Comscore Tracker

5 Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak agar Lebih Bermanfaat

Bisa dapatkan cuan juga!

Smartphone yang selama ini kita pegang ternyata bisa menghasilkan banyak sekali manfaat lho!. Dan itu semua tak terlepas dari bagaimana cara kita menggunakannya. Apakah kamu menggunakannya dengan bijak atau malah justru terperdaya olehnya?

Banyak sekali fungsi yang dapat kita gunakan dari alat yang satu ini. Bahkan, sekarang smartphone sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari. Berikut lima cara bijak menggunakan smartphone agar bisa lebih bermanfaat, yuk simak dengan baik!

1. Kamu bisa belajar banyak hal lewat smartphone

5 Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak agar Lebih Bermanfaatbelajar lewat Smartphone (pexels.com/Yan Krukau)

Hari ini mencari ilmu pengetahuan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Berbeda dengan zaman dahulu yang harus melewati sebuah perjalanan yang jauh, membeli buku-buku yang mahal, dan harus bersusah payah demi mendapatkan ilmu pengetahuan.

Banyaknya akses yang tersedia memudahkan kita untuk berselancar di dunia informasi. Dengan sekali klik saja, kita bisa menelusuri berbagai hal yang kita inginkan. Seperti mencari resep makanan, tips kesehatan, fakta-fakta menarik dan lain sebagainya.

Lewat smartphone, kini akses untuk belajar juga sangatlah mudah, kamu bisa belajar di dunia virtual lewat aplikasi seperti Zoom Meeting, Google Meet, YouTube, Instagram, Tik Tok dan lain-lain. Kamu juga bisa membaca berbagai buku lebih mudah lewat e-book yang sudah banyak tersedia di internet secara gratis.

2. Cobalah untuk memanfaatkan fitur kamera pada smartphone

5 Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak agar Lebih Bermanfaatilustrasi memotret alam (pexels.com/Tibor Bolyos)

Bagi kalian yang mempunyai minat dalam bidang fotografi ataupun videografi, kamu bisa memanfaatkan fitur kamera pada smartphone. Fitur kamera yang semakin canggih dan hasil yang bagus dapat mendukungmu dalam menyalurkan kreativitasmu.

Banyak sekali aplikasi yang menyediakan alat untuk membuat desain gambar, edit foto dan video. Saat ini, banyak juga kursus online yang bisa kamu ikuti agar bakatmu bisa semakin berkembang. Apabila kamu sudah mahir dalam bidang tersebut, kamu bisa mendapatkan banyak penghasilan darinya.

Baca Juga: Privasi Aman, Ini 7 Aplikasi Terbaik untuk Mengunci Smartphone

3. Mulailah membuat usaha kecil-kecilan dengan smartphone

5 Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak agar Lebih Bermanfaatilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Saat ini, memulai sebuah usaha bukan hanya dengan membuka kedai saja , berjualan sana-sini,  yang menghabiskan banyak tenaga. Namun, dengan berbagai aplikasi yang tersedia di smartphone, kamu bisa membuat usahamu sendiri dengan mudah dan praktis.

Banyak sekali aplikasi yang menyediakan untuk berjualan secara online, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan masih banyak lainnya. Melalui smartphone, Kamu juga bisa melakukan usaha kecil-kecilan dengan mencoba berjualan Pulsa, Token listrik, Top up e-money dan lain sebagainya.

4. Membuat konten yang bermanfaat bagi orang lain

5 Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak agar Lebih Bermanfaatkonten kreator(pexels.com/Karolina Grabowska)

Dengan bermodalkan smartphone, kamu bisa membuat konten-konten yang bermanfaat bagi orang lain. Gunakanlah smartphone sebagai sarana untuk menebar kebaikan, bukan justru terperdaya dengan asyik bermain game sampai lupa waktu dan dapat mengganggu produktivitasmu.

Kamu bisa menyalurkan kreativitasmu dengan menggunakan smartphone milikmu. Banyak hal yang dapat kamu buat, seperti membuat video edukasi, berbagi tutorial dan lain sebagainya. Bahkan, kamu juga bisa menjadi content writer dan bisa menghasilkan banyak uang.

5. Membaca berita terkini dan informasi penting lainnya

5 Tips Menggunakan Smartphone dengan Bijak agar Lebih Bermanfaatilustrasi membaca berita (pexels.com/Matheus Bertelli)

Dengan kemajuan teknologi yang semakin maju, kini mencari sebuah berita merupakan hal yang sangat mudah. Berbeda dengan zaman dahulu, informasi masih sulit untuk dicari karena masih terbatas pada media seperti majalah, koran, papan iklan dan lain-lain.

Namun, dengan banyaknya informasi yang tersebar luas dan mudah diakses, kita harus lebih berhati-hati dan lebih selektif dalam memilih berita atau informasi tersebut. Pastikanlah informasi itu benar dan berasal dari sumber yang terpercaya.

Jika kita mampu menggunakan smartphone dengan bijak, maka kita akan menemukan sebuah manfaat yang luar biasa darinya. Akan tetapi, kita juga tidak boleh berlebihan dalam menggunakannya. Karena, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, secukupnya saja!

Baca Juga: Trik Bikin Konten Video Pendek Memasak Pakai Smartphone

Faqih Firdaus Photo Community Writer Faqih Firdaus

Ikatlah ilmu dengan tulisan, menulis untuk keabadian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya