Raih 32 Emas, Medan Puncaki Klasemen Medali Sementara Porprov Sumut

Klasemen hari keempat

Medan, IDN Times - Kontingen Kota Medan memimpin jauh perolehan medali hingga hari ketiga pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov Sumut) 2019, Selasa (25/6). Berada di puncak klasemen sementara tabel perolehan medali, Medan mengumpulkan 32 medali emas, 20 perak, dan 22 perunggu. Total sudah terkumpul 74 medali.

Medan pun terbilang superior karena posisi kedua yang ditempati Kabupaten Karo memiliki perolehan medali cukup jauh. Karo masih mengoleksi 16 medali emas, 9 perak, dan 9 perunggu. Totalnya 34 medali.

Posisi ketiga menjadi milik Kota Binjai (6 emas, 4 perak, dan 10 perunggu), diikuti Kabupaten Deli Serdang (5 emas, 11 perak, dan 18 perunggu), lalu Kabupaten Langkat (4 emas, 5 perak, dan 7 perunggu) untuk posisi lima besar.

Posisi enam diisi Kota Tebing Tinggi (4 emas, 4 perak, dan 4 perunggu), selanjutnya Kabupaten Sergai (2 emas, 1 perak, dan 8 perunggu), Asahan (1 emas, 2 perak, dan 5 perunggu), Dairi (1 emas, 2 perak, dan 5 perunggu), dan posisi ke-10 ditempati Labuhan Batu (1 emas, 2 perak, dan 2 perunggu).

Baca Juga: Medan Kawinkan Emas Bulutangkis Beregu Porprov Sumut

1. Gulat Medan tambah 3 emas

Raih 32 Emas, Medan Puncaki Klasemen Medali Sementara Porprov SumutIDN Times/Hasudungan

Medan sukses merebut tiga medali emas pada pelaksanaan pertandingan Cabor gulat hari ketiga yang berlangsung di gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Selasa (25/6). Masing-masing medali emas tersebut sumbangkan pegulat Andre Tampubolon yang turun di kelas 79 bebas putra setelah mengalahkan atlet Langkat, Putra Tua.

Kemudian Siti Aminah Matondang yang turun di kelas 59 kg bebas Putri juga sukses merebut emas setelah menang melawan Restatuhu Sitepu dari tanjungbalai. Terakhir Belinda Manalu di kelas 62 kg bebas Putri juga meraih medali emas setelah mengalahkan atlet Karo Vikha Ginting.

Sementara itu, tiga medali emas lainnya masing-masing diraih oleh Muqsit Redha (Langkat), Armana Barus (Karo), dan Musa Dayanus (Deli Serdang).

2. Medan dan Karo Tambah 3 emas dari taekwondo

Raih 32 Emas, Medan Puncaki Klasemen Medali Sementara Porprov SumutDok.IDN Times/istimewa

Cabor taekwondo baru memasuki hari kedua pelaksanaan pada Porprov Sumut 2019. Bertanding di GOR Cemara Asri, kontingen Medan dan Karo kembali bersaing setelah meraih masing-masing 3 medali emas. Sementara Kota Binjai mengikuti usai mendulang 2 medali emas.

Emas yang diraih Medan disumbangkan Elius Emanuel (-58 Kg putra), Sheila Bela Ibrahim (-53 Kg putri), dan Oppie Danena Ginting (-73 Kg putri). Sedangkan emas untuk Karo diraih Arizal Fadly (-80 Kg putra), Syafrida Yuliana br Ginting (-53 Kg putri), dan Dwifia Fitriela Tanjung (-62 Kg putri). Emas kontingen Binjai diraih Muhammad Iqbal (-87 Kg putra) dan Marco Abednego Panggabean (-87 Kg putra).

3. Pebiliar Medan mendominasi

Raih 32 Emas, Medan Puncaki Klasemen Medali Sementara Porprov SumutDok.IDN Times/istimewa

Kontingen Medan memimpin perolehan medali sementara dari cabor biliar Porprovsu 2019.Hingga hari ketiga pertandingan cabor biliar, Selasa (25/6), Medan telah mengemas 5 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu. Sementara di urutan kedua Langkat dengan 2 emas, 2 perunggu, disusul Dairi 1 emas.

Tambahan 3 medali emas Medan diraih pada pertandingan, Selasa (25/6) dari nomor bola 9 single putri melalui Lionnie Amanda Wattimena.Medali perak dari nomor ini diraih rekannya sesama pebiliar Medan Rini Astuti Nasution.Sedangkan medali perunggu diraih Agnes Theresia (Medan) dan Thesya Saragih (Deli Serdang).

Selanjutnya Medan berhasil meraih emas dari nomor double bola 15 melalui pasangan M Fadly dan Jefry Zen.Perak diraih pasangan Benny dan Syatriawan (Labuhan Batu).Sementara perunggu pasangan Alfin Chaniago /Ali (Tebing Tinggi) dan M Fadly Chaniago/Oliver Panggabean (Langkat).

Kemudian medali emas ketiga Medan diraih dari nomor snooker melalui Chandra Wijaya, perak Putra Eka Pratama Medan, perunggu Ahmad Husni Thamrin (Medan) dan Ahmad Hafaz (Binjai).

4. Karateka Medan unggul

Raih 32 Emas, Medan Puncaki Klasemen Medali Sementara Porprov Sumutkonisumut.or.id

Kontingen Kota Medan sukses menambah tiga medali emas cabang olahraga (cabor) karate di Gedung Serba Guna Unimed Medan, Selasa (25/6) malam.

Emas tersebut direbut tim Kata beregu putra Medan II yang menjadi terbaik di kelas ini. Mereka mengalahkan Tim Medan I, Deli Serdang dan Sergai.

Kemudian emas selanjutnya dipersembahkan Kharen A. Tarigan yang merebut emas di kelas -67 Kg kumite putra dengan mengalahkan M Ferry Heryanto (Paluta), sementara peringkat tiga bersama diraih M. Iqbal (Karo) dan Leonardo Gultom (Taput).

Selanjutnya, emas ketiga Kota Medan terjadi All final Medan di kelas -55 Kg kumite putra yang direbut Wahyu Rizky Siregar usai mengalahkan Zami Akbar. Sementara peringkat tiga bersama diraih M. Waldi Chaniago (Padangsidempuan) dan Pebri Sialagan (Taput).

Dengan hasil ini, Kota Medan jauh mengungguli kabupaten/kota lainnya dalam perolehan medali sementara cabor karate Porprovsu 2019, dengan torehan 8 emas, 8 perak dan 9 perunggu.

Baca Juga: Asahan di Ambang Emas Sepak Bola Porprov Sumut, Medan Butuh Keajaiban

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya