Inalum Bantu Rp500 Juta untuk Karate Sumut, Ini 3 Agenda yang Digelar

Kejurda Cadet Junior diikuti 464 karateka

Medan, IDN Times - PT Inalum (Persero) memberikan bantuan senilai Rp500 juta kepada Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) Sumut. Bantuan ini diberikan untuk Kejuaraan Daerah (Kejurda), seleksi nasional dan kejuaraan Piala Panglima untuk 2020 ini.

Agenda pertama adalah Kejurda Cadet Junior yang digelar di GOR Mini Futsal Dispora Sumut, Jalan Willem Iskandar pada 7-8 Maret.

1. Inalum berharap karate dapat pertahankan tradisi medali emas

Inalum Bantu Rp500 Juta untuk Karate Sumut, Ini 3 Agenda yang DigelarPembukaan Kejurda Cadet Junior Forki Sumut (Dok.IDN Times/istimewa)

Sekretaris Perusahaan PT Inalum Mahyaruddin Ende mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan atas prestasi olahraga Sumatera Utara khsusnya olahraga karate.

"Semoga bantuan ini bermanfaat untuk kemajuan dan kelahiran bibit-bibit baru di cabang olahraga karate. Tradisi medali emas yang biasa diraih dalam cabang karate kami harap dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan," kata Ende didampingi Manajer Humas Bambang Heru dan Kepala Kantor Penghubung Inalum Medan, Julian Feisal.

Baca Juga: Menang Adu Penalti, Askab Sergai Rebut Piala Inalum 2020

2. Pertandingkan 36 kelas dan diikuti 464 karateka

Inalum Bantu Rp500 Juta untuk Karate Sumut, Ini 3 Agenda yang Digelarilustrasi atlet Karate saat bertanding. IDN Times/zainul arifin

Kejurda ini dibuka langsung Ketua Umum Pengprov Forki Sumut DR H Rahmat Shah. Ada 36 kelas dan diikuti sebanyak 464 karateka berasal dari Pengcab Forki  kabupaten/kota serta Pengprov Perguruan Karate anggota Forki se-Sumut.

“Hasil dari Kejurda ini akan dipersiapkan menghadapi kejuaraan nasional (Kejurnas) karate memperebutkan Piala Panglima, yang berlangsung bulan Juni 2020 di Jakarta,” kata Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Kejurda Forki Sumut AKP Janpiter Napitupulu.

“Kejurda karate ini diharapkan bisa melahirkan karateka-karateka berprestasi tingkat nasional maupun internasional, seperti selama ini yang telah diperlihatkan para karateka senior sebelumnya,” jelasnya. 

3. Ini jadwal Seleknas dan Piala Panglima

Inalum Bantu Rp500 Juta untuk Karate Sumut, Ini 3 Agenda yang DigelarPelatih karateka Indonesia Donny Dharmawan dapat bonus dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (IDN Times/Hasudungan)

Di samping itu Forki Sumut juga akan menggelar seleksi nasional cadet Junior U-21 yang akan digelar pada 14-15 Maret 2020.

Kemudian Forki Sumut juga akan menggelar Piala Panglima TNI yang akan digelar pada 19-20 Juni 2020.

Kejurda yang sedang digelar ini kata Janpiter Napitupulu, juga sebagai ajang pencarian bibit-bibit karate daerah ini untuk dipersiapkan menghadapi PON XXI 2024, yang mana Sumut-Aceh sebagai tuan rumah.

Sebelumnya, panitia juga telah menggelar penataran/refresing wasit/juri dan akreditasi pelatih yang dilaksanakan 4-5 Maret 2020, di Gedung Serbaguna Sat Brimob Polda Sumut, JL KH Wahid Hasyim Medan.

Baca Juga: Warrior Open Karate Championship Digelar, Pertandingkan 6 Kategori

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya