Comscore Tracker

Mengenal Alat Musik Legendaris Karo Mubab, Jejaknya Sulit Ditemukan

Alat musik Mubab keberadannya kini misterius

Tanah Karo adalah salah satu suku di Sumatra Utara yang memiliki kebudayaan yang kental. Tentu saja juga erat kaitannya dengan musik.

Alat-alat musik tradisional yang bermacam dan unik pula. Keunikan ini dikarenakan pembuatannya berasal dari kekayaan alam. Ada salah satu alat musik khas dari Tanah Karo yang legendaris dan kerap diceritakan. Dimainkan dengan cara digesek, yaitu Murbab.

Alat Musik Murbab dapat dimainkan dengan cara sendiri atau bisa juga ansamble sebagai melodi. Dan diperkirakan sampai dengan saat ini Murbab sudah jarang ditemukan pada masyarakat Karo. Ada juga yang memperkirakan alat musik ini sudah punah.

Berikut ini adalah Info yang didapat tentang alat musik Murbab yang diperkirakan telah punah. 

1. Alat musik yang mirip seperti biola

Mengenal Alat Musik Legendaris Karo Mubab, Jejaknya Sulit DitemukanIlustrasi biola (pexels.com/Roxanne Minish)

Alat musik Murbab ini bentuk dan cara memainkannya sama seperti Biola yaitu dengan di gesek. Namun perbedaan dengan biola adalah untuk Murbab alat ini hanya memiliki 2 senar saja berbeda dengan biola yang memiliki 4 senar.

Walaupun Murbab ini memang bisa dimainkan dengan cara sendiri atau juga bisa jude berbarengan dengan alat musik lain (ansable). Tetapi seringnya murbab dimainkan untuk hiburan diri sendiri.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Mejuah Juah, Salam Khas Suku Karo

2. Cara memainkan musik Murbab

Mengenal Alat Musik Legendaris Karo Mubab, Jejaknya Sulit Ditemukaninstagram/Punyakita_project

Hampir seluruh alat musik khas tradisional tanah Karo itu dimainkan dengan cara duduk bersila. Sama halnya dengan Murbab alat ini dimainkan dengan duduk bersila sambal tangan kiri memegang leher Murbab, dengan posisi murbab yang di simpan diantara kaki yang sedang bersila. Salah satu kegunaannya adalah Murbab tidak bergerak ke sana ke mari ketika dimainkan. Sedangkan untuk tangan kanannya memegang alat seperti alat gesek.

Murbab memiliki 2 senar yang digunakannya dengan cara di gesek sehingga menimbulkan suara. Tetapi ada bagian yang menjadi bagian bodi Murbab yang dapat mempengaruhi sumber suara yang dihasilkan oleh murbab.yaitu bodinya yang terbuat dari tempurung kelapa. 

3. Klasifikasi alat musik Murbab

Mengenal Alat Musik Legendaris Karo Mubab, Jejaknya Sulit DitemukanInstagram.com/kalak_karo_manis_mejile

Dalam klasifikasi instrumen alat musik di bagi menjadi 4 bagian di antaranya adalah Idiofon, Aerofon, Kordofon, dan Membranofon. Untuk alat musik Murbab sendiri masuk ke dalam klasifikasi instrument Kordofon. Karena Kordofon adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai atau senar. Contonya seperti gitar, biola, bass dan termasuk Murbab.

Tidak diketahui penyebab mengapa Alat musik ini tidak ada jejaknya. Sampai untuk rekaman suara foto Murbab pun sulit untuk di ketemukan.Bahkan ada informasi yang mengatakan bahwa alat musik murbab ini ada di Museum Belanda. Namun belum bisa dijadikan informasi yang pasti tentang keberadaan alat musik Murbab itu sendiri.

Amat disayangkan tidak adanya suara ataupun jejak rekaman digital dari alat musik Murbab ini. Bahkan Murbab mungkin hanya menjadi sebatas cerita semata bahwa pernah ada satu alat musik khas Tanah Karo yang yang dimainkan dengan cara digesek. J

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Populer di Karo, Dijamin Ketagihan!

Topic:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya