Comscore Tracker

Mengenal Kode Persneling Mobil Bertransmisi Matic

Jangan sampai salah ya!

Untuk membeli mobil selain jenisnya, kamu juga bisa punya dua pilihan. Mau mobil manual atau mobil matic. Ada juga sih yang bisa keduanya atau disebut triptonic.

Nah, bicara soal mobil matic, meskipun otomatis tapi kamu tetap harus menentukan persnelingnya. Berbeda dengan mobil manual yang memakai sistem kopling dan perseling 1 sampai 5, di mobil matic kamu akan disuguhi huruf-huruf. 

Nah, jika kamu baru belajar mobil matic, berikut kode persneling mobil matic dan artinya dilansir dari laman resmi Suzuki.

1. Kode huruf P

Mengenal Kode Persneling Mobil Bertransmisi MaticPixabay/RJA1988

Huruf P pada persneling matic artinya adalah Parking atau parkir. P biasa digunakan untuk mobil yang diparkir sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak akan bergerak. Kamu harus berhati-hati dan perhatikan betul sudah dalam keadaan P saat mobil berhenti atau parkir.

2. Kode huruf R

Mengenal Kode Persneling Mobil Bertransmisi Maticrac.co.uk

Kode R tidak hanya  ada di mobil manual. Tapi ada juga di mobil matic. Ya, artinya Reverse atau gigi mundur. Berfungsi saat kamu ingin memundurkan mobil ke belakang. Biasanya digunakan saat akan mengeluarkan mobil dari rumah atau akan parkir di sebuah tempat.

3. Kode huruf N

Mengenal Kode Persneling Mobil Bertransmisi Maticpixabay.com/tianya1223

Nah, huruf N juga biasa kamu temui di mobil manual. N artinya Neutral alias netral. Saat menghidupkan mobil biasanya kamu akan menetralkan mesin. Ini juga penting diperhatikan. Jangan sampai saat menghidupkan mobil, tidak dalam posisi huruf N.

Baca Juga: Mobil-mobil Ini Bersaing Ketat, Siapa Juaranya?  

4. Huruf D

Mengenal Kode Persneling Mobil Bertransmisi MaticPixabay/delphinmedia

Huruf D adalah singkatan dari Drive atau jalan. Umumnya, mobil matik melaju dengan posisi transmisi D untuk berkendara maju. Dengan transmisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi akan diatur secara otomatis. Pengendara hanya tinggal menginjak gas dan rem.

5. Kode angka 2

Mengenal Kode Persneling Mobil Bertransmisi MaticPerseneling mobil matic (Dok.IDN Times/istimewa)

Ternyata tidak hanya huruf yang ada di mobil matic. Tapi juga angka 2. Ini diartikan kamu bisa menahan gigi tertinggi di gigi 2.

Biasanya dipakai saat menanjak atau menurun. Jika kamu menanjak dengan huruf D akan terasa lebih berat.

6. Kode huruf L

Mengenal Kode Persneling Mobil Bertransmisi MaticPersneling mobil matic (suzuki)

Sementara untuk L artinya menahan gigi tertinggi di angka 1. Ini juga disarankan saat menanjak sehingga lebih ringan. 

Selain itu ada juga shift lock. Ini berfungsi agar mobil bisa pindah ke posisi N jika mesin mati sehingga saat parkir bisa didorong oleh tukang parkir.

Baca Juga: Bisa Diajak Ngobrol! 5 Fakta Ridoron, Mobil Kamen Rider Black RX

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya