Comscore Tracker

Gojek Kumpulkan Dana Rp100 Milyar untuk Bantu Mitra Drivernya

Hampir 200 mitra dapat sembako di Medan

Medan, IDN Times – Seiring dengan semakin meluasnya dampak pandemi COVID-19, maka Gojek berinisiatif untuk ciptakan 12 program.Dalam 12 program ini mencakup 3 area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup para mitra driver Gojek, yaitu penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

Co-CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan telah melakukan upaya untuk menghalau kecemasan para driver. “Mitra driver kami kini menghadapi banyak ketidakpastian, sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan. kita selama masa-masa yang sangat sulit ini,” ucapnya.

1. Sebanyak 25 persen gaji tahunan dari jajaran manajemen senior Gojek untuk bantu Mitra Driver Gojek

Gojek Kumpulkan Dana Rp100 Milyar untuk Bantu Mitra DrivernyaGojek meluncurkan 12 program kesejahteraan mitra driver. (Dok.Gojek)

Sejak tanggal 24 Maret lalu, Gojek telah menggalang dana untuk Bantuan Mitra Gojek dan terkumpul senilai Rp100 Miliar.

Penggalangan dana dilakukan dari jajaran manajemen senior Gojek sebesar 25 persen gaji tahunan mereka, serta pengalihan anggaran kenaikan gaji tahunan karyawan.

“Seluruh inisiatif ini kami rancang sedemikian rupa agar dapat mencakup area-area kritis yang paling berdampak pada para mitra kami di saat masyarakat berjuang melalui krisis saat ini,” tambah Co-CEO Gojek Andre Soelistyo.

Baca Juga: Cek Risiko COVID-19 dari HP, Inovasi Layanan dari Halodoc dan Gojek

2. Dari 12 program yang diciptakan akan terbagi dalam 3 area paling berdampak dalam hidup

Gojek Kumpulkan Dana Rp100 Milyar untuk Bantu Mitra DrivernyaGojek bagi sembako pada driver (IDN Times/ Dok. Istimewa)

Sebanyak 12 program yang di ciptakan oleh pihak Gojek terbagi dalam 3 area yang berdampak pada kehidupan para mitra. Adapun 3 area tersebut yaitu penyediaan layanan kesehatan, ringankan beban biaya harian, dan bantuan pendapatan.

Sementara, untuk program yang terbagi dalam 3 area tersebut secara detailnya, pertama yakni area layanan kesehatan dengan penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver, jaminan asuransi kesehatan bagi mitra driver, dan meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan.

Selanjutnya dalam area ke 2, Gojek lakukan inisiatif untuk ringankan beban biaya harian dalam programnya yaitu, program distribusi paket sembako, program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart, program sembako oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver, dan bantuan pembayaran pinjaman kendaraan.

Untuk area ke 3, Gojek lakukan Bantuan pendapatan dengan programnya Fitur pada produk untuk mendukung peningkatan penghasilan driver, Program bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang sudah berjalan saat ini, Perluasan cakupan bantuan pendapatan didukung oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, dan Partisipasi dalam program bantuan pendapatan.

3. Program tersebut diharapkan bisa menggerakan hati para pebisnis untuk berpartisipasi

Gojek Kumpulkan Dana Rp100 Milyar untuk Bantu Mitra DrivernyaGojek bagi paket kesehatan pada driver (IDN Times/ Dok. Istimewa)

Komisaris Utama Gojek Garibaldi Thohir menyatakan, Gojek berada di garda paling depan dalam mendukung para driver online agar mereka bisa terus menafkahi keluarganya di masa sulit ini.

Dirinya berharap langkah tersebut dapat diikuti oleh perusahaan-perusahaan Indonesia lainnya, sekaligus juga bisa menggerakkan hati para pebisnis dan pemangku kepentingan lainnya untuk berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa.

“Agar bisa lebih banyak menolong jutaan pekerja sektor informal lainnya yang terkena dampak pandemi,” tuturnya.

Selain itu, dalam kegiatan Gojek dis etiap daerah dengan pembagian sembako juga dilakukan bagi para mitra driver berusia di atas 60 tahun di kota-kota utama termasuk Medan, Padang dan Pekanbaru. Untuk saat ini di Kota Medan, hampir 200 mitra mendapatkan bantuan sembako.

Baca Juga: Gojek Sanitasi Kendaraan dan Bagikan Ribuan Antiseptik di Medan

Topic:

  • Indah Permatasari Lubis
  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya