Comscore Tracker

Giling Perdana, PGKM Targetkan Produksi Gula 26 Ribu Ton

Ungkapkan rasa syukur kepada tuhan

Binjai, IDN Times - Memasuki awal tahun 2021, Pabrik Gula Keala Madu (PGKM) melakukan penggilingan perdana. Di bawah komando PT Perkebunan Nusantara (PTPN II), perusahaan penggilingan ini pun terus melakukan terobosan dan diharapkan dapat mencapai target produksi 26 ribu ton gula.

Direktur PT Perkebunan Nusantara II, Irwan Perangin-angin bersukur dengan capaian tersebut.

"Puji syukur kepada Tuhan YME atas capaian panen di atas lahan yang telah dibersihkan pada sejumlah titik, beberapa waktu lalu. Semua ini tak terlepas dari peran Serikat Pekerja Perkebunan yang militan menjaga aset negara untuk mendongkrak ekonomi bangsa," kata Irwan.

"Alhamdulillah, waktu yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba untuk melakukan tebang perdana di seluruh kebun tanaman tebu yang kemudian dilanjutkan dengan penggilingan," timpal Irwan.

1. Manfaatkan teknologi, terus tingkatkan produksi gula

Giling Perdana, PGKM Targetkan Produksi Gula 26 Ribu TonFoto bersama direksi PTPN II (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Kepada Menejer PGKM, dia meminta untuk melakukan kolaborasi dan kerjasama yang apik, demi meningkatkan hasil produksi gula. Di era kemajuan teknologi, Direktur meminta agar menejer kebun dan pabrik kelapa sawit, dapat memanfaatkan teknologi telepon genggam jenis androidnya untuk bekerja di lapangan maupun pabrik.

"Yang dituntut bukan produktivitas, tapi berapa banyak gula kristal putih yang dihasilkan pada giling 2021. PTPN II harus menjadi terdepan dalam jajaran PTPN grup," seru dia didampingi Humas PTPN II, Sutan Panjaitan dan Kepala Bagian Sekretariat, Kenedy Sibarani.

Dia menilai, hasil tanam tanan tebu lebih baik tahun ini. Karenanya, dia mengapresiasi kerja keras teman-teman menejer yang sudah memperhatikan mutu dan kualitas hasil tanaman. "Jangan sampai 24 jam tebu menginap setelah dipanen," kata dia.

Baca Juga: Modal Nol Rupiah, 6 Bisnis Ini Untungnya Gede Banget

2. Iklim masih menjadi hambatan dalam tebang dan giling

Giling Perdana, PGKM Targetkan Produksi Gula 26 Ribu Tonwww.anehtapinyata.net

Irwan kemudian melakukan pelemparan tanaman tebu ke mesin giling. Kemudian diikuti oleh sejumlah pejabat. Usai melakukan pelemparan tebu, jajaran pejabat juga melakukan peninjauan ke dalam PGKM.

"Harapan kita apa yang menjadi target PTPN II dapat tercapai. Saya optimis tercapai melihat teman-teman di lapangan. Tahun ini merupakan tahun keemasan PTPN II," beber dia.

Target dimaksud, PGKM dapat memproduksi gula 65 ton dari setiap hektar lahan yang ditanami tebu di lima perkebunan. Masing-masing, Kebun Kwalamadu, Tandamhilir, Bulucina, Seisemayang dan Helvetia. Kelima kebun ini, kata dia, yang mendistribusikan tanaman tebu untuk digiling ke PGKM.

"Hambatan hanya iklim. Namun Alhamdulillah, kita lihat dari tiga hari tebang, iklim cukup mendukung. Kita harapkan, dapat mempercepat proses tebang dan giling kita nanti pada tahun ini," beber dia.

3. Masyarakat dapat harga kompetitif, PTPN II jual gula di bawah HET

Giling Perdana, PGKM Targetkan Produksi Gula 26 Ribu Ton(ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Irwan menambahkan, PTPN II sudah menjual gula di bawah harga eceran tertinggi ke masyarakat. Tujuannya, agar masyarakat dapat harga kompetitif. Ini dilakukan perusahaan plat merah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya dan Sumut umumnya.

"PTPN II ingin beri kontribusi tidak hanya kepada karyawan saja. Namun juga, kepada masyarakat," tukas dia.

Sementara, PGKM memiliki kapasitas giling sebanyak 3.200 tanaman tebu per harinya. Hasil yang diperoleh, 197 ton gula. PTPN II berharap, hasil terus dapat menunjang rencana kerja yang sudah tertuang dalam komitmen bersama. Karenanya, PTPN II mohon dukungan doa dari semua pihak agar hasil produksi gula tercapai target sesuai yang diinginkan.

Baca Juga: Pengusaha Sebut Stok Gula Rafininasi Hanya Cukup sampai Januari 2021

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya