Comscore Tracker

Bisnis Ternak Lebah, Zul Sediakan Madu Lengkap dengan Sarangnya

Madu lengkap dengan sarangnya R200 ribu per pack

Medan, IDN Times - Bagi Zulhadi Lubis (32), ternak lebah untuk menghasilkan madu adalah bisnis yang menjanjikan. Ia meletakkan lebah di kebun kelapa dan aren miliknya. Biasanya, lebah membutuhkan waktu sekitar empat bulan untuk menghasilkan madu. Madu dihargai Rp100 ribu per botol. Ada juga madu lengkap dengan sarangnya Rp200 ribu per pack.

"Bibit yang sudah kita pelihara dan kita kembangkan, lebah lokal," ujarnya saat ditemui IDN Times di SMA Bina Bersaudara. 

Selain bisnis madu, ia juga menyediakan bibit lebah, baju lebah dan perlengkapan bisnis lebah lainnya. Saat ditemui di lokasi penyimpanan madu, Zulhadi menjelaskan jenis madu yang diproduksi dari ternak lebahnya. Berikut penuturannya kepada IDN Times. Yuk simak!

1. Zulhadi: Jadi sebenarnya yang diproduksi lebah dalam satu kotak ini ada madu, propolis, bee pollen dan royal jelly

Bisnis Ternak Lebah, Zul Sediakan Madu Lengkap dengan SarangnyaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Zulhadi mengatakan bahwa madu yang biasanya dipanen adalah madu yang sudah tua.  "Kalau madu yang sudah tua itu, madu yang sudang matang yang sudah ada bersama propolisnya. Jadi sebenarnya yang diproduksi lebah dalam satu kotak ini ada madu, propolis, bee pollen dan royal jelly," kata Zulhadi.

"Manfaatnya juga berbeda-beda. Banyak masyarakat belum bisa membedakan ini semua," ujarnya sambil memperlihatkan kotak lebah.

Baca Juga: Ekspor Sarang Burung Walet Melonjak di Tengah Wabah Corona

2. Adapun jenis madu yang dihasilkan lebah tentu akan berbeda dengan pohon yang dihinggapinya

Bisnis Ternak Lebah, Zul Sediakan Madu Lengkap dengan SarangnyaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Adapun jenis madu yang dihasilkan lebah tentu akan berbeda dengan pohon yang dihinggapinya.

"Madu kaliandra warna kuning rasanya manis. Madu kopi warna hitam agak pahit. Madu rambutan warna merah seperti teh. Kalau madu putih dari pohon pisang," katanya.

"Jadi lebah itu ada ratu yang bisa dipanen sekali 4 tahun. Lebah jantan 4 bulan  dan lebah betina 3 sampai 4 bulan hampir sama dengan jantan," tambah Zulhadi.

3. Untuk pemesanan, madu kaliandra masih menjadi favorit para pelanggan

Bisnis Ternak Lebah, Zul Sediakan Madu Lengkap dengan SarangnyaIDN Times/Masdalena Napitupulu

Untuk pemesanan, madu kaliandra masih menjadi favorit para pelanggan. Alasannya, karena madu kaliandra selalu ready stock. Kata Zulhadi, bunga kaliandra nonstop berbunga tanpa musim. Biasanya, pelanggan yang mengonsumsi madu untuk penyembuhan penyakit.

"Jadi saya mau memasyarakatkan untuk mengonsumsi madu ini untuk kesehatan," pungkasnya.

Baca Juga: Cocok untuk Mahasiswa, Ini Resep Bisnis Salad Buah Rumahan

Topic:

  • Masdalena Napitupulu
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya