Comscore Tracker

Jauhi Narkoba, Kapolsek Percut Seituan Rencanakan Kelas Karate Gratis

Jan Piter mantan atlet karate peraih emas PON Palembang 2004

Medan, IDN Times - Olahraga diyakini bisa menyelamatkan generasi muda dari kegiatan-kegiatan negatif. Termasuk narkoba. Ketua Dewan Guru KKI Sumut, Jan Piter Napitupulu melihat hal positif itu dan ingin menggalakkan olahraga karate.

Pria yang baru diangkat jadi Kapolsek Percut Sei Tuan itu akan membuka kelas karate gratis. "Sebagai seorang olahragawan dan petugas kepolisian, saya sangat berkeinginan agar anak-anak yang merupakan penerus generasi harus mempunyai mental dan disiplin," ujar Jan Piter.

1. Dikhususkan untuk anak-anak di wilayah Percut dulu

Jauhi Narkoba, Kapolsek Percut Seituan Rencanakan Kelas Karate GratisIDN Times/Fadli Syahputra

Ayah tiga anak ini mengatakan, latihan karate ini, diperuntukkan kepada anak-anak yang berada di wilayah hukum Polsek Percut Sei Tuan. Namun ke depannya bisa saja ditujukan untuk anak-anak Medan seluruhnya.

"Dengan adanya latihan, ke depan anak-anak bisa memiliki disiplin yang tinggi serta mental yang baik. Untuk peserta kita bebaskan baik itu dari wilayah hukum Percut Sei Tuan atau Kota Medan. Namun yang kita utamakan itu dari wilayah hukum Percut terlebih dahulu," ungkapnya.

Baca Juga: Hobi Karate, 9 Potret Lania Fira yang Memesona Saat Berbaju Karate

2. Dengan karate, anak-anak bisa bermental positif

Jauhi Narkoba, Kapolsek Percut Seituan Rencanakan Kelas Karate GratisDok.IDN Times/istimewa

Peraih medali emas PON Palembang itu mengatakan, inisiatif membuka kelas karate ini juga dilakukan agar anak-anak tidak hanya terfokus dengan game. Hal itu membuat anak-anak kurang bersosialisasi.

"Karena tidak ada pembinaan mental dengan kegiatan positif. Jadi sekarang anak-anak banyak bermain game sehingga tidak ada mental yang baik. Itu yang kita takutkan. Makanya saya berinisiatif untuk membuat latihan karate secara gratis," ujarnya.

Pria yang menekuni karate sejak 1989 itu mengatakan, punya alasan tersendiri memilih karate. Apalagi dirinya adalah seorang polisi.

"Kalau di institusi juga ada latihan beladiri ya. Jadi saya langsung memilih karate. Agar bisa berjalan dengan bidang olahraga yang akan saya geluti. Dan ternyata bisa sejalan sehingga bisa sampai sekarang," terangnya.

3. Latihan dimulai melihat situasi pandemik mereda dulu

Jauhi Narkoba, Kapolsek Percut Seituan Rencanakan Kelas Karate GratisKetua KKI Sumut dan Kapolsek percut Sei Tuan Jan Piter (Dok.IDN Times/istimewa)

Janpiter juga menyatakan latihan gratis ini akan ia mulai setelah pandemik COVID-19 ini berakhir. Dan nantinya, kata suami dari Diana M Silaen ini dirinya akan mencari gedung yang bisa menampung 50 sampai 60 orang untuk latihan karate.

"Saya rencanakan latihan seminggu dua kali. Itupun kita lihat dulu bagiamana situasi dan kondisi di masa pandemi seperti sekarang ini," katanya.

Baca Juga: 9 Potret Ceyco Georgia, Atlet Karate Muda yang Memesona!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya