Medan menjelaskan persiapan membuka Filosofi Kopi Rider di Medan membutuhkan waktu sekitar 7 bulan. Kendalanya hanya persoalan waktu untuk berbincang dan menghadirkan Chicco Jerikho dan Rio Dewanto ke Medan saja.

"Awalnya kita rencanakan buka Filkop flagship di Jalan Adam Malik Medan tujuh bulan lalu, tapi akhirnya jadi Ride karena tantangan pandemik, Deal itu bulan 11, selama empat minggu persiapan bener-bener super. Kita harus belajar dari tim Filkop yang gak kalah hebat dari tim franchise-franchise besar. Jadi total persiapan 6 bulan plus bangunnya (kedai kopi) 4 minggu," ungkapnya.

Baca Juga: Bikin Melongo, 10 Harga Outfit Amanda Manopo Syuting Ikatan Cinta

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya