Comscore Tracker

Sering Gak Safety Riding, 5 Tips Berkendara untuk Wanita

Selalu utamakan keselamatan dong!

Medan, IDN Times - Tuntutan mobilitas di era modern membuat semua orang harus lebih mandiri. Begitu juga dengan wanita, yang saat ini banyak yang memilih mengendarai sepeda motor sebagai teman beraktivitas. Tidak hanya sebagai solusi armada yang praktis, efisien dan juga ekonomis, namun juga terbukti efektif untuk menghindari kemacetan di jalan raya.

Namun sayangnya, wanita juga jauh lebih rentan mengalami kecelakaan lalu lintas. Dimana hal tersebut terjadi karena minimnya pengetahuan mereka akan prosedur keselamatan berkendara (safety riding). Padahal, tata cara berkendara yang benar dan aman sangat mempengaruhi keamanan mereka dalam berkendara.

Berangkat dari komitmen terhadap kampanye keselamatan berkendara, PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengajak para wanita untuk membekali diri dengan sejumlah pengetahuan terkait berkendara yang aman. Selain harus memiliki pengetahuan teknik dasar berkendara seperti teknik pengereman, teknik menikung dan keseimbangan, ada sejumlah tips yang dapat dilakukan agar keselamatan mereka dapat terjaga. Yuk simak!

1. Gunakan perlengkapan berkendara

Sering Gak Safety Riding, 5 Tips Berkendara untuk WanitaFacebook

Menggunakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, dan masker saat ini tidak hanya akan memberikan keamanan dan kenyamanan wanita dalam berkendara, namun juga akan mendukung kesehatan dan penampilan menjadi lebih menarik. Karenanya menjadikan penggunaan helm dan jaket sebagai gaya hidup sangat dianjurkan Honda.

Baca Juga: Meski Pandemik, Ini 3 Motor Baru yang Diluncurkan Honda

2. Kenakan pakaian yang nyaman

Sering Gak Safety Riding, 5 Tips Berkendara untuk WanitaIlustrasi safety riding para bikers Honda (Dok. IDN Times)

Pakaian yang nyaman saat berkendara sangat berpengaruh saat wanita berkendara dengan motor. Menggunakan rok saat mengendarai sepeda motor sangat tidak dianjurkan, terlebih jika rok yang digunakan adalah rok ketat yang dapat mempengaruhi batas gerak kaki saat berada di jalur lambat atau kondisi yang berhenti mendadak. Akan lebih baik jika menggunakan celana panjang agar gerak kali lebih leluasa.

3. Sepatu yang tepat

Sering Gak Safety Riding, 5 Tips Berkendara untuk WanitaEdukasi safety riding online bertajuk “Ngoprek” dari Honda (Dok. IDN Times)

Mengenakan sepatu hak tinggi tentunya memberikan kesan tersendiri bagi wanita. Namun sayangnya, penggunaan sepatu hak tinggi sebenarnya tidak diperbolehkan dalam mengendarai sepeda motor. Penggunaan sepatu hak tinggi saat mengendarai sepeda motor akan mengganggu keseimbangan tubuh saat membawa motor.

Sebaiknya, gunakan sepatu sport atau sepatu yang memiliki sedikit tumit, untuk memastikan dudukan yang set pada bar step, selain memudahkan operasional pada pergantian gigi porsneling, sekaligus mengurangi resiko selip pada kondisi basah atau hujan.

4. Tas yang simple

Sering Gak Safety Riding, 5 Tips Berkendara untuk WanitaGoogle

Dalam berkendara sepeda motor sebaiknya wanita menggunakan tas yang mudah dibawa. Hal ini dikarenakan menggunakan tas yang ribet akan menyulitkan dalam berkendara. Jangan sampai konsentrasi berkendara terpecah hanya karena sibuk mengurus posisi tas kurang nyaman.

5. Jangan berlebihan menggunakan perhiasan

Sering Gak Safety Riding, 5 Tips Berkendara untuk WanitaEdukasi safety riding pada pelajar SMP di Indako Safety Riding Center Medan (Dok. IDN Times)

Nasihat kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelaku tetapi karena ada kesempatan mungkin ada benarnya.Penggunaan perhiasan untuk wanita memang tidak dilarang, hanya saja penggunaan perhiasan yang berlebihan saat berkendara sangat tidak dianjurkan.

Ismed Risya, Tim Safety Riding PT Indako Trading Coy mengungkapkan pihaknya berharap sejumlah tips tersebut dapat diterapkan wanita ketika berkendara, karena menurutnya apapun dapat terjadi di jalan raya. Dengan Semangat Satu Hati, pihaknya selalu berupaya menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengutamakan #cari_aman saat berkendara, seperti halnya wanita yang memiliki peran berharga dalam hidup.

Baca Juga: Dibanderol Rp77 Juta, Ini Potret Motor Honda CBR250RR SP Edisi Spesial

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya