Comscore Tracker

Ini Penyebab Knalpot Motor Kamu Sering Nembak

Kenali masalah knalpot pada sepeda motor kesayanganmu

Berkendara aman di jalan harus didukung kondisi motor yang prima. Mendapati ada banyak permasalahan yang kerap kali terjadi pada kendaraan bermotor, maka sangat dibutuhkan perhatian para pengguna roda dua untuk lebih aware melakukan perawatan motor kesayangannya, salah satunya masalah knalpot nembak ketika gas dilepas.

Beberapa penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas ini perlu diketahui dan dipahami agar kondisi tersebut bisa segera diatasi.

Karena jika knalpot mengeluarkan suara seperti tembakan ketika gas dilepas tentunya suara tersebu, tentunya akan mengganggu tidak hanya pengendara itu sendiri, namun juga pengendara lainnya.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, knalpot merupakan komponen pada kendaraan yang digunakan sebagai saluran pembuangan dari hasil pembakaran.

Namun dikarenakan kurangnya perhatian pada kondisi knalpot motor kesayangannya, maka terkadang dapat terjadi masalah kenalpot nembak saat lepas gas.

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan knalpot nembak saat gas motor dilepas. Yuk simak:

 

1. Lupa untuk menutup Choke

Ini Penyebab Knalpot Motor Kamu Sering NembakIlustrasi choke valve (youtube.com/Sekolah Online teknik Otomotif)

Pertama, terkadang pengendara lupa untuk menutup Choke, meskipun hal tersebut sangat mudah dilakukan, namun nyatanya sering sekali dilewatkan. Karena jika tidak menutup choke, maka knalpotnya akan berbunyi seperti terkena ledakan.

Hal ini juga akan menyebabkan munculnya aliran deras dari bahan bakar sehingga menyebabkan keborosan.

 

2. Knalpot mengalami kebocoran

Ini Penyebab Knalpot Motor Kamu Sering Nembakilustrasi knalpot sepeda motor (Dok. IDN Times)

Kedua, knalpot yang mengalami kebocoran juga dapat menyebabkan masalah knalpot nembak, dimana komponen yang mengalami kebocoran itu berasal dari knalpot itu sendiri.

Cara mengetahui masalah tersebut juga tidak sulit, hanya dengan mendengar suara kendaraan mengalami kebisingan atau tidak.

3. Ada masalah pada bagian saluran mesin

Ini Penyebab Knalpot Motor Kamu Sering NembakHonda PCX160 (Dok. IDN Times)

Ketiga, penyebab lain mengapa knalpot nembak adalah karena terjadinya masalah pada bagian saluran mesin. Dimana biasanya hal ini terjadi pada bagian selang udara, jika normal maka tidak akan memunculkan suara berisik.

Ada bagian lain yang juga harus dirawat kondisinya yaitu karburator agar performanya tetap baik dan tidak mengganggu kinerja dari komponen yang lainnya.

4. Kondisi busi tidak baik

Ini Penyebab Knalpot Motor Kamu Sering Nembakbrothermotor.com

Keempat, kondisi busi yang tidak baik juga dapat mengakibatkan knalpot nembak saat gasnya dilepas. Jika busi mengalami kerusakan, maka kinerjanya tidak akan maksimal, dan proses pengapian pada motor juga akan mengalami kendala.

5. Banyak campuran pada bahan bakar

Ini Penyebab Knalpot Motor Kamu Sering NembakIlustrasi pengisian BBM di SPBU. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Kelima, penyebab knalpot motor nembak saat lepas gas yang berikutnya adalah adanya banyak campuran pada bahan bakar. Biasanya jumlah udara lebih banyak dibandingkan dengan bahan bakar.

Erwin Chandra menambahkan, bahwa mengecek kondisi knalpot, mengecek bagian busi dan mengganti filter udara menjadi beberapa cara untuk mengatasi masalah knalpot nembak. Namun hal tersebut tentunya akan lebih baik jika dengan cara yang tepat dan dengan ahlinya. Oleh karena itu, langsung saja meluncur ke bengkel resmi Honda, AHASS untuk hasil servis yang lebih maksimal.

Topic:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya